Ini Yang Terjadi Ketika Kamu Berciuman

posted on 16/02/2016

    “Ilmu yang mempelajari tentang berciuman adalah Philematology, dan ilmuwannya bernama osculologist”

Banyak orang berpendapat bahwa berciuman dapat membuat hubunganmu lebih romantis. Selain itu, berciuman dapat membakar 2-26 kalori per menit. Ciuman juga dianggap sebagai bahasa universal dalam mengungkapkan cinta. Eits, belum tentu. Sebuah penelitian membuktikan bahwa tidak sampai setengah dari populasi dunia (sekitar 46%) yang menggunakan ciuman bibir sebagai bahasa untuk mengungkapkan cinta.

Ada beberapa fakta lucu mengenai ciuman ini. Tahun 1910, Prancis melarang ciuman karena menyebabkan terlambatnya jadwal kereta api. Selain itu, ada penelitian bahwa suami yang mencium istrinya setiap pagi hidup lima tahun lebih lama daripada yang tidak mencium istrinya!

Tapi pernahkah kamu merasa penasaran tentang apa saja yang berpindah dari bibirmu jika berciuman bibir dengan seseorang? Nah, kalau kamu melakukan kegiatan yang melibatkan otot bernama orgicularis oris ini, hal-hal di bawah ini yang akan bertukar tempat:

1. Pertukaran Liur

Saat berciuman, kamu bertukar banyak air liur. Dalam sebuah artikel, jumlah air liur yang bertukar setara dengan air liur sebanyak lima kali meludah. Pertukaran air liur saja? Tentu tidak. Ketika kamu berciuman, terjadi pertukaran air sebanyak 9 ml, protein 7 mg, lemak 71 mg, dan sodium klorida 45 mg.

2. …..dan, bakteri

Sekitar 80 juta bakteri bisa berpindah dari bibirmu ke bibir pasanganmu ketika berciuman.

3. Virus

Ada berbagai jenis virus yang bisa membuat kamu tertular virus dari orang lain, misalnya, herpes, tuberculosis, dan flu. Berhubungan dengan fakta ini, sekitar tahun 1439 Raja Henry VI melarang ciuman bibir di wilayah Inggris untuk mengurangi penyebaran penyakit.

Ada yang pro, ada yang kontra. Tidak apa-apa. Setelah mengetahui fakta tentang berciuman itu, bagaimana pendapat kalian tentang berciuman? Kirimkan opini kalian melalui info@guetau.com ya!

Oleh Justian Edwin

Referensi:
1. Your Tango
2. Buzfeed

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 20 =