Lagi, Mitos dan Fakta Tentang Menstruasi

posted on 04/01/2016

    In The Red Tent
    Sumber
    “Profesor Pine dari University of Hertfordshire telah menyurvei 500 perempuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belanja dengan siklus menstruasi mereka. Hampir 66% responden yang mendekati periode menstruasi mengaku, mereka membelanjakan sesuatu tanpa berpikir panjang.”

Sahabat GueTau, kalian percaya mitos? Masih banyak lho orang yang percaya terhadap beberapa mitos mengenai menstruasi padahal mitos yang selama ini dipercaya tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Apa saja mitosnya? Baca terus ya!

Mitos 1: Remaja Perempuan yang Belum Menstruasi Tidak Dapat Hamil

Kehamilan berhubungan dengan ovulasi (matangnya sel telur). Ovulasi sendiri berbeda-beda pada setiap remaja perempuan. Beberapa remaja dapat mengalami menstruasi terlebih dahulu sebelum masa ovulasi terjadi berkaitan dengan adapatasi tubuh terhadap perubahan hormon, namun beberapa remaja lain dapat mengalami ovulasi terlebih dahulu sebelum menstruasi itu terjadi. Jadi, sangat memungkinkan seseorang untuk hamil sebelum masa menstruasinya karena sel telurnya sudah matang.

Mitos 2: Menstruasi Normal Berlangsung Selama Seminggu

Menstruasi dapat berlangsung antara 3-10 hari, lebih dari waktu tersebut baru dapat dikategorikan sebagai tidak normal. Kalau kamu mengalami menstruasi lebih sepuluh hari, segera hubungi dokter ya.

Mitos 3: Tidak Boleh Berolahraga Saat Menstruasi

Olahraga ringan saat menstruasi justru dapat melancarkan peredaran darah di sekitar otot rahim dan mengurasi rasa nyeri karena menstruasi. Selain itu, olahraga ringan teratur juga dianjurkan oleh The American Obstetricians and Gynecologists karena dapat melancarkan menstruasi.

Mitos 4: Tidak Boleh Keramas Saat Menstruasi

Faktanya tidak ada gangguan yang akan timbul jika perempuan keramas saat menstruasi. Justru dengan menjaga kebersihan tubuh dapat membuat rasa nyaman dan rileks karena tubuh bersih dan wangi. Lagian, menjaga kebersihan rambut adalah cara kita menyayangi diri sendiri kan?

Fakta 1: Susu Dapat Mengurangi Nyeri Menstruasi

Sedikit tips untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi adalah dengan mengkonsumsi susu. Sebuah penelitian pada tahun 2010 menunjukkan bahwa perempuan yang rajin mengonsumsi susu mengalami nyeri yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi susu. Kenapa? Karena kalsium dan magnesium dalam susu dapat meringankan nyeri.

Fakta 2: Porsi Makan Perempuan Menjadi Lebih Banyak Menjelang Menstruasi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perempuan mengonsumsi 110-500 kalori lebih banyak di waktu mendekati menstruasi. Hal ini dikarenakan perubahan hormon menjelang menstruasi. Nah, yang ini harus diimbangi dengan olahraga ya.

Fakta 3: Menstruasi Membuat Perempuan Gemar Berbelanja

Penelitian dari University of Hertfordshire menunjukkan bahwa 66% perempuan gemar berbelanja mendekati periode menstruasinya. Salah satunya alasannya adalah saat PMS perempuan akan mencari alat untuk melampiaskan diri, dan berbelanja adalah jawabannya.

Mitos mengenai menstruasi sebenarnya masih banyak dan tergantung kepada budaya dan kebiasaan daerah tertentu. Yang penting Sahabat GueTau jangan asal percaya, cari informasi dari sumber yang benar ya. Apa mitos-mitos di daerahmu? Beritahu GueTau melalui email ke info@guetau.com.

Oleh Bagus Siswantha

Referensi:
1. wolipop.detik.com
2. www.menstruasi.com
3. klikdokter.com
4. www.womenshealth.com

related post

Anti Bocor dengan Menstrual Cup

posted on 20/08/2016

“…karena bahan dari menstrual cup yang terbuat dari silikon, alat ini dapat bertahan lebih dari satu kali pakai atau jangka wakt

#TanyaGueTau: Tampon!

posted on 18/08/2016

“Tampon dapat mengikuti gerak tubuh dan memiliki daya serap yang tinggi sehingga kita seperti tidak sedang berada dalam siklus menstru

Penemuan Pembalut Higienis nan Murah di India

posted on 22/03/2016

“Menstruasi adalah proses yang secara biologis memang eksklusif untuk kaum perempuan. Namun, bukan berarti para pria tidak bisa ambil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *