Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/guetauco/public_html/wp-content/plugins/speed-booster-pack/inc/core.php on line 472

What’s Up November: Hari Diabetes Sedunia

posted on 24/11/2016

    “Siapa bilang diabetes cuma berhubungan dengan gula?”

Hari Diabetes Sedunia diperingati setiap tanggal 14 November. Peringatan yang terjadi di seluruh dunia setiap tanggal 14 November ini bertujuan untuk mengingatkan setiap orang agar tetap waspada megenai penyakit yang satu ini. Karena ternyata, setiap tahun penderita diabetes jumlahnya meningkat!

WHO memperkirakan ada 346 juta jiwa yang menderita diabetes di seluruh dunia. Angka ini menjadi salah satu tamparan tersendiri karena pada tahun 2008, WHO juga menyebutkan penyebab kematian nomer satu adalah berasal dari penyakit Diabetes.

Diabetes Melitus ini menjadi salah satu penyakit yang menyerang keadaan metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Penyakit ini timbul ketika terjadi kelainan pada fungsi tubuh kita loh!

Fungsi tubuh yang mulai bekerja dengan memanfaatkan karbohidrat, lemak, dan juga protein dalam darah ini adalah tiga bagian yang sangat dekat dengan produksi energi di dalam tubuh kita. Kemudian, kurangnya suatu hormon yang bernama insulin oleh pankreas ini juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit diabetes ini.

Lalu apa hubungannya dengan hormone insulin? Insulin ini mengatur kadar gula di dalam darah kita. Kadar hormon Insulin yang tidak seimbang ini juga dapat menyebabkan timbulnya diabetes.

Diabetes Melitus ini dapat menyerang siapa saja, apalagi dapat disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Apa yang harus diperhatikan ya dalam gaya hidup kita?

1. Konsumsi Makanan dan Minuman

Makanan menjadi faktor yang utama yang dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh kita. Konsumsi makanan yang mengandung gula memang baik namun apabila kandungannya berlebihan ini menimbulkan dampak yang tidak baik bagi tubuh kita. Konsumsi permen, kue kering, dan es krim berlebihan bisa membuatmu semakin dekat dengan diabetes!

2. Minyak

Siapa bilang diabetes cuma berhubungan dengan gula?

Makanan yang digoreng ini juga harus diwaspadai. Gula di dalam darah akan semakin terikat dengan makanan. Makanan yang digoreng ini dengan menggunakan minyak berlebih ini akan berubah menjadi lemak yang tentunya lemak ini akan menghambat jalannya darah, sehingga apa yang terjadi? Laju gula darah akan terus meningkat.

3. Ngemil

Hah? Gak boleh ngemil? Nggak dong, cuma dikurangi aja.

Memang sih, ngemil bukan kebiasaan yang buruk tetapi yang menjadi pengaruh adalah produk-produk makanan yang dikonsumsi. Sahabat GueTau yang suka ngemil harus mulai selektif nih terhadap makanan yang kita konsumsi untuk ngemil. Produk-produk makanan yang dijual dengan menggunakan bahan pengawet dan pemanis buatan ini dapat meningkatkan kadar gula dan lemak dalam darah kita.

4. Olahraga

Sudah tahu kan, kalau olahraga sangat berpengaruh terhadap keseimbangan metabolism di tubuh kita. Jarang olahraga dapat menghambat pembakaran lemak di tubuh kita. Aktivitas fisik yang kita lakukan sangat diperlukan untuk mengenadalikan kadar gula darah. Tidak perlu setiap hari berolahraga seperti atlit, jalan kaki 15-30 menit sehari cukup kok 🙂

Intinya, semua tidak boleh berlebihan ya. Nah, itu tadi sedikit pembahasan mengenai Diabetes Melitus, jika Sahabat GueTau memiliki pertanyaan maupun saran, kamu dapat mengirimkan pertanyaannya tersebut melalui info@Guetau.com

Oleh Heisa Khairunisa

Referensi
http://penyebabdiabetes.com/

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/guetauco/public_html/wp-content/plugins/speed-booster-pack/inc/settings.php on line 118

Warning: array_merge(): Argument #1 is not an array in /home/guetauco/public_html/wp-content/plugins/speed-booster-pack/inc/settings.php on line 123

Warning: array_values() expects parameter 1 to be array, null given in /home/guetauco/public_html/wp-content/plugins/speed-booster-pack/inc/settings.php on line 124

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/guetauco/public_html/wp-content/plugins/speed-booster-pack/inc/settings.php on line 128