Bahaya Makanan Jalanan

posted on 25/04/2015

makanan1

Jajanan yang kita pilih bukan hanya lezat saja, tetapi juga bergizi dan terjamin mutunya bagi kesehatan kita.

Sahabat GueTau, siapa sih yang tidak suka menyantap makanan jalanan atau makanan kaki lima? Semua orang tentu pasti menyukainya. Pesona makanan jalanan amat populer di semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua sekalipun tidak dapat menolak daya tariknya. Tetapi, kita perlu waspada karena ada beberapa jenis makanan jalanan yang berbahaya bagi kesehatan. Makanan jalanan tersebut berpotensi menyebabkan dampak negatif bagi kita, tidak hanya dalam jangka pendek tetapi juga jangka panjang. Salah satu dampak negatifnya adalah timbulnya gangguan kesehatan. Nah, berikut adalah informasi mengenai beberapa contoh makanan jalanan yang tergolong berbahaya dan patut kita waspadai!

  1. Gorengan

makanan3

Sahabat GueTau, gorengan merupakan istilah bagi segala jenis makanan yang digoreng atau dibuat dengan menggunakan balutan tepung terigu/tepung beras. Variasi makanan tersebut antara lain berupa bakwan, ubi, gandesturi, pisang molen, tempe, tahu isi, lumpia, singkong, dan lain-lain. Gorengan memiliki cita rasa khas dan gurih. Namun, dibalik sensasi rasanya yang menggiurkan itu, gorengan mengandung efek samping berbahaya bagi kesehatan kita, loh!

Banyak penjual gorengan menggunakan minyak goreng berulang-ulang untuk menggoreng, minyak tersebut mengandung zat radikal bebas yang berpotensi meningkatkan kadar kolestrol. bahkan ada penjual yang tidak bertanggung jawab mencampur bahan kimia seperti plastik saat proses penggorengan untuk membuat rasanya menjadi gurih dan renyah, padahal plastik mengandung zat berbahaya yang dapat memicu kanker. Tidak hanya itu, pembungkus makanan yang menggunakan kertas bekas bertinta, jika terkena panasnya gorengan akan meleleh dan tertelan ke tubuh. Hal ini akan menyebabkan akumulasi di dalam jaringan tubuh dan menganggu kesehatan.

  1. Es Cendol

makanan4

Minum segelas es cendol di saat cuaca yang terik? Hmmm siapa yang tidak mau? Cendol merupakan salah satu minuman favorit masyarakat dan bahkan berdasarkan survei dari CNN, es cendol menempati urutan ke-45 sebagai minuman terenak di dunia. Namun, apa jadinya ketika kita tahu bahwa es cendol yang kita konsumsi selama ini berbahaya bagi kesehatan? Beberapa penjual yang tidak bertanggung jawab sengaja mencampur bahan bahan pengawet berbahaya seperti tawas, Rhodamin B, dan pewarna kertas untuk menekan biaya produksi.

 

Bahan-bahan tersebut jika dikonsumsi dapat menyebabkan gangguan kesehatan jangka pendek ataupun jangka panjang. Efeknya kita akan merasa mual dan muntah. Selan itu, yang paling berbahaya  bahan-bahan tersebut berpotensi menimbulkan penyakit kanker dan kerusakan sel tubuh.

  1. Gulali

makanan5

Gulali selalu menjadi jajanan favorit bagi setiap kalangan, terutama anak-anak dan remaja. Karena, bentuk dan rasanya yang bervariasi, serta tampilannya yang

 

mengundang selera, tidak jarang kitapun tertarik untuk membelinya. Tapi, tahukah kalian bahwa gulali mengandung bahan berbahaya yang tidak baik untuk dikonsumsi? Misalnya saja pewarna makanan Rhodamin B dan Methanil Yellow. Pewarna tersebut dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan, dan berefek jangka panjang terhadap fungsi hati, kantung kemih, hingga kanker.

  1. Siomay dan Batagor

makanan6

Bagi kalian yang suka makan siomay dan batagor harap untuk berhati-hati. Pasalnya, ada saja pedagang siomay dan batagor yang tidak bertanggungjawab dan menghalalkan segala cara untuk membuat produk mereka disenangi. Mereka menggunakan ikan yang tidak lagi segar, adonan tepung tapioka yang sudah kadaluarsa, bahkan mencampur boraks. Padahal, boraks dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti gangguan sistem pencernaan, gangguan pada sistem syaraf, mual-mual, diare, rasa depresi, anemia, hingga bahkan penyakit kronis seperti kanker.

  1. Bakso

makanan7

Hati-hatilah saat menyantap bakso! Karena, bakso dapat mengandung zat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita yakni formalin yang dikenal sebagai pengawet bagi mayat dan spesimen biologi. Formalin dapat berefek samping negatif seperti menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan, diare, anemia, hipertensi, alergi, bahkan kanker.

 

Nah, Sahabat GueTau, untuk itu kita perlu cermat dan selektif dalam memilih jajanan. Jajanan yang kita pilih bukan hanya lezat saja, tetapi juga bergizi dan terjamin mutunya bagi kesehatan kita. Oh iya, bagaimana pendapat kalian terhadap maraknya jajanan yang tidak sehat? Silakan kirim opini atau pendapat kalian ke info@guetau.com ditunggu, ya!

 

Ditulis oleh Amanda Larasati

 

Referensi:

  1. kesehatan96.blogspot.com
  2. blogspot.com
  3. http://www.smallcrab.com/kesehatan/1156-empat-jenis-bahan-berbahaya-yang-sering-disalahgunakan-pada-pangan
  4. https://bellamutiara.wordpress.com/2012/10/06/waspda-boraks-pada-siomay/
  5. http://litahai.blogspot.com/2011/03/kenali-ciri-ciri-zat-berbahaya-pada.html

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

6 Tips Bersih-Bersih Buat Cowok

posted on 14/12/2015

Sumber “Menurut suatu studi yang melibatkan para mahasiswa di Turki, hanya 47,6% dari mereka yang mengganti celana dalamnya setiap hari.

Indahnya Melihat Gender sebagai Pelangi

posted on 17/11/2015

Sumber “Seperti warna-warna pada pelangi, gender terbentang pada suatu spektrum, bukan hanya dua kategori biner lelaki-perempuan. “ Halo

One thought on “Bahaya Makanan Jalanan

  1. info gula darah says:

    wah, artikel yang sangat menarik.. terimakasih atas informasinya ya.. setelah baca artikel ini, kami jadi harus lebih hati hati dalam memilih makanan terutama jika membelinya di jalanan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *