Vaksin HPV: Remaja Laki-laki juga Butuh!

posted on 29/03/2014

 

hpv1

 

Sahabat GueTau, tahukah manfaat vaksin HPV?

Selama ini, vaksin Human Papillomavirus (HPV) diberikan hanya untuk perempuan sebagai upaya pencegahan kanker serviks. Ternyata, vaksin ini juga dibutuhkan untuk remaja laki-laki. Mengapa?

HPV dapat menyebabkan tidak hanya kanker serviks, tetapi juga kanker langka, seperti vulva, kanker vagina dan penis, serta kutil kelamin. Sahabat GueTau mungkin merasa sedikit malu pada awalnya bertanya tentang vaksin yang telah menjadi populer karena penggunaannya untuk mencegah kanker serviks pada perempuan. Tetapi mendapatkan vaksin berarti memastikan bahwa  tubuh Sahabat GueTau memiliki kemampuan untuk melawan virus dan mencegah infeksi.

Sayangnya, ada banyak mitos dan kesalahpahaman tentang vaksin ini. Akan tetapi, ada tiga hal yang akan GueTau sampaikan kepada Sahabat GueTau, yaitu:

Mitos # 1 : Vaksin ini tidak efektif

Studi menunjukkan bahwa vaksin HPV efektif dalam mencegah penularan HPV tipe 16 dan 18 HPV – dua tipe yang paling mungkin menyebabkan kanker serviks. Vaksin ini juga telah disetujui oleh Food and Drug Administration ( FDA ) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika.

Meskipun ada banyak jenis tipe HPV, ada beberapa tipe yang sangat berbahaya, sedangkan tipe lainnya dapat dihilangkan oleh sistem kekebalan tubuh. Vaksin yang ada saat ini hanya melindungi terhadap dua tipe virus yang menyebabkan kanker serviks dan dua tipe virus yang berisiko tinggi menyebabkan kutil kelamin.

 

Mitos # 2 : Laki-laki tidak perlu divaksinasi

Pada tahun 2009, FDA menyetujui vaksin untuk laki-laki sampai usia 26 . Vaksin HPV tidak hanya melindungi terhadap kanker serviks pada perempuan , tetapi juga melindungi terhadap dua jenis HPV yang menyebabkan 90 persen dari kutil kelamin pada laki-laki dan perempuan.

 

Mitos # 3 : Hanya orang-orang yang telah melakukan hubungan seks perlu divaksinasi

Biasanya seseorang dianjurkan divaksinasi pada usia muda ketika mereka mungkin belum pernah berhubungan seksual.  Jadi. Sahabat GueTau sebaiknya mendapatkan vaksinasi sebelum terpapar virus ketimbang ketika kamu sudah aktif secara seksual dan mungkin sudah terpapar virus.

 

Terlepas jenis kelamin Sahabat GueTau, penting bagi Sahabat GueTau untuk mengetahui fakta-fakta  tentang HPV dan vaksinasinya. Vaksin HPV memberikan perlindungan jangka panjang tidak hanya kepada mereka yang divaksinasi, tetapi juga pasangan seksualnya.

Sekarang Sahabat GueTau tahu apa yang benar dan apa yang salah. Jadi, sekaranglah saat yaang tepat untuk mempertimbangkan apakah kamu mau atau tidak mendapatkan  vaksinasi HPV. Demikian pembahasan tentang vaksin HPV.  Semoga informasi yang diberikan menambah wawasan Sahabat GueTau semua ya. Jika ada pertanyaan lebih lanjut  Sahabat GueTau bisa mengirimkan e-mail ke info@Guetau.com.

 

Ditulis oleh Liona Aprisof

 

Referensi :

  1. http://sexetc.org/info-center/post/why-vaccinate-guys-against-hpv/
  2. http://sexetc.org/2014/01/16/three-myths-about-the-hpv-vaccine/

related post

What’s Up November: International Men’s Day di Inggris

posted on 21/11/2016

“Di 19 November tahun 2016 ini, UK’s Men’s Day mengusung tema Making a Difference for Men and Boys. Tema ini didesain agar masyarakat

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × four =