Sehat Yes, Begadang No!

posted on 04/07/2014

Para remaja sering kali mengalami gangguan kekurangan tidur (sleep deprivation). Dimana, remaja sering terlambat tidur dan bangun lebih siang karena adanya perubahan denyut jantung yang diakibatkan oleh perubahan hormon yang dihasilkan oleh otak.Carpenter dan Graham

Kalau ngomongin masalah begadang pasti Sahabat GueTau sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Mengapa tidak?Mari kita lihat contohnya saja!Untuk mengerjakan tugas kuliah ataupun kantor, banyak dari kita yang selalu menunda kerjaan hingga larut malam, katanya biar lebih focus, bukan? Atau, kumpul bareng teman-teman untuk sekedar nonton bola yang siarannya dini hari? Nah sahabat GueTau, apakah pernah mendengar tentang dampak kesehatan dari begadang ini? Berikut kita akan mengulas tentang dampak kesehatan akibat sering bagadang!

 

Tetap Produktif Tanpa Begadang Itu Mungkin

Sahabat GueTau pastinya sering mendengar istilah SKS (sistem kebut semalam),yaitu belajar atau mengerjakan tugas pada malam terakhir hari ujian atau batas pengumpulan.. Memang tidak ada salahnya jika sesekali saja, namun akan berbahaya jika dilakukan terlalu sering.Tubuh sangat membutuhkan waktu tidur dalam memperbaiki fungsi-fungsi tubuh agar dapat bekerja secara optimal, seperti regenerasi sel-sel tubuh, menjaga kemampuan memori, kemampuan fokus atau konsentrasi dan juga kesehatan emosi.

Seringkali kita beranggapan bahwa kualitas tidur itu lebih utama dibanding kuantitas tidur. Tapi ternyata, hasil beberapa riset menjelaskan bahwa jumlah waktu tidur untuk remaja, yakni antara tujuh setengah jam sampai sembilan jam perhari. Nah, apabila waktu tidur Sahabat GueTau tidak mencukupi standar tersebut, maka kamu dapat dikatakan menderita kekurangan tidur (sleep deprivation).

Kekurangan tidur ini sangatlah berpengaruh pada daya ingat kita, Sahabat GueTau. Kita akan cepat lupa dan sulit menangkap pelajaran.Tak heran jika tingkat fokus untuk menyelesaikan tugas jugaberkurang. Begadang sangat mempengaruhi produktifitas kita sebagai remaja. lho!

 

Begadang Berarti Mengundang Penyakit

Selain mempengaruhi produktifitas, kurang tidur juga memicu munculnya masalah kesehatan. Beberapa di antaranya, yaitu :
1. Obesitas
Obesitas adalah berat badan berlebih yang dan diakibatkan oleh adanya gangguan pada metabolisme tubuh.Gangguan tersebut dapat terjadi karena tidur yang kurang dari enam jam semalam. Akibatnya, tubuh akan lebih mudah menyimpan lemak dan membuat Sahabat GueTau akan cepat gemuk. Disamping itu,  seringkali ketika terjaga hingga larut malam, kita akan terdorong untuk mengonsumsi makanan yang kaya lemak sehingga berat badan bertambah dengan mudah.

 

2. Diabetes
Ketika Sabahat GueTau tidur pada kondisi larut malam, keseimbangan hormon dalam tubuh terganggu. Dampaknya adalah memicu intoleransi glukosa yang bertanggungjawab akan produksi insulin dalam tubuh. Nah, apabila sahabat GueTau meneruskan kondisi seperti ini, bukan mustahil jika kamu menjadi rentan terkena diabetes.

 

3. Sakit kepala dan tekanan darah tinggi

Ketika bangun terlalu siang karena tidur larut malam,  apakah Sahabat GueTau sering merasa sakit pada bagian kepala?Nah, hal tersebut diakibatkanoleh terlalu banyak begadang. Jika terus dibiasakan seperti ini, tentu bisa berdampak pada bagian sel otak, yang berefek seperti benturan pada kepala. Selain itu, kurang tidur menyebabkan tingkat stres pun meningkat. Mengapa? Kurang tidur membuat tubuh secara fisik dan pikiran tak mendapat cukup waktu untuk beristirahat dan bersinkronisasi. Akibat lebih lanjut cenderung kepada terjadinya tekanan darah tinggi yang kronis karena stres yang berkepanjangan.

 

4. Penyakit jantung dan stroke.
Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, akan tetapi, kebiasaan tidur terlalu malam menyebabkan Sahabat GueTau lebih rentan terkena penyakit jantung. Saat ini, penyakit jantung seringkali dipicu oleh kondisi kurang tidur. Sementara itu, kebanyakan dari kita yang tetap bangun pagi, walaupun tidur larut malam.Otomatis, waktu istirahat berkurang dan berakibatnya adanya tekanan pada jantung yang menjadi penyebab terjadinya stroke atau serangan jantung.

 

5. Melemahkan sstem kekebalan tubuh dan saraf.
Keseringan begadang bisa berdampak pada hancurnya sel darah putih yang menjadi tameng untuk tubuh Sahabat GueTau. Itulah mengapa, sering tidur larut malam akan membuat imunitas tubuh kita menjadi lemah sehingga mudah terserang penyakit. Kurang tidur atau tidur di jam-jam yang tidak wajar dapat mempengaruhi sistem saraf pusat. Dampaknya, sistem saraf akan semakin lemah, begitu juga kemampuan refleks kita.

 

Demikian pembahasan tentang dampak begadang buat kesehatan, kalau Sahabat GueTau memiliki pertanyaan lebih lanjut bisa mengirimkan e-mail ke info@Guetau.com.

 

Ditulis oleh Alamsyah

 

Referensi:

1. http://endipurwa07.blogspot.com/2010/01/tahukah-kau-dampak-begadang-bagi-remaja.htmlhttp://www.merdeka.com/sehat/9-masalah-kesehatan-akibat-sering-begadang.html

2. http://www.merdeka.com/sehat/9-masalah-kesehatan-akibat-sering-begadang.html

 

related post

Yuk, Cari Tahu Manfaat Minum Air Setelah Bangun Tidur!

posted on 25/09/2017

Cara Paling Murah Untuk Sehat, Nih!     Sahabat GueTau tahu nggak kalau 70 persen tubuh manusia terdiri dari air? Inilah yang menj

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Olahraga di Rumah Tanpa Ribet

posted on 20/03/2016

“Pergi ke gym pastinya memerlukan biaya, waktu, dan tenaga yang lebih dibandingkan dengan berolahraga di rumah.” Selalu terlihat sehat d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 14 =