Setetes untuk Sebuah Kehidupan!

posted on 28/06/2014

donor darah 3

Sahabat GueTau sudah tahu golongan darah masing-masing, kan? Kalau sudah, apapun golongan darahnya, kamu tentu bisa ikut serta dalam kegiatan donor darah, dong. Kali ini GueTau ingin berbagi tips yang perlu Sahabat GueTau lakukan sebelum mendonorkan darah. Sebelumnya, mari kita lihat dulu bagaimana kriteria untuk menjadi pendonor darah.

Pertama, usia minimal 17 tahun dan berat badanmu tidak kurang dari 50 kg. Kedua, berbadan sehat alias tidak sedang menderita penyakit apa pun. Pilek dan batuk pun juga tidak dianjurkan saat ingin mendonorkan darah karena penyakit tersebut disebabkan oleh virus.

Nah, sudah masuk dalam kriteria belum, Sahabat GueTau? Kalau sudah, sekarang mari ketahui lebih lanjut tips sebelum donor darah!

 

1. Makan makanan sehat dan kaya zat besi.

Jangan sesekali kamu mendonorkan darah dalam keadaan perut kosong alias belum makan. Makan itu penting untuk menjaga kadar gula dalam darah  tetap stabil.!  Maka dari itu, makan itu wajib sekali bagi pendonor, minimal tiga jam sebelum mendonor.  Makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum donor darah, yaitu bayam, daging sapi, daging ayam, ikan, kacang-kacangan, sereal dan kismis. Lalu, Sahabat GueTau tidak diperbolehkan makan makanan berlemak seperti es krim, gorengan dan hamburger. Mengapa? Makanan berlemak yang demikian dapat meningkatkan kadar lemak dalam aliran darah sehingga mempengaruhi hasil tes darah yang dilakukan sebelum mendonorkan darah. Kemungkinan, Sahabat GueTau malah tidak diperbolehkan mendonor, lho!
2. Perbanyak minum air mineral atau jus buah.

Sangat dianjurkan untuk minum air mineral atau jus buah semalam sebelumdan pagi hari sebelum waktu donor. Paling minimal, minum cukup tiga jam sebelum waktu donor. Air mineral dan jus buah dapat menstabilkan tekanan darah saat kita merasa pusing ataupun pening. Semakin banyak yang kita minum, maka khasiatnya akan semakin terasa oleh tubuh kita. Jika kita mendonorkan plasma darah atau trombosit, kita wajib minum air mineral sekurang-kurangnya 6-8 gelas sebelum waktu donor. Dan ingat, hindari meminum minuman yang mengandung kafein karena berakibat tubuh mengeluarkan banyak air.

 

3. Tidur yang cukup.

Hindari begadang kalau akan segera mendonorkan darah. Tidur cukup juga wajib dilakukan karena pengaruhnya untuk menjaga  tubuh agar tetap merasa segar dan tidak loyo sangat signifikan.

Sudah melakukan ketiga tips di atas? Tunggu apa lagi! Ayo donorkan darahmu! Setetes saja sangat bermanfaat bagi orang lain.

Jika Sahabat GueTau mau penjelasan lebih tentang donor darah, bisa langsung hubungi info@guetau.comya.

 

Ditulis oleh Suci Wulandari

 

Referensi:

  1. http://www.wikihow.com/Prepare-to-Donate-Blood
  2. http://www.redcrossblood.org/donating-blood/tips-successful-donation
  3. http://www.mnn.com/health/fitness-well-being/stories/5-blood-donation-tips-for-newbies-and-old-pros

related post

Sehat Dengan Donor Darah

posted on 04/07/2014

  “Remaja berusia lebih dari 17 tahun, memiliki berat badan lebih dari 45 kg, kadar Hemoglobin (Hb) untuk laki-laki 12,5 gram persen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 3 =