HIV? Itu apa ya?

posted on 17/10/2012

Ingat yah teman, bahwa HIV dan AIDS itu berbeda dan di sini akan dijelaskan lebih jauh mengenai apa itu HIV dan AIDS.

 

Kalau HIV merupakan singkatan dari ’Human Immunodeficiency Virus’, yaitu sebuah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia(sel darah putih). Teman teman pasti tau, bahwa fungsi sel darah putih itu untuk apa kan.. Teman teman pasti pernah mengalami  sakit flu dan akhirnya bisa sembuh sendiri tanpa meminum obat. Nah, kita bisa sembuh dari flu itu karena fungsi dari sel darah putihnya. Andaikan sel darah putih kita terkena virus HIV, apa yang terjadi yah dengan diri kita? Dan kalau AIDS sendiri singkatan dari ‘Acquired Immunodeficiency Syndrome’ kumpulan gejala gejala penyakit yang di sebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

 

Gejala gejala HIV

Sebagian besar orang yang terinfeksi HIV tidak menyadarinya karena tidak ada gejala yang tampak segera setelah terjadi infeksi awal. Kendatipun infeksi HIV tidak disertai gejala awal, seseorang yang terinfeksi HIV sangat mudah menularkan virus tersebut kepada orang lain. Satu-satunya cara untuk menentukan apakah HIV ada di dalam tubuh seseorang adalah melalui tes HIV.

 

Media penularan HIV AIDS

Ada 4 cairan sebagai media penularan HIV AIDS:

  1. Cairan Vagina = misalnya melalui hubungan seksual beresiko (tanpa kondom) dengan orang yang sudah terinfeksi HIV
  2. Caiaran Sperma/air mani = misalnya melalui hubungan seksual beresiko (tanpa kondom) dengan orang yang sudah terinfeksi HIV
  3. Cairan Darah = misalnya dari jarum tato, tindik, transfusi darah
  4. Air susu ibu / ASI = misalnya dari ibu yang menyusui anaknya, namun ini diketahui hanya mempunyai kemungkinan 30% saja.

 Berarti itu semua cairan cairan yang ada di tubuh manusia kan, benar gk Bro? lalu apakah cairan air keringat dan air liur/ ludah dapat menularkan HIV AIDS juga? Kan itu cairan yang ada di tubuh manusia juga, lho!

Benar bro, bahwa keringat dan air liur adalah cairan yang di tubuh manusia. Tapi kalau untuk  menularkan HIV AIDS dari dua cairan itu sangat tidak mungkin karena Virus HIV yang berada di dalam dua cairan itu terlalu sedikit. Membutuhkan 3 galon cairan keringat dan air liur, baru bisa menularkan virus HIV dan AIDS!

 

Siapa saja dapat tertular HIV AIDS

Ternyata Virus HIV AIDS itu gk memandang suku, agama, umur, ras atau apapun untuk menyebarkan virusnya. Jadi, siapapun kita,dari suku,agama,umur dan ras apapun dapat tertular HIV AIDS.

 

Aktivitas apa saja yang tidak menularkan  HIV AIDS

Makan minum bersama dengan penderita HIV AIDS, menggunakan kamar mandi bareng,gigitan nyamuk, berenang bareng dan lainnya. Pokoknya aktivitas yang gak ada kaitannya/hubungannya dengan 4 cairan media penularan HIV AIDS, maka kita gak bakal tertular virus HIV AIDS.

 

Seberapa cepat HIV bisa berkembang menjadi AIDS?

Lamanya dapat bervariasi dari satu individu dengan individu yang lain. Dengan gaya hidup sehat, jarak waktu antara infeksi HIV dan menjadi sakit karena AIDS dapat berkisar antara 10-15 tahun, kadang-kadang bahkan lebih lama. Terapi antiretroviral dapat memperlambat perkembangan AIDS dengan menurunkan jumlah virus (viral load) dalam tubuh yang terinfeksi.

 

Bagaimana pencegahan terhadap HIV AIDS ?

Ada istilah ABCDE untuk pencegahan virus HIV AIDS.

Abstinance (Absen sex)

Abstinen ini adalah dimana kita tidak melakukan hubungan seks dengan siapapun sebelum menikah, termasuk pasangan kita juga abstinen. Lalu, baru melakukan hubungan seks setelah menikah dan saling setia.

Be Faitfhul (setia pada pasangan)

Jika sudah melakukan hubungan seks dengan pasangan, maka harus saling setia agar tidak terinfeksi HIV.

Condom (kondom)

Untuk teman teman yang sudah seksual aktif (sudah melakukan hubungan seks lebih dari satu pasangan) diharapkan menggunakan kondom setiap melakukan hubungan seksual agar dapat mengurangi resiko HIV AIDS dan IMS.

Drugs (tidak menggunakan narkotika)

Tidak menggunakan narkotika jenis apapun. Terutama jenis stimulan dan narkotika jarum suntik. Jenis stimulan diketahui bisa memacu hasrat untuk melakukan hubungan seks, sedangkan narkotika suntik mempunyai kemungkinan menularkan HIV jika jarum yang digunakan tidak steril. Nah, jika sedang dalam masa “fly” saat menggunakan narkotika maka kebanyakan dari kita tidak akan sempat menggunakan jarum suntik steril dan kondom saat berhubungan seksual.

Education and Empowerment (Pendidikan dan pemberdayaan remaja)

Pendidikan seksualitas yang komprehensif serta pemberdayaan remaja dalam segala prosesnya menjadi sebuah hal yang penting dalam pencegahan HIV di kalangan remaja. Dengan mengetahui informasi sebenar-benarnya serta pelibatan remaja dalam pengembangan program pencegahan, maka informasi akan tepat sasaran.

 

Bagaimana agar diri kita tau terinfeksi Virus HIV AIDS atau tidak ? 

Kita harus melakukan tes HIV atau sebutannya tes VCT (Voluntary, Conselling, dan Testing).  Tes VCT ini di lakukan dengan secara sukarela oleh si klien itu sendiri,tidak boleh ada paksaan dari siapapun.

Kita bahas yuk,VCT itu ngapain aja:

 Voluntary (sukarela)= artinya siapapun yang mau melakukan tes ini harus secara sukarela dan tidak ada palsaan dari siapapun.

Conseling (Konseling) =  setelah teman teman melakukan tes ini secara sukarela, tahapan berikutnya teman teman akan melkukan konseling oleh seorang yang khusus konseling di bidang TES ini.

Testing (tes ) = setelah melakukan konseling, nah baru teman-teman akan diambil darahnya untuk dites.

 

Apakah ada obat yang dapat menghilangkan atau mematikan Virus HIV AIDS ?

Untuk meghilangkan atau mematikan virus itu tidak ada,tapi untuk mengurangi jumlah virus itu ada obatnya, Namanya ARV (anti retroviral). Biasanya ARV itu di berikan kepada seseorang yang sudah terinfeksi HIV dan AIDS.

 

Bagaimana jika sudah terinfeksi HIV?

Jangan kuatir, hidupmu tidak akan selesai jika kamu sudah terinfeksi HIV! Jaga kondisi tubuh dengan makan teratur, olah raga, makan buah dan sayuran, minum ARV, serta tidak stress maka kamu akan tetap bisa beraktivitas seperti orang pada umumnya. Hanya yang membedakan kamu dengan orang yang tidak terinfeksi HIV adalah bahwa kamu meminum ARV setiap hari. Itu saja! Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa konsultasi dengan layanan kesehatan yang memiliki pelayanan untuk HIV.

 

Ditulis oleh Deny

related post

Ayo, Ketahui Status HIV-mu dengan VCT!

posted on 01/12/2014

  “Manfaat dari melakukan VCT ini adalah memudahkanmu dalam melakukan pencegahan dini terhadap hasil dari status HIV.”   Saat

Bantah Mitos HIV dengan ESSE

posted on

Kamu adalah remaja yang peduli sesama? GueTau.com yakin Sahabat GueTau adalah remaja keren yang sangat peduli terhadap orang di sekitarnya.

Penanggulangan HIV&AIDS dan Keterlibatan Populasi Kunci Muda

posted on 29/11/2014

  “Berbeda dengan populasi umum, populasi kunci muda harus diberikan akses lebih dekat dengan komoditas pencegahan HIV&AIDS seperti k

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>