Baca ini Jika Kamu Merasa Tak Nyaman dengan Tubuhmu

posted on 13/04/2016

    “Penderita Body Dismorphic, akan menghabiskan banyak waktu 1-5 jam untuk mengurus penampilannya, karena mereka selalu merasa penampilan mereka buruk, bahkan hal ini bisa menyebabkan depresi hingga bunuh diri”

Sahabat GueTau, Robert Pattinson dan pelantun lagu “Wrecking Balls” Miley Cyrus pun ternyata sempat mengalami sindrom Body Dismorphic Disorder lho!

Pernah dengar Body Dysmorphic Disorder? Apa ya artinya? Dan gejala apa saja yang timbul dari sindrom tersebut? Kali ini GueTau akan berbagi informasinya untuk semua Sahabat GueTau, yuk kita simak!

Jadi, Body Dismorphic Disorder adalah…

Body Dismorphic Disorder adalah sejenis penyakit mental kronis yang membuat penderitanya terobsesi terhadap penampilan dan citra tubuhnya.

Menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder (DSM), orang yang menderita BDD akan cenderung mengklamufase penampilannya terhadap citra tubuh yang mereka inginkan, seperti, posisi tubuh, baju, make’up, rambut, topi dan lain-lain.

Orang yang memiliki masalah BDD bisa menghabiskan banyak uang atau waktu hanya untuk memperbaiki kekurangan mereka.

Ciri-ciri BDD itu Apa Saja Sih?

1. Penderita BDD, Bisa menghabiskan waktu 1-5 jam setiap harinya hanya untuk mengurus penampilannya, hal ini dilakukan karena penderita BDD takut dianggap cacat oleh orang lain.
2. Penderita BDD, akan memiliki rasa malu yang sangat besar, depresi, dan memiliki keinginan untuk bunuh diri gara-gara mereka selalu merasa penampilan mereka buruk.
3. Penderita BDD, akan memiliki rasa kurang percaya diri, menghindari keramaian, selalu merasa kurang sempurna, dan iri terhadap kesempurnaan fisik orang lain yang membuat mereka melakukan hal-hal yang mengkhawatirkan, seperti operasi plastik, suntik silicon dan lain-lain. Duh! Mengerikan yah.

Walaupun sudah ada ciri-ciri untuk mengenali sindrom ini, cara yang paling tepat untuk mendiagnosa adalah berkonsultasi kepada ahlinya.

Penderita BDD harus dibimbing dan dilatih untuk mengatasi pikiran negatif terhadap citra tubuh mereka, hal ini bisa dilakukan dengan cara menjalankan psikoterapi agar tertanam pola pikir positif bagi mereka dan dukungan dari keluarga untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri mereka.

Apakah kalian kenal orang yang mengalami sindrom ini? Berbagilah artikel ini dengan mereka ya. Mari berbagi cerita tentang BDD lainnya ke info@guetau.com .

Oleh Intan Putri

Referensi:
1. www.doktersehat.com
2. www.bddfoundation.org
3. https://bdd.iocdf.org/about-bdd/&prev=search
4. Ilustrasi oleh Bartosz Kosowski dengan tema Weight Watchers, diunduh dari http://quietlunch.com/bartosz-kosowski-weight-watchers/

related post

Alicia Keys Berhenti Pakai Makeup!

posted on 09/06/2016

“Alicia Keys, seorang penyanyi kebangsaan Amerika Serikat, memutuskan untuk berhenti menggunakan makeup. Mungkin ia lelah.” Semu

Ssst! Cowok Juga Sering Gak Percaya Diri dengan Tubuhnya!

posted on 05/05/2016

“Hasil penelitian oleh Christine Morgan, CEO Yayasan Butterfly, menunjukkan setengah dari laki-laki dengan dismorfia akan mencoba bunuh di

A-Z Tentang Keberagaman Bentuk Tubuh

posted on 19/04/2016

“Bentuk tubuh ada banyak, maka mari berhenti membandingkan tubuh sendiri dengan orang lain.” Sahabat GueTau, gak perlu merasa mi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *