Kiat Positif Atasi Stress

posted on 31/12/2014

stress-pencil-cropped

Pernahkah Sahabat GueTau merasa begitu tertekan saat menghadapi sesuatu di luar kendali? Misalnya, ketika terjebak kemacetan, mendapat banyak tugas di waktu bersamaan, atau bermasalah dengan teman atau keluarga. Ketegangan fisik dan psikologis pun kamu rasakan sebagai reaksi ketidaknyamanan menghadapi kondisi yang tak bisa kamu kontrol tersebut. Nah, jika hal-hal tersebut kamu rasakan, bisa jadi saat itu kamu mengalami stres.

Yap, stres biasanya jarang disadari bagi yang mengawalinya di tahap awal, dan baru terlihat jika terjadi perubahan perilaku secara signifikan.

 

stress-management

Untuk menghadapi stres tersebut, berikut GueTau bagi beberapa cara positif yang bisa kamu lakukan.

  1. Berpikir Positif

Apa yang membuat seseorang tertekan tentu berbeda satu sama lain. Perbedaan ini didasari atas pola pikir masing-masing individu dalam memandang sebuah kondisi. Jadi, cara paling tepat yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah sudut pandang menjadi lebih positif saat melihat masalah. Untuk menguatkan pikiran positif  ini, kamu bisa melakukan afirmasi atau mengucapkan kata-kata anti-stres. “Mantra” supportif ini bisa berupa kalimat sederhana yang dekat dengan kamu, seperti “all is well”, “this too shall pass”, “keep calm and carry on”, dan sebagainya.

 

  1. Tertawa

Bentuk coping stres ini selain mudah dan menyenangkan, juga baik untuk kesehatan. Tertawa mampu menurunkan kadar tekanan darah dan membantu meningkatkan sirlukasi darah ke seluruh tubuh. Dengan demikian, pikiranmu bisa merasa lebih segar dan siap mengambil keputusan dengan logis.

 

  1. Mendengarkan Musik

Kamu bisa membuat daftar lagu kesukaan untuk didengarkan sambil bersantai atau memainkan alat musik favorit. Lupakan masalah sejenak dan berfokus pada alunan musik bisa membuat pikiranmu lebih rileks.

 

  1. Aromaterapi

Wewangian yang didapat dari aromaterapi ini juga terbukti mampu memberikan ketenangan dalam pikiran. Misalnya, minyak lavender bisa membantu mengatasi sakit kepala, insomnia, serta mengatasi depresi. Selain itu, aroma mawar juga membantu meredakan sakit kepala sebelah atau migrain. Sedangkan aroma bunga camomil akan membantu memberikan rasa tenang dengan lebih menyeluruh.

 

stressed-student-1

Selain cara-cara tersebut, mungkin saja kamu sudah punya strategi andalan untuk mengatasi stres. Namun, perlu diingat jika ada bentuk coping stres yang bisa jadi bumerang, lho. Alih-alih terbebas dari stres, cara coping stres berikut ini bisa menambah masalah baru sehingga perlu kamu pikirkan ulang untuk melakukannya.

  1. Minum kopi.Cara ini memang menyenangkan, terlebih dilakukan bersama teman-teman. Terbukti pula jika minum secangkir kopi bisa meredakan stres. Namun, ketika kamu meminum bergelas-gelas kopi hanya akan membuat kepala pusing dan jantung berdebar. Efek kafein yang berlebih ini justru bisa meningkatkan tahap stres Sahabat GueTau.
  2. Makan junk food atau makanan cepat saji. Saat stres, terkadang ada orang yang “melarikan diri” dengan makan secara berlebih. Junkfood pun kerap menjadi menu pilihan karena cepat dan mudah dicari (tinggal pesan antar saja bisa). Jika dilakukan sesekali memang bisa menghilangkan stres sementara waktu. Tapi coba hitung kalori yang kamu dapatkan jika terus melakoni cara ini.
  3. Merokok. Tak sedikit orang yang menyugesti diri bahwa merokok bisa menghilangkan stres. Cara ini mungkin bisa menipu pikiranmu, tapi tidak dengan tubuhmu. Efek buruk dari nikotin rokok bisa mengganggu bahkan merusak organ pernafasan. Merokok juga jauh dari kata keren karena kamu juga merampas hak asasi orang lain untuk mendapatkan udara bersih dan aman bagi tubuh sesama.
  4. Minum alkohol. Sama seperti kopi, meminum alkohol juga meningkatkan detak jantung semakin kencang. Apalagi jika meminum alkohol secara berlebih dan menyebabkan kamu malah bisa tak sadarkan diri. Kalau seperti ini sih, bukannya mampu mengendalikan penyebab stres, kamu justru dikendalikan oleh emosi bawah sadar.
  5. Belanja berlebihan. Menghibur diri dengan berbelanja juga biasa menjadi alternatif untuk menghilangkan stres. Namun, jangan pernah lakukan hal ini jika kamu tak ingin menyesal karena kalap membeli sesuatu yang tidak begitu dibutuhkan.

Nah, sekarang Sahabat GueTau mempunyai pilihan untuk lebih bijaksana dalam menghadapi stres. Jika kamu ingin mendapat info lebih lanjut mengenai cara mengenai stres, jangan ragu untuk kirim pertanyaan ke info@Guetau.com.

 

Ditulis oleh Eunike Ally Sushmita

 

Referensi:

  1. http://caramengatasistress.com/
  2. http://tercerahkan.com/simsalabim-ini-10-mantra-afirmasi-penghilang-stres/
  3. http://cosmopolitan.co.id/article/read/12/2014/5350/penghilang-stres-yang-ternyata-malah-jadi-bumerang

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + ten =