Manfaat dan Resiko Begadang

posted on 18/12/2012

Masih ingat dengan lirik lagu ini:

“bergadang jangan bergadang,kalau tiada artinya”.

Gue yakin kita semua pernah dengar lagu ini. Pengertian begadang itu sendiri adalah berjaga, tidak tidur sampai larut malam bahkan sampai pagi. Kalau kita lihat di setiap tanggal merah atau hari libur, pasti banyak remaja yang suka melakukan ini.  Entah itu mau nonton tim bola kesayangannya bertanding, ngapel, ataupun sekadar nongkrong depan rumah sambil nyanyi-nyanyi bareng teman-teman.

Tapi bro, perlu kita ketahui bahwa begadang itu ada risikonya. Apalagi bila begadang yang, seperti kata Rhoma Irama, tidak ada artinya. Sudah fisik kita sakit dan belum lagi pikiran kita nggak konsentrasi pada saat melakukan aktivitasnya di pagi dan siang harinya.

Asal kita tahu, jam hidup manusia terbagi dalam tiga tahapan, yaitu: delapan jam bekeja normal, delapan jam digunakan saat kerja ringan, dan delapan jam lagi untuk istirahat total alias tidur. Nah, kalau kita begadang, berarti berapa banyak waktu istirahat yang kita sia-siakan?

Memang sih, begadang ada sedikit manfaatnya, misalnya ada orang-orang yang menjadi lebih produktif saat begadang. Selain itu, ternyata begadang mampu membantu proses pembakaran kalori, sabanyak 135 kalori yang setara dengan berjalan kaki sepanjang 3,2 kilometer, wow! Tapi kata Profesor Kenneth Wright yang telah melakukan penelitian tentang begadang, begadang bukanlah cara yang baik untuk menurunkan berat badan. Jadi, buat yang punya berat badan berlebih dan berniat menurunkannya dengan begadang, sebaiknya jangan! Hehehe.

Tapi, di samping manfaat tersebut, nyatanya tetap saja, begadang lebih banyak dampak negatifnya, yaitu:

– Bisa mempengaruhi kinerja otak (sel otak kita butuh istirahat yang cukup setiap harinya)

– Konsentrasi menurun

– Pelupa

– Ceroboh

– Selalu merasa gelisah

– Turunnya gairah seks

– Menyebabkan depresi

– Rentan terserang diabetes

– Ganguan pencernaan

– Detak jantung tidak teratur

– Risiko kanker lebih tinggi dan masih banyak risiko lainnya

Sekarang kita sudah tahu apa saja manfaat dan risiko begadang. Tinggal kita saja yang menentukan, apa kita mau mendapat manfaat yang sedikit atau risiko yang begitu banyak.

___

Ditulis oleh: Deni, Kontributor Guetau[dot]com

related post

One thought on “Manfaat dan Resiko Begadang

  1. AreaBumil says:

    Owh ternyata banyak juga ya bahyanya… kenpa orang yang suka bergadang lebih mudah terkena diabet ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × one =