3 Tips Memilih Celana Dalam yang Tepat untuk Cowok

posted on 17/02/2016

    “Umumnya boxer akan memberikan ruang lebih, sedangkan brief akan memberikan sokongan yang lebih baik. Tetapi brief yang terlalu ketat akan menyebabkan gangguan pada kesuburan”


Dalam berpakaian, pasti kamu sangat memperhatikan pilihan baju, celana, dan juga aksesoris lainnya. Akan tetapi apakah kamu pernah memperhatikan pilihan celana dalam yang kamu gunakan?

Walaupun tidak terlihat oleh orang lain, memilih celana dalam yang tepat itu penting lho! Saat ini banyak sekali varian celana dalam untuk laki-laki yang ditawarkan. Celana dalam yang tepat akan membuatmu merasa nyaman saat beraktivitas seharian.

Celana dalam yang pertama kali dikenal dalam peradaban manusia disebut dengan loincloth. Loincloth ini berbentuk selembar kain yang hanya menutupi alat kelamin pemakainya, yang kemudian kain ini dililitkan di sekitar pinggang. Loincloth ditemukan di berbagai peradaban kuno seperti di Mesir, Roma, Yunani, India dan juga Afrika.

Celana dalam laki-laki moderen sendiri baru ditemukan sekitar tahun 1930-an. Perusahaan bernama Coopers Inc. meluncurkan celana dalam model brief yang didesain oleh Arthur Kneibler di Chicago, Amerika Serikat. Pada dekade yang sama juga, perusahaan ini kemudian meluncurkan celana dalam model boxer. Nama boxer diambil karena kemiripannya dengan celana pendek yang digunakan oleh para petinju profesional pada saat itu.

Sekarang mari kita simak tips memilih celana dalam yuk!

1. Kenyamanan tetap nomor satu

Celana dalam memiliki fungsi utama untuk mengurangi gesekan antara kulit dengan celana luar yang bermaterial kasar dan juga memberi sokongan untuk penis sehingga kita bisa bergerak dengan nyaman dan leluasa. Karena digunakan sepanjang hari selama beraktivitas, pilihlah celana dalam yang benar-benar nyaman digunakan, bukan hanya dari pilihan warna, kemasan, atau modelnya yang unik.

2. Pilih jenis dan ukuran celana dalam yang sesuai

Saat ini ada banyak sekali jenis celana dalam yang beredar di pasaran, tapi ada dua jenis yang paling umum digunakan yakni brief dan juga boxer. Brief berbentuk segitiga dan hanya menutupi sampai bagian pangkal paha, sedangkan boxer berbentuk celana pendek yang dilengkapi dengan karet pinggang dan mampu menutupi paha sampai di atas lutut.

Jadi, harus pilih yang mana nih? Menurut Gregory D. Albert, MD, seorang dokter dari Florida, Amerika Serikat, ini hanyalah masalah selera pribadi. “Umumnya boxer akan memberikan ruang lebih, sedangkan brief akan memberikan sokongan yang lebih baik. Tetapi brief yang terlalu ketat akan menyebabkan gangguan pada kesuburan,” ujar Dr. Albert.

Maka dari itu, penting juga memperhatikan ukuran celana dalam yang akan dibeli, Sahabat GueTau! Celana dalam yang kekecilan akan menyebabkan peningkatan suhu testis, rasa sakit, bahkan ruam pada daerah selangkangan. Celana dalam yang terlalu longgar juga tidak baik karena tidak memberikan sokongan terhadap penis secara tepat sehingga dapat mengganggu aktivitas yang kamu lakukan.

3. Pilih bahan celana dalam yang menyerap keringat

Saat akan membeli, perhatikan bahan celana yang tertera pada label merek celana dalam tersebut. Testis biasanya bersuhu hangat dan cenderung lebih sering berkeringat sehingga menjadi lembab. Kondisi ini akan memicu timbulnya jamur. Oleh karena itu, pastikan area testis selalu kering dan sirkulasi udaranya lancar dengan memilih celana dalam dengan bahan yang tepat.

Untuk mencegah jamur akibat keringat, maka kamu sangat disarankan memakai celana dalam yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat seperti katun. Hindari penggunaan celana dalam yang terbuat dari bahan sintetis yang kurang mampu menyerap keringat, seperti sutra, nilon dan lycra.

Bagian lipatan kulit di selangkangan sangat rentan terhadap masalah penyakit kulit yang disebut intertrigo.
Penyakit ini membuat kulit selangkangan merah, perih dan terasa sakit. Kondisi ini akan diperburuk dengan bahan celana dalam yang tidak baik.

“Intertrigo biasanya disebabkan oleh kombinasi eksim, infeksi jamur dan iritan seperti keringat. Orang yang gemar berolahraga lebih rentan terhadap hal itu, terutama pada laki-laki,” ujar Adam Friedmann, dokter kulit dari London, Inggris.

Itulah tiga tips yang bisa kamu lakukan sebelum membeli celana dalam baru. Ingat ya, celana dalam bukanlah barang antik yang semakin tua akan semakin berharga! Apabila sudah koyak, bernoda, atau sangat lusuh, segera buang celana dalam itu dan belilah penggantinya. Apabila kamu punya pertanyaan tentang cara memilih celana dalam yang tepat, langsung saja kirimkan email ke info@guetau.com ya!

Oleh Helmi Akbar

Referensi:
1. http://www.everydayhealth.com/
2. http://www.independent.co.uk/

related post

One thought on “3 Tips Memilih Celana Dalam yang Tepat untuk Cowok

  1. Sofyan says:

    Nice

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =