Laki-Laki Punya Payudara?

posted on 23/02/2016

    Gynecomastia Sumber

      Gynecomastia
      Sumber

    “Pada dasarnya Gynecomastia adalah bagian dari pubertas remaja laki-laki yang akan menghilang dengan sendirinya.”

Sahabat GueTau pernah dengar kata Gynecomastia? Atau mungkin istilah populernya, men boobs? Kalau belum, mari kita #CariTau!

Gynecomastia

Gynecomastia adalah munculnya jaringan payudara pada remaja laki-laki saat masa pubertas. Gynecomastia umumnya disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi saat masa pubertas, yakni hormon estrogen dan androgen. Baik remaja laki-laki ataupun perempuan sama-sama memproduksi hormon estrogen dan juga hormon androgen.

Penyebab Utama Gynecomastia

Hormon androgen bertanggung jawab untuk perkembangan seks laki-laki seperti tumbuhnya kumis, suara yang bertambah berat, dan juga pertumbuhan otot. Sedangkan hormon estrogen bertanggung jawab untuk perkembangan seks perempuan yaitu tumbuhnya jaringan payudara. Pada laki-laki, saat pubertas hormon androgen akan meningkat pesat sedangkan hormon estrogennya cenderung akan terus sedikit.

Pada sebagian laki-laki, hormon estrogen tersebut dapat diproduksi berlebih oleh tubuh yang kemudian mengakibatkan munculnya jaringan payudara pada laki-laki. Selain itu, penggunaan alkohol, metadon, ganja, dan heroin juga bisa menjadi penyebab munculnya Gynecomastia pada laki-laki.

Terjadi pada Hampir 50% Remaja Laki-laki

Gynecomastia terjadi pada hampir 50% remaja laki-laki saat remaja, Gynecomastia biasanya hanya terjadi sementara waktu saat pubertas saja dan akan menghilang seiring remaja tersebut tumbuh dewasa. Maka dari itu, Sahabat GueTau tidak perlu malu karena Gynecomastia bukanlah suatu penyakit namun hanya kelainan hormon biasa yang akan menghilang dengan sendirinya.

Gynecomastia sebenarnya tidak memerlukan tindakan medis untuk menghilangkannya, apalagi sampai dengan melakukan operasi. Jika Sahabat GueTau merasa malu ataupun minder dengan kelainan hormon Gynecomastia yang sedang dialami, sebaiknya cukup dikonsultasikan dengan dokter untuk mengetahui tindakan apa yang sebaiknya Sahabat GueTau lakukan.

Jadi, Sahabat GueTau juga tak perlu panik apalagi malu, karena Gynecomastia adalah bagian dari pubertas yang akan menghilang dengan sendirinya.

Kirimkan cerita kamu mengenai Gynecomastia melalui e-mail ke info@guetau.com.

Oleh Bagus Siswantha

Referensi:
1. healthyenthusiat.com
2. kidshealth.org

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =