Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Risiko Kanker

posted on 10/03/2015

cancer1

Dalam mencegah kanker kita perlu menerapkan pola hidup yang sehat dan seimbang baik fisik ataupun psikis secara konsisten.

Sahabat GueTau, kanker merupakan penyakit yang perlu kita waspadai. Kanker dapat menjangkit siapa saja tanpa pandang bulu. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan seimbang secara teratur. Apa saja pola hidup yang dapat diterapkan dalam mencegah  kanker? Berikut adalah tips yang perlu kamu ketahui.

  1. Ubah Pola Makanmu

cancer2

Sahabat GueTau, salah satu indikator terciptanya pola hidup yang sehat dan seimbang adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Hindarilah konsumsi makanan berlemak tinggi seperti makanan cepat saji. Perbanyak konsumsi makanan sehat secara teratur seperti sayur sayuran dan buah-buahan. Sayuran seperti kubis, kembang kol, bayam, brokoli, tomat, kecambah dan buah buahan seperti jeruk, cherry,dan berbagai jenis berry sangat baik untuk mencegah kanker.

 

2.Berolahragalah secara Teratur

cancer3

Salah satu cara untuk mencegah risiko kanker adalah dengan berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga secara teratur, kita dapat mencegah risiko kanker bahkan hingga 30-50%. Olahraga secara teratur dapat dilakukan dengan mudah di sekitar rumah dengan lari atau jalan santai selama 30 menit setiap harinya.

Berolahraga juga dapat meningkatkan kapasitas kerja otak, menjaga kestabilan emosi, meningkatkan stamina dan performa tubuh, membuat kita lebih rileks dan mencegah stress. Mulai sekarang lakukanlah olahraga secara rutin , ya!

 

  1. Hindari Kebiasaan Merokok

cancer4

Sahabat GueTau , rokok merupakan magnet yang menjadi daya tarik bagi timbulnya kanker. Rokok mengandung kurang lebih 7000 zat berbahaya bagi tubuh  yang dapat menstimulasi timbulnya kanker karena bersifat karsinogenik. Zat-zat tersebut dapat merusak gen dan memicu timbulnya kanker seperti kanker paru-paru, emfisema,dan Bronkiti

Tidak hanya itu, merokok juga dapat menimbulkan jenis kanker lain seperti kanker mulut, nasofarings, esofagus, dan rahim. Asap rokok mengandung berbagai zat berbahaya seperti benzen, nikotin, nitrosamin, aromatik, naftalen, ammonia, oksidan sianida, karbon monoksida benzapirin, dan lain-lain. Untuk itu, hentikanlah kebiasaan merokok sebelum terlambat.

 

4.Hindari Konsumsi Alkohol dan Minuman Keras

cancer5

Sahabat GueTau, konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kanker. Konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kanker seperti kanker mulut, kanker Esofagus, kanker tenggorokan, dan lain lain. Risiko tersebut akan meningkat 2% jika konsumsi alkohol diikuti dengan kebiasaan merokok. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Boston University of School and School of Public Health, mengungkapkan bahwa konsumsi alkohol meningkatkan risiko terserang kanker terutama kanker payudara. Sebanyak 3,5% kasus kematian kanker disebabkan oleh konsumsi alkohol. Maka dari itu , hindarilah kebiasaan minum minuman beralkohol.

 

5.Perhatikan Konsumsi Lemak

cancer6

Sahabat GueTau, kita perlu memperhatikan asupan lemak yang kita konsumsi. Lemak jenuh, lemak trans, dan omega 6 dapat menyebabkan risiko penyakit Kanker. Maksimalkanlah konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak omega 3 seperti jenis ikan mackarel, tuna ataupun salmon. Tuna dan salmon tak hanya baik untuk kesehatan dan perkembangan otak, tetapi juga dapat mencegah kanker. Kita juga perlu meningkatkan asupan lemak tak jenuh yang dapat diperoleh dari minyak zaitun, kacang kacangan dan biji bijian dan buah buahan seperti alpukat, tomat serta teh hijau yang baik untuk mencegah kanker.

 

  1. Berpikir Positif

cancer7

Sahabat GueTau, menjaga pola hidup seimbang bukan hanya diperoleh secara fisik saja tetapi juga secara psikis. Dalam menjaga pola hidup yang seimbang kita harus menghindari stress dan senantiasa berpikiran positif. Fakta menunjukan bahwa, berpikir positif dapat mengurangi risiko penyakit kanker. Jadi, mulailah berpikir positif untuk menjalani hari-harimu.

Sahabat GueTau, dalam mencegah kanker kita perlu menerapkan pola hidup yang sehat dan seimbang baik fisik ataupun psikis secara konsisten. Nah , Jika kamu memiliki pengalaman menjalankan pola hidup yang sehat dan teratur silakan kirim pengalamanmu ke info@guetau.com ditunggu, ya!

 

Ditulis oleh Amanda Larasati

 

Referensi:

  1. https://id-id.facebook.com/notes/denny-santoso/8-kebiasaan-sehat-agar-anda-terlindungi-dari-serangan-kanker/10150434023307139
  2. http://polahidupsehat.web.id/cara-alami-untuk-mencegah-kanker/
  3. http://www.akuinginsukses.com/10-fakta-tentang-manfaat-berolahraga/
  4. http://www.readersdigest.co.id/sehat/nutrisi/konsumsi.alkohol.tingkatkan.risiko.kanker/005/002/137
  5. http://dokita.co/blog/bahaya-merokok-bagi-kesehatan/
  6. http://bidanku.com/10-langkah-mencegah-kanker-payudara

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Warna Kulit: Tak Sekadar Hitam dan Putih

posted on 04/09/2016

“Berandai-andai jadi bule berkulit putih, eh bulenya berlomba-lomba punya kulit coklat…” Sahabat GueTau, sebagai anak muda

6 Tips Bersih-Bersih Buat Cowok

posted on 14/12/2015

Sumber “Menurut suatu studi yang melibatkan para mahasiswa di Turki, hanya 47,6% dari mereka yang mengganti celana dalamnya setiap hari.

One thought on “Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Risiko Kanker

  1. Agung says:

    Iya kanker benar benar menjadi suatu momok yang menakutkan sebagai pembunuh nomor 1 di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *