Buruh Perempuan vs Buruh Laki-laki

posted on 12/05/2014

buruh perempuan1

Situasi buruh perempuan di Indonesia menjadi sorotan GueTau dalam rangka hari buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei lalu. Mengapa? Karena buruh perempuan yang ada di negeri kitamasih terlibang kurang sejahtera jika dibandingkan dengan buruh laki-laki.Dengan kata lain,ada diskriminasi gender di kalangan buruh.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa diskriminasi gender diperkenalkanoleh penganut kapitalisme, yang menganggap perempuan sebagai sumber masalah dan dianggap tidak mampu bersaing dengan laki-laki. Jika kita melihat dari sudut pandang yang lebih luas, anggapan tersebut diperparah dengan kuatnya budaya patriarki di masyarakat Indonesia.Budaya yang lebih mengistimewakan laki-laki dibandingkan perempuanini menyebabkan terjadinya diskriminasi pada perempuan, juga termasuk pada buruh.

Bentuk diskriminasi yang dialami oleh buruh perempuan antara lain berupa;berbedanya jam kerja, peran proses produksi, upah kerja dan jaminan keselamatan. Jam kerja untuk buruh perempuan di beberapa daerah di Indonesia pada penerapannya masih tidak sesuai dengan aturan ketenagakerjaan. Diskriminasi dari segi peran proses produksi banyak terjadi di area industri,karena perempuan masih dianggap kurang cekatan dibanding laki-laki.

buruh perempuan2

Terkait rendahnya upah kerja perempuan, banyak yang menganggap hal ini disebabkan oleh sedikitnya jumlah lapangan kerja bagi buruh perempuan, sementara jumlah mereka yang membutuhkan lapangan kerja jauh lebih banyak. Selain itu, jaminan kesehatan dan keselamatan kerja pada laki-laki jugalebih dipentingkan.

Sudah terbayang kan bagaimana diskriminasi yang dialami oleh buruh perempuan di Indonesia.  Untuk itu, sebaiknyaubah pola pandang Sahabat GueTau dengan tidak membedakan pekerja atau buruh perempuan dan laki-laki. Karenatidak sepatutnya hak-hak buruh perempuan diabaikan, digaji rendah atau sampai tidak mendapatkan jaminan keselamatan kerja setelah tenaga yang sudah mereka berikan untuk melakukan pekerjaannya.

buruh perempuan3

Demikian informasi yang dapat GueTau Sampaikan, semoga informasi yang diberikan menambah pengetahuan Sahabat GueTau. Apabila ada pertanyaan dan saran lebih lanjut silahkan hubungi info@Guetau.com.

 

Selamat Hari Buruh!

 

Ditulis oleh Apoh 

 

Referensi:

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Patriarki
  2. http://masharek.blogspot.com/
  3. http://arieaceh.blogspot.com/2011/03/ketidakadilan-perempuan-dalam-bidang.html
  4. http://www.scribd.com/doc/24674147/Analisis-Ketidakadilan-Terhadap-Kaum-Perempuan-Dalam-Bidang-Ekonomi-Sosial-Dan-Politik-Berdasarkan-Paradigma-Konflik-Dan-Fungsionalis

related post

Menyaksikan Aksi Women’s March Jakarta Melalui Bidikan Kamera

posted on 05/03/2017

“Aksi ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional.” Sebanyak 700 orang hadir dalam aksi Women’s

Hantu Perempuan dan Perkosaan

posted on 14/03/2016

“Perilaku korban pemerkosaan akan berubah, korban akan menarik diri dari lingkungan, dan mengalami gangguan psikis seperti menyalahkan dir

Merayakan Tubuhmu, Tubuhku, Tubuh Kita

posted on 13/03/2016

“Berkumpul di sebuah tempat sembari merayakan tubuh, bercerita, dan bernyanyi” Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − sixteen =