Kondom Perempuan: Multifungsi Namun Terlupakan

posted on 18/09/2013

“Kondom perempuan merupakan satu-satunya metode yang diinisiasi perempuan,  yang memberikan perlindungan ganda dari Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) dan juga Infeksi Menular Seksual, termasuk HIV “

 

 

 

Nah kali ini, GueTau akan mengajak Sahabat GueTau untuk lebih memahami tentang kondom perempuan. Sebelumnya GueTau mau tanya nih, apakah Sahabat GueTau pernah mendengar tentang kondom kondom perempuan? Pernah melihat di internet? Pernah memegang? Atau pernah menggunakan?

 

Multifungsi tapi Terlupakan

Kalau kebanyakan dari Sahabaat GueTau menjawab tidak terhadap pertanyaan di atas, maka Sahabat GueTau tidak perlu khawatir kok. Karena memang kondom perempuan belum populer selayaknya kondom laki-laki, baik di Indonesia maupun di dunia.

Menyedihkan ya, padahal kondom perempuan itu multifungsi. Kondom perempuan merupakan satu-satunya metode yang diinisiasi perempuan, yang memberikan perlindungan ganda dari Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) dan juga Infeksi Menular Seksual, termasuk HIV. Kondom perempuan juga mencerminkan kemampuan perempuan untuk melindungi dirinya, sebagai bagian dari hak kesehatan seksual dan reproduksinya (HKSR).

Kondom perempuan dapat digunakan oleh perempuan beberapa saat (bisa hingga 8 jam) sebelum berhubungan seksual atau sesaat melakukan hubungan seksual. Cara penggunannya cukup mudah kok, hanya perlu memasukkan sebagian dari kondom perempuan ke dalam liang vagina perempuan, sedangkan sebagian yang lain berada di vulva (bagian luar organ genital perempuan). Dengan demikian, kondom perempuan mampu mencegah sperma masuk ke dalam rahim.

 

Fakta-fakta Kondom Perempuan

Berikut beberapa fakta tentang kondom perempuan:

  • Jika digunakan dengan tepat dan sempurna, bisa mencegah KTD dan IMS.
  • Harus disimpan di tempat yang tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin.
  • Harus dijauhkan dari benda tajam ataupun permukaan kasar yang dapat merusak atau merobek kondom.
  • Tidak bisa digunakan berulang kali.
  • Kondom perempuan sangat kuat, namun bisa saja robek jika tidak digunakan dengan tepat.
  • Tidak boleh digunakan bersamaan dengan kondom laki-laki, karena gesekan yang terjadi bisa menyebabkan kedua kondom copot ataupun robek.

 

Beragam Pilihan Kondom Perempuan

Kondom perempuan sebenarnya sudah tersedia sejak 20 tahun lalu loh. Namun demikian, sampai beberapa waktu kondom perempuan tidak memiliki banyak tipe. Nah, untuk meningkatkan popularitasnya, maka saat ini dikembangkanlah beragam pilihan kondom perempuan.

Berikut ini merupakan beberapa contoh tipe kondom perempuan:

Sangat menarik ya variasi bentuk kondom perempuan. Beberapa kondom perempuan memiliki cincin di bagian luar yang akan berada di vulva (bagian luar organ genital perempuan) selama berhubungan seksual. Pada beberapa tipe kondom, juga terdapat cincin di bagian ujung dalam kondom, seperti pada tipe FC2 diatas. Sedangkan tipe Cupid dan Reddy memiliki spons di bagian ujung dalamnya. Berbeda dengan tipe-tipe lainnya,  Woman’s Condom memiliki ujung seperti kapsul, yang bisa lumer saat masuk ke dalam liang vagina, sehingga mudah untuk digunakan.

Selain bermanfaat KTD dan IMS, kondom perempuan juga terbukti memiliki manfaat lain loh. Kondom perempuan terbukti bisa meningkatkan kenikmatan seksual pada pasangan yang menggunakannya.

 

Hari Kondom Perempuan Global

Sebagai bagian dari mempromosikan penggunaan kondom perempuan, sejak tahun ini setiap tanggal 16 September diperingati sebagai Hari Kondom Perempuan Global loh. Semoga saja dengan adanya perayaan ini, kondom perempuan semakin populer dan lebih mudah didapatkan ya.

 

Demikian pembahasan tentang kondom perempuan. Semoga informasi yang diberikan menambah wawasan Sahabat GueTau semua ya. Oiya, jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai kondom perempuan, Sahabat GueTau bisa mengirimkan e-mail ke info@Guetau.com.

 

Selamat Hari Kondom Perempuan Global!

Ditulis oleh Fita Rizki Utami

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 17 =