6 Dampak Buruk TV yang Harus Kamu Tau!

posted on 09/12/2013

Hei  Sahabat GueTau, hari gini siapa sih yang nggak ‘kenal’ dengan salah satu teknologi yang bernama televisi atau yang lebih familiar kita sebut dengan TV? Pasti mayoritas Sahabat GueTau pada ‘kenal’ kan?

                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Tayangan yang dihadirkan oleh televisi pun sangat beragam, mulai dari edukasi, hiburan, infotainment, olah raga dan masih banyak lainnya. Namun, ternyata kemajuan teknologi ini mempunyai beberapa dampak negatif bagi tumbuh kembang anak-anak dan remaja, jika tak diiringi dengan pengawasan yang baik dari orang dewasa.

Kira-kira apa saja dampak buruk televisi bagi tumbuh kembang anak dan remaja? Yuk kita telusuri, Sahabat GueTau!

1. Menjadi malas. Ketika terlalu banyak menonton televisi biasanya kita menjadi cenderung malas mengerjakan hal-hal lain, seperti belajar, mengerjakan PR, membantu orang tua di rumah dan sebagainya. Bahkan, dapat membuat kita mengantuk di kelas pada saat berlangsungnya pelajaran. Dalam Hal ini peran orang dewasa sangat diperlukan guna mendorong kita mengatur waktu menonton televisi.

 

 

2. Menjadi pasif dalam pergaulan. Ketika kita telah menjadi pecandu tontonan televisi, maka kita akan lebih memilih berjam-jam menonton televisi dibanding bermain atau bersosialisasi dengan teman sebaya kita diluar rumah. Nah, hal ini akan mempengaruhi pola komunikasi kita dengan lingkungan sekitar.

 

 

 

3. Mencontoh apa yang kita lihat. Melalui televisi kita dapat mengakses tayangan apapun, mulai dari film kartun, animasi, dunia flora dan fauna, gosip, berita nasional – internasional, berita kriminal, hingga tayangan berlabel dewasa. Tanpa bimbingan orang dewasa, tayangan yang  tidak sesuai dengan usia seseorang dikhawatirkan dapat membentuk karakter orang tersebut menjadi tidak baik. Contohnya ketika seseorang terlalu sering melihat adegan ‘superhero’ yang biasanya berkelahi melawan musuhnya, maka dikhawatirkan akan mendorong orang tersebut mempraktekkan kejadian berkelahi dengan teman sebayanya. Kasus lain, ditengah masih minimnya akses terhadap informasi dan keterampilan terkait seksualitas, sering kali membuat seseorang yang menonton tayangan dewasa, berkeinginan untuk mencoba apa yang dilihat tanpa pengetahuan dan keterampilan yang cukup.

 

4. Imajinasi yang berlebihan. Ketika kita sangat menyukai dan mengagumi sebuah karakter atau tayangan tertentu, mungkin menimbulkan keinginan untuk menjadi seperti ‘tokoh-tokoh’ yang ada dalam tayangan tersebut hingga dapat berimajinasi bahwa diri kita adalah orang yang sama dengan yang ada dalam karakter tokoh tayangan tersebut. Hal ini menjauhkan kita dari realitas yang sebenarnya terjadi dilingkungan sekeliling kita.

 

 

 

5. Menjadi tidak kreatif. Seseorang yang terbiasa hanya duduk menatap layar televisi akan kesulitan mengembangkan kreasinya dalam melakukan perkerjaan lain. Hal ini tentunya akan menjadi penghambat dalam mengembangkan potensi nya secara optimal. 

 

 

 

 

6. Kerusakan pada mata. Menonton televisi terlalu lama ataupun dengan jarak yang terlalu akan membuat mata menjadi lelah dan mengakibatkan kemapuan indra penglihatan berkurang.

 

 

 

 

Nah itulah beberapa dampak buruk televisi bagi tumbuh kembang anak dan remaja ya Sahabat GueTau. Sekian pembahasan kita kali ini, semoga bisa informasi yang bermanfaat untuk Sahabat GueTau.  Jika ada pertanyaan atau kritik Sahabat GueTau bisa mengirimkannya ke info@guetau.com.

 

Ditulis oleh Maria Yuno

 

Referensi:

1.       http://adenamisbah.com/forum/discussion/4/pengaruh-nonton-tv-terhadap-perkembangan-otak-dan-kemampuan-anak/p1
2.       http://m.kompasiana.com/post/read/604789/1/dampak-negatif-media-bagi-tumbuh-kembang-anak-dan-remaja-abad-modern-saat-ini
3.       http://www.klikdokter.com/healthnewstopics/read/2013/04/15/15031558/dampak-buruk-menonton-tv-pada-anak

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =