Tips Memilih Pembalut yang Baik dan Aman

posted on 07/12/2013

Apa yang para Sahabat GueTau pikirkan ketika membeli pembalut? Ukuran pembalut, ketebalan, merek, harga, atau asal comot saja? Nah, meskipun terlihat enteng, memilih pembalut perempuan bukanlah perkara mudah loh! Karena memilih pembalut perempuan bukanlah hanya soal kenyamanan tapi juga pertimbangan kesehatan untuk organ kelamin kita. Mau tahu kriteria pembalut perempuan yang baik dan aman buat kamu? Yuk, simak beberapa tips dibawah ini

1.     Pilihlah pembalut yang tidak beraroma dan berpemutih

Kenapa? Karena pembalut yang beraroma mengindikasikan adanya bahan kimia yang dipakai. Hal ini mungkin akan memicu alergi dan iritasi pada daerah organ kelamin kita. Mengingat kulit di daerah tersebut sangatlah sensitif.

 

 

2.     Gunakanlah pembalut yang mempunyai permukaan lembut dan lentur
Permukaan pembalut yang lembut dan lentur akan memberi rasa nyaman saat memakainya. Permukaan yang lembut akan menjauhkan kulit di sekitar organ kelamin kita dari iritasi. Selain itu, tekstur pembalut yang lentur memungkinkan kita lebih bebas bergerak.

 

3.     Pilihlah pembalut yang sesuai dengan kebutuhan
Pada saat darah haid sedang keluar banyak, sangat dianjurkan untuk memilih pembalut yang berpermukaan tebal. Namun, jika sedang sedikit, sebaiknya pilih pembalut yang tipis. Karena ketidaksesuaian ketebalan pembalut akan membuat si pemakai tak nyaman.

 

4.     Pakailah pembalut yang mempunyai daya serap tinggi
Pembalut yang berdaya serap tinggi akan menyerap cairan secara cepat dan baik. Hal ini mencegah daerah di sekitar organ kelamin terhindar dari kelembaban. Organ kelamin yang lembab dapat memacu jamur dan bakteri untuk tumbuh subur.

 

5.     Pastikan pembalut yang kita beli berkemasan utuh dan baik
Pada saat membeli pembalut, pastikan kamu memeriksa kemasan pembalut tersebut ya. Jangan beli pembalut yang kemasaannya sudah robek, rusak ataupun terlihat sudah usang. Hal ini untuk menghindari kontaminasi pembalut dari jamur dan bakteri jahat.
 

 

Selain memperhatikan kriteria pembalut yang baik, ada baiknya para kaum hawa GueTau juga mengetahui cara-cara merawat organ kelamin selama menstruasi. Kira-kira apa saja ya cara-caranya?

1. Gantilah pembalut secara berkala. Kurang lebih tiga jam sekali atau ketika kita merasa pembalut sudah penuh dengan cairan. Jika cairan yang keluar sedang banyak-banyaknya, sangat dianjurkan untuk mengganti pembalut sesering mungkin untuk menghidari kelembaban karena seperti yang dijelaskan tadi, daerah lembab memicu jamur dan bakteri untuk tumbuh dengan subur.

2. Hindari memakai celana dalam yang ketat. Celana dalam yang ketat akan menekan otot-otot luar organ kelamin kita, sehingga alur udara disekitar daerah kemaluan terhimpit. Hal ini akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lembab. Dianjurkan untuk memakai celana dalam yang sedikit longgar dan berbahan katun agar bisa menyerap keringat. Selain itu, memakai celana jins yang ketat juga akan memicu daerah sekitar kemaluan berkeringat lebih. Lebih baik gunakan saja celana kain berbahan katun. Nah, sahabat GueTau semua penggemar skinny jeans dan sedang haid, ada baiknya jangan pakai dulu ya.

 

Nah, sekarang Sahabat GueTau sudah tahu pembalut yang aman dan nyaman kan? Juga pentingnya cara merawat organ kelamin kita selama menstruasi untuk  menjaga kesehatan.  Semoga informasi tersebut bermanfaat dan membuat Sahabat GueTau tetap merasa aman, nyaman dan sehat selama menstruasi.

 

Ditulis oleh Anggia Mirza (Kontributor Lepas)

related post

One thought on “Tips Memilih Pembalut yang Baik dan Aman

  1. Mahkota Indah says:

    terima kasih tipsnya,,,sangat bermanfaat deh,,,langsung koreksi pembalut yang selama ini saya pakai donk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + seven =