Tanya-Jawab bersama Procare Clinic PKBI Jakarta

posted on 23/04/2013

Pertanyaan dari Sahabat #GueTau:

Apakah alat vital perempuan kalau dimasukkan jari tangan bisa ketahuan masih perawan atau tidaknya?

 

Jawaban Procare Clinic PKBI Jakarta:

Definisi ‘perawan’ tidaknya seorang perempuan sering diasosiasikan masyarakat sebagai definisi yang ditentukan bukan oleh utuh tidaknya selaput dara, melainkan oleh pernah tidaknya melakukan hubungan seksual. Artinya, perempuan yang telah melakukan hubungan, menurut masyarakat ialah ‘tidak perawan’. Di pihak lain, perempuan yang tidak pernah melakukan hubungan seksual tetapi selaput daranya robek karena melakukan masturbasi dengan memasukkan benda padat ke dalam vagina, umumnya, oleh masyarakat tetap disebut ‘perawan’. Yang dimaksud dengan hubungan seksual itu adalah masuknya alat kelamin pria ke alat kelamin perempuan (penetrasi penis ke vagina). Jadi, masuknya jari-jari ke vagina, lagi-lagi menurut masyarakat, tidak menghilangkan ‘keperawanan’. Hymen atau selaput dara bukanlah indikator mutlak keperawanan seorang perempuan, selaput dara bisa saja sudah robek tetapi si gadis masih bisa dibilang ‘perawan’, atau sebaliknya.

Nah, hal yang perlu dikritisi lebih lanjut oleh Sahabat #GueTau menyangkut kehebohan soal ‘perawan’ dan ‘tidak perawan’ ini adalah: apakah kehebohan yang sama juga terjadi di kalangan laki-laki? Apakah ‘perjaka’ dan ‘tidak perjaka’-nya laki-laki menjadi topik perbincangan yang umum dibicarakan masyarakat luas seperti ‘keperawanan’? 😀

Salam hangat,

dr. Teza Farida

 

related post

One thought on “Tanya-Jawab bersama Procare Clinic PKBI Jakarta

  1. alya says:

    Dok saya mau tanya , di luar daerah kemaluan saya terdapat benjolan kecil tapi bentuknya bukan jenis jerawat , apakah itu termasuk jenis penyakit kelamin atau bukan ? jika itu penyakit kelamin obatnya apa atau harus berobat kemana ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − two =