Sudah Pernah Ajak Vaginamu Ngobrol?

posted on 04/01/2017

Sumber: The Guardian

 

September 2016 lalu, salah satu portal berita terbesar di dunia, The Guardian, meluncurkan sebuah serial edukasi seks bertajuk ‘Vagina Dispatches’.

 

Serial ini berbentuk sebuah video mini-series yang diluncurkan di laman situs The Guardian dan berada di bagian lifestyle. Vagina Dispatches dipandu oleh dua jurnalis perempuan dari The Guardian yang bernama Mona dan Mae. Serial ini memiliki tujuan untuk memberi pemahaman tentang vagina secara luas.

Mungkin Sahabat GueTau hanya mengenal vagina sebagai sebuah organ tubuh yang cukup tabu untuk dibahas, namun sangat perlu lho bagi kita perempuan untuk mengenal vagina kita lebih dalam lagi. Serial seks edukasi Vagina Dispatches ini akan memberikan info-info penting tentang vagina, mulai dari tampilannya hingga fungsinya.

Dalam Episode pertama Vagina Dispatches, Mona dan Mae membahas tentang bentuk dan tampilan dari alat kelamin perempuan, yaitu Vulva. Apa sih vulva itu? Kamu baru mendengar tentang vulva? Yuk simak review GueTau tentang Vagina Dispatches episode 1!

Apa itu Vulva?

Sumber: The Guardian

Vulva adalah bagian terluar dari alat kelamin perempuan. Kalau selama ini kalian menyebut alat kelamin perempuan adalah Vagina, sebetulnya vagina hanyalah salah satu bagian dari Vulva.

Vulva memiliki beberapa bagian yaitu Labia Majora, Labia Minora, Clitoris, Clitoral Hood, Uretra, dan Vagina. Ternyata, tidak banyak orang atau bahkan kaum perempuan yang mengenal Vulva dengan cukup baik. Rata-rata orang lebih memahami penis ketimbang vulva.

Di episode ini, Mona dan Mae membuat sebuah bagan Vulva beserta bagian-bagiannya. Mereka kemudian membawa bagan tersebut dan berkeliling New York untuk melakukan survey sejauh mana masyarakat mengetahui Vulva, dan hasilnya ternyata memang tidak cukup banyak orang yang memahami vulva.  Padahal cukup penting lho untuk mengenal alat kelamin kita sendiri, sangat berguna untuk mendeteksi penyakit.

Isu-isu seputar Vulva

Isu lain seputar vulva adalah permasalahan mengenai bentuk dari vulva atau labia yang dimiliki oleh masing-masing perempuan. Beberapa perempuan merasa bahwa labia mereka terlalu panjang, berwarna kecoklatan, atau tidak menyerupai bentuk vulva yang dianggap normal.

Vulva juga seringali dikaitkan dengan hal-hal sensual sehingga menjadikan adanya ‘standar normal’ bagi vulva. Mona dan Mae kemudian mengunjungi seorang Gynecologist bernama Dr. Hilda Hutcherson untuk mengetahui apa sih definisi ‘normal’ untuk bentuk, warna, dan ukuran vulva.

Tampilan vulva sangat beragam sehingga sebenarnya tidak ada definisi khusus dari tampilan normal vulva itu seperti apa.

Menurut Dr. Hilda Hutcherson, setiap perempuan memiliki bentuk, warna, dan ukuran vulva yang berbeda-beda. Tampilan vulva sangat beragam sehingga sebenarnya tidak ada definisi khusus dari tampilan normal vulva itu seperti apa.

Labia-shaming

Mona dan Mae kemudian mendatangi seorang dokter bedah labiaplasty. Ketika berbincang dengan dokter tersebut ternyata cukup banyak perempuan yang melakukan operasi bedah plastic di bagian inner labia mereka. Hal ini disebabkan karena mereka merasa bentuk inner labia mereka terlalu panjang.

Aksi Labia-shaming sudah dikenal sejak jaman dahulu. Di era 19-an, seorang perempuan dianggap aneh karena memiliki inner labia yang sangat panjang. Mona dan Mae juga kemudian mengunjungi seorang perempuan transgender untuk mengetahui pendapatnya tentang bentuk vulva.

Vulva dapat dipersepsikan sebagai sebuah bentuk estetika dan seksualitas, namun yang terpenting adalah fungsi dari vulva itu sendiri. Dr. Hilda Hutcherson mengatakan bahwa banyak perempuan muda yang berkonsultasi tentang keluhan dari pasangan mereka tentang bentuk vulva mereka, padahal bentuk vulva sangatlah beragam dan tidak dapat diukur kenormalannya, yang terpenting adalah fungsi dari Vulva itu sendiri.

Nah sekian review GueTau tentang serial edukasi seks Vagina Dispatches episode 1 yang diluncurkan oleh The Guardian. semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kalian ya! Untuk informasi lebih lanjut, kirimkan email kamu ke info@guetau.com

Oleh Meila Ghaisani

Sumber:

https://www.theguardian.com/lifeandstyle/video/2016/sep/23/vagina-dispatches-part-one-what-vulvas-look-like

 

 

 

related post

Kenali Warna Cairan Vaginamu

posted on 18/03/2017

  Cairan vagina adalah sesuatu yang normal, tetapi perlu diperhatikan warna dan teksturnya. Cairan vagina bisa jadi hal yang mengkhawat

#TanyaGueTau Tentang Mimpi Basah Pada Perempuan

posted on 12/03/2017

    Dear GueTau, Apakah peremuan mengalami Mimpi Basah? Kalau ya, apakah hal itu normal? -Anonim   Dear anonim, Ya. Ada beber

Hal-Hal yang (Mungkin) Belum Kamu Ketahui Tentang Seks

posted on 24/01/2017

    “Mungkin kamu akan penasaran!”   Akhirnya sampai juga di episode terakhir seri Vagina Dispatches dari The Gua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 2 =