5 Makanan Ini Membantu Meringankan Sakit Saat Menstruasi

posted on 18/06/2017

Sumber: www.metro.co.uk

Sebagian besar perempuan merasakan nyeri ketika mengalami menstruasi. Banyak hal yang dialami saat datang bulan, mulai dari rasa lemas, pucat dan lelah, hingga nyeri pada bagian perut. Hal inilah yang membuat kebanyakan perempuan mengeluh dan merasa terganggu untuk melakukan aktivitas lain, apalagi yang baru menstruasi.

Sebenarnya, Sahabat GueTau tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meringankan rasa nyeri saat menstruasi. Tidak hanya meminum obat pereda rasa sakit, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang dapat meringankan rasa sakit. Apa sajakah? Ini dia ulasannya.

Brokoli

Brokoli adalah anti kanker dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, brokoli juga mengandung serat tinggi, seperti Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, Potasium dan Magneium yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Tidak hanya itu, serat yang terkandung dalam brokoli juga dapat mengusir kembung dan rasa tidak nyaman di perut menjelang menstruasi.

Baca juga: Lagi, Mitos dan Fakta Tentang Menstruasi

Ikan Salmon

Salmon adalah ikan yang memiliki lemak baik. Mengkonsumsi minyak ikan sebanyak 6 gram per hari dapat membantu mengurangi  rasa nyeri saat menstruasi. Lemak ikan seperti yang terkandung di dalam ikan salmon kaya akan omega-3 dan Vitamin D yang mampu meringankan rasa nyeri haid. Selain itu, dua nutrisi tersebut juga dapat menenangkan rasa kram dan keluhan di kembung.

Telur

Cukup dengan mengonsumsi telur satu butir sehari untuk membantu meringankan rasa nyeri saat haid. Sebab, kalau kebanyakan dapat memicu kolesterol. Telur mengandung Vitamin D dan Kalsium yang dapat merileksasi otot pada rahim dan vagina.

Dark Chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam dapat membantu mengendurkan otot dan mengurangi rasa sakit saat haid karena kandungan antioksidan. Cokelat hitam memproduksi serotonin yang bisa membantu memperbaiki mood atau suasana hati. Dengan mengkonsumsi satu batang cokelat hitam dipercaya dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman saat haid.

Baca juga: Sengaja Berhenti Menstruasi, Memang Bisa?

Yoghurt

Yoghurt sangat penting bagi wanita yang ingin meminimalkan rasa nyeri saat haid. Sebuah riset menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1.200 miligram kalsium per hari akan membantu mengurangi rasa nyeri saat haid sebesar 30%.

Nah, itu dia 5 jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu meringankan rasa nyeri saat haid. Semoga artikel ini bermanfaat ya, ladies!

Oleh Dewi Maharani

 

related post

#TanyaGueTau : Oh No! ‘Tembus’ di Tempat Umum!

posted on 15/02/2017

  “Bagaimana reaksi Sahabat GueTau jika tembus di depan umum?”   Sahabat GueTau tentunya pernah mengalami ‘bocor’

Anti Bocor dengan Menstrual Cup

posted on 20/08/2016

“…karena bahan dari menstrual cup yang terbuat dari silikon, alat ini dapat bertahan lebih dari satu kali pakai atau jangka wakt

#TanyaGueTau: Tampon!

posted on 18/08/2016

“Tampon dapat mengikuti gerak tubuh dan memiliki daya serap yang tinggi sehingga kita seperti tidak sedang berada dalam siklus menstru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 5 =