Ayo Jadi Sahabat Orang Dengan Disabilitas

posted on 29/12/2014

disabilitas1

Mereka dapat berkreasi layaknya masyarakat pada umumnya. Inilah bukti bahwa mereka tidak berbeda dengan kita. Beberapa teman dengan disabilitas menekuni usaha maklon, souvenir, pembuatan pernak-pernik dan perhiasan, serta menulis dan membuat buku.

Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan. Tidak satupun orang yang dapat meminta apa yang ia punyai di dunia dan apa yang menjadi kekurangannya. Seseorang tidaklah salah jika berbeda dengan orang lain karena kekurangannya. Itulah yang terjadi pada orang dengan disabilitas.

Kebanyakan merasa minder dan sedih karena berbeda dengan orang pada umumnya. Teman-teman dengan disabilitas akan merasa menjadi kaum minoritas dan merasa dikucilkan meskipun pada kenyataannya tidak seperti itu.

Kali ini, GueTau akan mengajak Sahabat GueTau untuk menjadi pribadi yang dapat bergaul dengan orang dengan disabilitas. Bukan hanya menjadi teman, kamu bahkan dapat menjadi sahabat yang berharga bagi mereka. Berbagi cerita, pengalaman, dan semangat kepada orang dengan disabilitas. Tentunya hal tersebut akan membangkitkan semangat mereka untuk menjalani hidup ini dengan senyuman.

Mengapa hal ini begitu penting untuk dilakukan? GueTau yakin kalau kamu adalah orang yang peduli dengan sesamanya. Bukankah setiap orang memiliki hak untuk dapat bersosialisasi dengan sesamanya? Lalu apa yang membuat orang dengan disabilitas jauh dari sosialisasi tersebut? Jika kamu adalah remaja yang peduli sesama, maka kamulah yang menjadi pelopor untuk membuang jarak yang ada antara kamu dengan teman-teman dengan disabilitas. Itulah pentingnya menjadi sahabat bagi mereka  dengan harapan agar mereka semangat dalam menjalani hidup mereka.

Seiring berjalannya waktu, diskriminasi terhadap orang dengan disabilitas telah banyak berkurang. Namun masih disayangkan, masih banyak orang yang memperlihatkan rasa kasihan terhadap mereka. Masih banyak yang menganggap bahwa orang dengan disabilitas seharusnya bersekolah di SLB. Namun pada kenyataannya, banyak orang dengan disabilitas mampu dan bahkan berprestasi di sekolah reguler. Sekolah di SLB malah hanya mengkotak-kotakkan mereka, bahkan dapat membuat mereka semakin merasa berbeda dengan orang pada umumnya.

Pandangan kasihan terhadap mereka seharusnya dapat dihilangkan. Karena, untuk apa menunjukan rasa kasihan dan memandang mereka berbeda? Mereka toh bisa sama seperti kita. Pandang mereka dengan sama seperti kamu memandang teman-teman lainnya agar menghilangkan rasa minder dalam diri mereka sehingga kepercayaan diri untuk menjalani hidup menjadi lebih besar.

 

disabilitas2

Lalu, bagaimana cara yang tepat agar dapat berteman dengan mereka? Nah, GueTau punya beberapa cara simple yang tentunya dapat dilakukan Sahabat GueTau untuk dapat berteman dengan mereka. Berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat berteman dengan orang dengan disabilitas:

  1. Jangan tunjukkan rasa kasihan

Apa yang kamu rasakan ketika memiliki masalah namun kemudian dikasihani? Bedakan dengan saat kamu diberi semangat. Tentunya hal tersebut memiliki efek yang berbeda terhadap diri kamu. Begitu pula pada teman-teman dengan disabilitas. Perlakukanlah mereka seperti orang pada umumnya. Berikan semangat dan ajak beraktivitas layaknya orang pada umumnya.

  1. Ajak bersosialisasi dengan orang banyak

Orang dengan disabilitas kebanyakan lebih senang bersosialisasi lewat media sosial. Karena dengan begitu mereka merasa setiap orang bisa menerima mereka. Lalu, apa salahnya jika mengajak mereka untuk bersosialisasi di dunia yang kamu rasakan setiap hari?

  1. Kembangkan kemampuan mereka

Hal ini cukup sulit dan harus melalui pendekatan yang lebih mendalam. Setiap orang tentu mempunyai kelebihan yang lebih menonjol dalam dirinya. Ketika mengetahui kelebihan dalam diri orang dengan disabilitas. Beri mereka sugesti untuk mengembangkannya. Berikan contoh kepada mereka tentang orang-orang yang sukses dalam bidangnya meskipun pada raga mereka terdapat banyak kekurangan.

Nah, demikianlah beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan Sahabat GueTau untuk berteman dengan teman-teman dengan disabilitas. Semoga dengan adanya kamu dalam kehidupan mereka, mereka menjadi lebih semangat dalam menjalani hidupnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Sahabat GueTau. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar cara berteman dengan teman-teman dengan disabilitas, jangan sungkan untuk hubungi kami di Info@guetau.com.

 

Ditulis oleh Sandy Anugerah

 

Referensi:

  1. www.lifestyle.okezone.com
  2. www.cerminkecil.blogspot.com

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

5 Manfaat Masturbasi

posted on 27/05/2015

“Pengenalan akan anatomi tubuh ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun body image yang positif.” Mastrubasi kerap diangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =