Pentingnya Tahu Sejarah Hari Perempuan

posted on 19/04/2014

Sahabat GueTau, pernah dengar tentang Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Day? Apakah kamu juga tahu bagaimana awal mula ditetapkannya hari spesial ini? Baca untuk mengetahui lebih lanjut sebagai bentuk partisipasi dalam merayakannya!

Ditetapkanya tanggal 8 Maret sebagai Hari Perempuan Sedunia, dilatarbelakangi oleh momen bersejarah di mana para wanita di Rusia pada tahun 1917 di tanggal yang sama, akhirnya untuk pertama kali diberikan hak suara oleh pemerintah. Tanggal ini kemudian diperingati sebagai tonggak awal peringatan bagi seluruh perempuan di dunia.

Memang tidak banyak orang yang mengetahui ada peringatan apa yang jatuh pada tanggal 8 Maret. Sebelumnya, mungkin Hari Perempuan Sedunia ini kurang populer, tapi sekarang sudah mulai banyak pemberitaan tentang hari perempuan sedunia sehingga semakin banyak lapisan masyarakat yang mengenalnya.

Perlu diketahui Sahabat GueTau juga kalau perayaan ini setiap tahunnya, tepatnya sejak tahun 1996, memiliki tema yang berbeda-beda. Misalnya, pada tahun  2013, tema International Women’s Day yang ditetapkan PBB adalah “A promise is a promise: Time for action to end violence against women”. Sedangkan tahun ini, temanya adalah “Equality for women is progress for all”.

Di masyarakat Yunani Kuno, Lysistrata menggalang gerakan perempuan mogok berhubungan seksual dengan pasangan (laki-laki) mereka untuk menuntut dihentikannya peperangan dalam revolusiPrancis, perempuan Paris berunjuk rasa menuju Versailles sambil menyuarakan kemerdekaan, kesetaraan dan kebersamaan untuk menuntut hak perempuan.

 

Berikut rangkaian peristiwa penting yang menjadi tonggak awal hari perempuan sedunia tersebut:

1908. Kerusuhan dan perdebatan kritis yang terjadi di antara perempuan. Penindasan terhadap perempuan serta ketidaksetaraan yang mendorong perempuan untuk menjadi berani dan aktif dalam berkampanye.

1909. Sesuai dengan deklarasi partai sosialis Amerika, hari perempuan Nasional pertama dilaksanakan di seluruh Amerika Serikat pada 28 Februari. Perempuan terus merayakan Hari Perempuan Nasional pada hari Minggu terakhir bulan Februari tahun 1913.

1910. Konferensi Internasional kedua Tenaga Kerja perempuan diadakan di Kopenhagen. Seorang perempuan bernama Clara Zetkin, seorang pemimpin perempuan kantoran untuk partai sosial demokrat di Jerman, mengajukan ide Hari Perempuan Internasional.

1911. Menyusul keputusan yangdisepakati di Kopenhagen pada tahun 1911, Hari Perempuan Internasional mendapat kehormatan pertama kalinya di Austria, Denmark.

1913-1914. Pada malam Perang Dunia I, berkampanye untuk perdamaian perempuan Rusia memperingati Hari Perempuan Sedunia pertama mereka pada hari Minggu terakhir pada bulan Februari 1913. Pada tahun 1913 diadakan diskusi lanjutan di mana Hari Perempuan Sedunia dipindahkan pada 8 Maret.

1917. Pada hari Minggu terakhir bulan Februari, perempuan Rusia mulai melakukan aksi mogok untuk dalam menanggapi kematian yang lebih dari dua juta orang.

1918-1999. Sejak lahirnya gerakan sosialis, Hari Perempuan Internasional telah tumbuh menjadi sebuah hari pengakuan global dan perayaan di negara maju dan berkembang selama beberapa dekade.

2000-sekarang. Hari Perempuan Internasional sekarang telah menjadi hari libur resmi di beberapa negara seperti di Afganistan, Armenia, Azerbaijan, Belarusia, Burkina Faso, Kamboja, Cina (untuk perempuan saja), Kuba, Georgia, Guinea-Bissau, Eritrea, Kazakstan, Kyrgyzstan, Laos, Madagaskar (untuk perempuan saja), Tajikistan, Turmenistan, Turkmenistan, Uganda, Ukraina, Uzbekistan, Vietnam dan Zambia.

Sejarah akan menjadi bagian dalam setiap perjalanan bangsa. Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 maret merupakan hari bersejarah untuk perempuan-perempuan dalam memperjuangkan hak-haknya. Demikian pembahasan tentang sejarah peringatan Hari Perempuam Internasional. Semoga informasi yang diberikan menambah wawasan Sahabat GueTau. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Sahabat GueTau bisa mengirimkan e-mail ke info@GueTau.com.

 

Ditulis oleh Lutfi Hendsob

 

Referensi;

1.     http://carapedia.com/sejarah_hari_perempuan_sedunia_info4002.html

2.     http://www.lbh-apik.or.id/lts-sjr-pr.htm

related post

Menyaksikan Aksi Women’s March Jakarta Melalui Bidikan Kamera

posted on 05/03/2017

“Aksi ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional.” Sebanyak 700 orang hadir dalam aksi Women’s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 3 =