Alasan untuk Berhenti Merokok Sekarang

posted on 01/06/2014

smoked

 

Sahabat GueTau, tahukah kamu berapa banyak orang yang meninggal gara-gara menghisap tembakau dan asapnya setiap harinya? Sudah banyak yang tahu bahaya dari merokok,  namun masih banyak pula yang enggan berhenti. Mengapa? Apapun alasannya, merokok adalah kebiasaan yang harus segera ditinggalkan. GueTau punya lebih banyak alasan untuk berhenti merokok bagi Sahabat GueTau dan tips bagi kamu untuk tetap hidup tanpa rokok. Rokok telah memakan korban 190.260 jiwa. Ada 200 elemen berbahaya bagi kesehatan. Senyawa paling berbahaya yang terkandung di dalamnya adalah tar, nikotin dan karbon dioksida. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan adalah katarak, kanker, serangan jantung, impotensi, dan keguguran. Kalau diibaratkan, satu batang rokok adalah racun yang Sahabat GueTau hisap dalam-dalam dan kemudian racun tersebut menggerogoti tubuhmu secara perlahan-lahan. Nah Sahabat GueTau, merokok sama saja dengan bunuh diri. Jangan sia-siakan masa sehatmu dengan merokok! Percaya deh, hidupmu lebih enak jika sehat tanpa rokok.

GueTau akan meluruskan pemahaman tentang bahan baku rokok, yaitu tembakau, yang sering disalah artikan. Sangat tidak benar kalau ada yang bilang bahwa tembakau adalah obat anti kanker. Tembakan dapat menjadi obat anti kanker apabila diproses menjadi bentuk obat-obatan, dan bukan diproses dalam bentuk rokok. Hal ini tentu tidak berbeda dengan alkohol yang juga digunakan untuk obat. Jika salah penggunaannya,alkohol hanya akan menyebabkan bencana. Maka, seperti itulah tembakau. Bisa menjadi obat, tapi bisa pula menjadi bencana.

Bagi Sahabat GueTau yang tidak merokok, GueTau memberikan tips bagaimana untuk menghindari agar Sahabat GueTau tidak ikut-ikutan merokok.

  1. Beri diri sendiri keyakinan jika Sahabat GueTau bisa hidup sehat tanpa rokok.
  2. Tekankan bahwa ‘rokok = buruk’.
  3. Tetap percaya diri jika berada di lingkungan perokok. Tidak mengikuti kebanyakan teman-teman lainnya bukan berarti kamu tidak gaul.
  4. Apa pun yang diiklankan di iklan rokok adalah tidak sepenuhnya benar. Misalnya, anggapan jika merokok berarti kamu adalah anak yang gaul. Tentu hal tersebut tidak betul adanya. Memang iklan berpengaruh besar pada pandangan banyak orang terhadap produk yang diiklankan. Komisi Nasional Perlindungan Anak pada tahun 2007 pun menemukan jika 70% anak merokok karena pengaruh iklan rokok.  Oleh karena itu, sekarang merupakan saatnya bertindak dan berpikir lebih cerdas, serta tidak membiarkan diri dibodohi dengan iklan.
  5. Alihkan pikiran jika timbul dorongan untuk mencoba rokok.
  6. Seandainya Sahabat GueTau sudah terlanjur mencoba, langsung berhenti sepenuhnya. Tak perlu berhenti dengan taktik mengurangi sedikit demi sedikit. Berhenti total segera! Ganti kebiasaan merokok dengan menyicipi permen atau memakan camilan kecil.
  7. Tidak ada salahnya mengasingkan diri dari pergaulan yang tidak sehat, seperti teman-teman perokok yang memaksa kamu untuk ikut merokok. Hindarkan semua hal yang berbau rokok.
  8.  Selalu ingat fakta yang baru saja GueTau bagikan mengenai bahaya merokok.

 

Demikian Informasi yang bisa GueTau sampaikan, semoga Informasi yang GueTau sampaikan bermanfaat bagi Sahabat GueTau. Kalau ada pertanyaan lebih lanjut silahkan kirim e-mail ke info@GueTau.com.

 

Ditulis oleh Apoh 

 

Referensi :

  1. http://baleobat.blogspot.com/2013/06/manfaat-tembakau-untuk-kesehatan.html
  2. http://www.pedulidampakrokok.com/2011/03/bahaya-tembakau-dan-bentuk-bentuk.html
  3. http://www.kabar24.com/health/read/20130530/54/190224/bahaya-tembakau-190-ribu-orang-meninggal-dunia-akibat-merokok

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Olahraga di Rumah Tanpa Ribet

posted on 20/03/2016

“Pergi ke gym pastinya memerlukan biaya, waktu, dan tenaga yang lebih dibandingkan dengan berolahraga di rumah.” Selalu terlihat sehat d

5 Mitos dan Fakta Hubungan Antara Makanan dan Kesehatan Reproduksimu

posted on 23/12/2015

Sumber “Hasil penelitian para dokter dari Harvard university Amerika serikat yang melakukan analisis sperma milik seratus laki-laki berusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 8 =