#TanyaGueTau : Oh No! ‘Tembus’ di Tempat Umum!

posted on 15/02/2017

Sumber: pinterest.com

 

“Bagaimana reaksi Sahabat GueTau jika tembus di depan umum?”

 

Sahabat GueTau tentunya pernah mengalami ‘bocor’ atau ‘tembus’ atau ‘code red’ selama kamu hidup. Yup, bagi para perempuan yang mengalami menstruasi, tembus seringkali menjadi hal yang sangat menakutkan dan juga mengganggu.

Pastinya Sahabat GueTau sering ketakutan menggunakan celana atau rok berwarna cerah. Bagi yang sudah tidak bersekolah sih bisa diakali dengan menggunakan pakaian bawahan berwarna gelap, nah untuk anak sekolahan yang wajib menggunakan seragam dan cenderung berwarna agak cerah, gimana ya cara  mengatasinya?

Kali ini GueTau akan memberikan tips dan trik bagaimana cara mengatasi tembus di tempat umum, yuk simak.

Lakukan Hal ini Kalau Sedang Menstruasi

Sumber: Betty.me

Bocor atau tembus biasanya terjadi di masa-masa awal menstruasi, sering juga kita bilang ‘lagi banyak banyaknya’. Hari-hari awal masa menstruasi memang seringkali menyebabkan ‘heavy flow’ atau darah keluar berlebihan, namun tembus atau bocor tetap bisa dicegah kok. Ini dia caranya:

Pasang pembalut  secara baik dan benar

Dengan memasang pembalut secara benar, pembalut akan bekerja menampung darah secara efisien. Untuk mengetahui cara pasang yang baik dan benar, kamu dapat meilhat panduannya di kemasan pembalut.

Memilih pembalut yang panjang dan ketebalannya sesuai dengan kebutuhanmu

Ada berbagai ukuran pembalut yang tersedia di pasaran. Kalau Sahabat GueTau sedang mengalami heavy flow, sebaiknya gunakan pembalut yang lebih tebal dan panjang. Sahabat GueTau juga bisa menggunakan pembalut malam hari yang biasanya ukurannya lebih panjang dan tebal.

Menggunakan pantyliners

Sahabat GueTau bisa menggunakan pantyliners dan memasangnya di area sekitar pembalut untuk menutup area-area yang belum terjangkau oleh pembalut. Pastikan seluruh area yang berpotensi bocor tertutupi oleh pantyliners dan pembalut.

Menggunakan celana dalam yang lebih tebal

Celana dalam yang tebal memiliki kemampuan menyerap yang lebih baik, sehingga kalau tembus bisa terlebih dahulu diserap dan tidak menyebar ke celana luaran atau rokmu.

Membawa ekstra pembalut dan pakaian dalam

Terkadang Sahabat GueTau bisa mengalami tembus karena pembalutmu sudah terlalu penuh, nah makanya selalu siap sedia tambahannya ya.

Jangan bergerak terlalu aktif

Terkadang dengan bergerak terlalu banyak, pembalutmu menjadi miring ataupun tidak lagi berada di posisi yang pas sehingga menimbulkan kebocoran. Maka dari itu, selalu waspada ya!

Lebih sering mengganti pembalut

Untuk menghindari tembus gara-gara pembalut yang kepenuhan ataupun sudah bergeser, ada baiknya kamu selalu menyempatkan ganti pembalut tiap kali ada kesempatan.

Baca juga: Di Nepal, Menstruasi Berarti Pengasingan

Trik Ini Bisa Menyelamatkanmu!

 

Sumber: rubycup.com

‘Duh, sudah terlanjur bocor nih, apa yang harus dilakukan ya?’ Tenang, ada beberapa trik untuk menyembunyikan noda menstruasi yang sudah terlanjur bocor.

Gunakan celana atau bawahan berwarna gelap

Celana atau rok berwarna gelap dapat menyamarkan noda yang bocor sehingga tidak akan terlalu kelihatan

Tutupi dengan jaket atau kemeja luaran

Jika kamu membawa jaket atau outerwear lainnya, kamu bisa menggunakannya untuk menyembunyikan tembus. Caranya adalah dengan mengikatkan pakaian tersebut di pinggangmu. Seperti trend tahun 90-an itu lho, cukup keren kan.

Segera ganti pembalut

Jika kamu membawa ekstra pembalut, segeralah mengganti pembalutmu untuk mencegah kebocoran yang lebih besar. Jika tidak membawa, jangan segan untuk bertanya pada temanmu siapa tahu ada yang membawa ekstra pembalut, atau kamu dapat membeli di toko terdekat.

Baca juga: Lagi, Fakta dan Mitos Tentang Menstruasi

Meminta bantuan orang rumah

Kamu bisa menelepon orangtuamu atau penghuni rumah lainnya dan meminta tolong pada mereka untuk mengirimkan pakaian ganti.

Cuci dengan air dingin

Segeralah cuci noda menstruasi yang tembus dengan air dingin. Kamu bisa membasahi di bagian noda tersebut kemudian mencucinya dengan air dingin. Air dingin cenderung dapat menghilangkan noda dengan cepat.

Nah sekian jawaban dari #TanyaGueTau kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian ya! Untuk informasi lebih lanjut, kirimkan email kamu ke info@guetau.com.

Oleh Meila Ghaisani

Sumber:

  1. http://www.newhealthadvisor.com/Period-Bleeding-Through-Pants.html
  2. http://www.wikihow.com/Hide-Your-Period-from-Everyone

 

related post

5 Makanan Ini Membantu Meringankan Sakit Saat Menstruasi

posted on 18/06/2017

Sebagian besar perempuan merasakan nyeri ketika mengalami menstruasi. Banyak hal yang dialami saat datang bulan, mulai dari rasa lemas, puca

Anti Bocor dengan Menstrual Cup

posted on 20/08/2016

“…karena bahan dari menstrual cup yang terbuat dari silikon, alat ini dapat bertahan lebih dari satu kali pakai atau jangka wakt

#TanyaGueTau: Tampon!

posted on 18/08/2016

“Tampon dapat mengikuti gerak tubuh dan memiliki daya serap yang tinggi sehingga kita seperti tidak sedang berada dalam siklus menstru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − one =