Sehat Dengan Donor Darah

posted on 04/07/2014

donor darah 4

 

“Remaja berusia lebih dari 17 tahun, memiliki berat badan lebih dari 45 kg, kadar Hemoglobin (Hb) untuk laki-laki 12,5 gram persen dan perempuan 12 gram persen serta tekanan darah systole 110-160 mmHg dan tekanan darah diastole 70-100 mmHg adalah syarat untuk melakukan donor darah.

 

Mungkin masih banyak dari Sahabat GueTau yang masih takut dan tidak mau untuk mendonorkan darahnya walaupun sudah memenuhi syarat untuk melakukan donor darah. Untuk kali ini, GueTau akan mengajak Sahabat GueTau untuk mengetahui manfaat dibalik donor darah ini.

Manfaat Besar Untuk Pribadi dan Sesama

Sambil menyelam minum air adalah ungkapan yang layak untuk menggambarkan kegiatan donor darah.Selain manfaat sosial karena telah dapat membantu sesama yang membutuhkan darah, donor darah juga memiliki manfaat untuk kesehatan, baik itu secara fisik maupun psikologis Sahabat GueTau. Jika Sahabat GueTau melakukan donor darah untuk pertama kalinya, manfaat yang langsung didapatkan yaitu, mengetahui dengan pasti tipe golongan darah dan secara tidak langsung kamu juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan tubuh, lho.

Maka,bagi Sahabat GueTau yang melakukan donor darah rutin tiga bulan sekali, pemeriksaan kesehatannya pun juga menjadi rutin. Jenis pemeriksaannya yang dilakukan sebelum mengikuti donor darah, meliputi  tekanan darah, denyut nadi, suhu tubuh, tinggi badan, berat badan, hemoglobin, hingga hepatitis dan HIV. Dengan melakukan donor darah, ternyata rasa percaya diri Sahabat GueTau juga bisa mengingkat. Bagaimana caranya? Karena ketika melakukan donor darah untuk pertama kalinya, sinyal percaya diri meningkat, diakibatkan oleh rasa bangga yang muncul jika telah menyumbangkan sebagian darahnya untuk sesama yang membutuhkan.

 

Sekantong Darah untuk Hidup Sehat

Satu kali pengambilan darah dapat mencapai 250 cchingga 350 cc, tergantung dari kondisi fisik pendonor. Nah, sekantong darah tersebut ternyata memiliki manfaat besar untuk kesehatan kita, seperti mengurangi faktor risiko munculnya beberapa penyakit, diantaranya:

  • Penyakit jantung dan stroke. Dengan rutin melakukan donor darah, pergantian sel darah baru dapat terjadi, sehingga tubuh yang terasa lebih sehat. Selain itu,volume darah dalam tubuh juga terkontrol sehingga tekanan darah dapat lebih teratur.
  • Mengurangi risiko kanker. Risiko kanker dapat berkurang sejalan dengan berkurangnya zat besi dalam darah. Darah biasanya mendapatkan kandungan zat besi melalui media makanan. Ketika perempuan menstruasi, secara alami penyeimbangan zat besi terjadi. Nah, untuk laki-laki penyeimbangan zat besinya dapat melalui media donor darah.

 

Demikian pembahasan tentang manfaat donor darah, kalau Sahabat GueTau memiliki pertanyaan lebih lanjut bisa mengirimkan e-mail ke info@Guetau.com. Semoga informasi yang diberikan dapat menambah wawasan Sahabat GueTau. Mari donor darah untuk kesehatan kita dan sesama!

 

Ditulis oleh Alamsyah

 

Referensi:

  1. http://pmidkijakarta.or.id/pelayanan.php?id=19#.U7Zvn_mSyok
  2. www.manfaatsehat.com
  3. www.mediskus.com
  4. www.depoktren.com

related post

5 Manfaat Masturbasi

posted on 27/05/2015

“Pengenalan akan anatomi tubuh ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun body image yang positif.” Mastrubasi kerap diangga

Setetes untuk Sebuah Kehidupan!

posted on 28/06/2014

Sahabat GueTau sudah tahu golongan darah masing-masing, kan? Kalau sudah, apapun golongan darahnya, kamu tentu bisa ikut serta dalam kegiata

3 thoughts on “Sehat Dengan Donor Darah

  1. agen jamsi says:

    menolong untuk kesehatan dia dan kita

  2. Doroh darah menjadi kegiatan rutin yang selalu dan harus kita lakukan. Karena dengan melakukan donor bukan berarti kita akan semakin lemah.

  3. jualherbaldenature.com says:

    Saya pernah donor darah tapi kenapa saya jadi terkena hepatitis padahal dulu saya sehat2 saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + ten =