Dos and Donts untuk Wajah Berjerawat

posted on 21/08/2016

    Sumber

    Sumber

    “Semakin kamu stress, semakin banyak jerawat yang akan timbul, lho…”

Pernah tidak sih kamu merasa bete seharian karena ada jerawat yang muncul di wajahmu? Walaupun kecil, jerawat bisa membuat seseorang kurang percaya diri. Hmm, sebenarnya jerawat itu apa sih?

Jerawat ini terbentuk dari kombinasi dari sebum (minyak dari kelenjar kulit), sel kulit mati, dan juga bakteri yang menyumbat pori-pori kulitmu. Nah, pada artikel kali ini GueTau akan memberikan tips dalam mengatasi jerawat pada wajah! Mari kita mulai!

The Dos

1. Cuci wajahmu dengan produk pembersih yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat untuk meredakan jerawat. Eits, tapi cukup bersihkan wajah dua kali sehari ya! Terlalu sering mencuci wajah justru membuat kulit kering dan dapat menyebabkan iritasi.

2. Cuci juga rambutmu! Tidak disangka, ternyata rambut kita juga merupakan penyebab timbulnya jerawat lho! Rambut yang kotor dan berminyak bisa bersentuhan dengan kulit wajah dan menyebabkan jerawat.

3. Bersihkan juga semua benda yang menyentuh wajahmu secara langsung seperti sarung bantal, kuas makeup, sapu tangan, bandana, dan sebagainya. Tapi perhatikan juga deterjen yang kamu gunakan ya! Beberapa deterjen mengandung bahan aktif yang bisa menyebabkan iritasi kulit.

4. Untuk perawatan jerawat dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, kamu bisa menggunakan lidah buaya dan madu sebagai masker. Getah pada lidah buaya berfungsi sebagai astringen untuk mengempeskan jerawat serta bersifat antibakteri untuk mengatasi bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Selain itu, vitamin A dan vitamin E yang terkandung dalam lidah buaya juga berguna untuk membuat kulitmu menjadi lebih sehat. Sama seperti getah lidah buaya, madu juga bisa meredakan jerawat karena madu bersifat antibakteri dan juga antiinflamasi.

The Don’ts

1. Sebisa mungkin jangan menyentuh wajahmu ya! Meski terlihat bersih, tapi tanganmu itu kan sebelumnya memegang berbagai macam benda berkuman tanpa kamu sadari. Nah, ini dia yang bisa menyebabkan jerawat saat kamu memegang wajahmu dengan tangan.

2. Jangan memencet jerawat! Walaupun memang sangat menggoda, memecahkan jerawat itu justru akan menyebarkan bakteri ke daerah sekitar jerawat itu. Kalau bakteri itu masuk ke dalam pori-pori yang terbuka, bisa jadi jerawat baru lho! Selain itu, memecahkan jerawat bisa meninggalkan bekas luka di wajah. Jadi, lebih baik biarkan saja jerawat itu pecah dan mengering dengan sendirinya.

3. Jangan melakukan scrubbing, peeling, atau exfoliating dulu. Saat sedang berjerawat, kulit wajah menjadi rentan sehingga melakukan pengangkatan kulit mati tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan inflamasi dan kemerahan pada kulit yang berjerawat.

4. Jangan sembarangan menggunakan tips yang kamu baca di internet! Banyak sekali tips-tips mengatasi jerawat di internet dengan menggunakan berbagai bahan-bahan yang sebenarnya berbahaya untuk kulit seperti misalnya pasta gigi, aspirin, soda kue, atau pembersih cat kuku. Tahukah kamu kandungan kimia yang ada pada bahan tersebut? Wah, salah-salah jerawat di wajahmu malah bisa jadi tambah meradang!

Tips yang terakhir, tidak perlu bete kalau wajah berjerawat ya, Sahabat GueTau! Semakin kamu stres justru jerawat akan semakin berdatangan. Ketika stres, produksi sebum semakin meningkat sehingga pori-pori wajahmu akan tersumbat dan menyebabkan jerawat. Jerawat memang tidak bisa hilang seketika. Jadi sabar saja ya! Kamu punya pertanyaan seputar masalah jerawat? Kirimkan segera ke info@guetau.com ya!

Oleh Helmi Akbar Wangsi

Referensi:
1. http://www.skincare.about.com/
2. http://www.everydayhealth.com/
3. http://www.webmd.com

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 16 =