5 Mitos dan Fakta Hubungan Antara Makanan dan Kesehatan Reproduksimu

posted on 23/12/2015

Basic RGB
Sumber

    “Hasil penelitian para dokter dari Harvard university Amerika serikat yang melakukan analisis sperma milik seratus laki-laki berusia 18-22 tahun: laki-laki yang hobi mengudap makanan cepat saji memiliki kualitas sperma yang buruk dan tidak mampu bertahan hidup lebih lama meskipun secara fisik laki-laki tersebut sehat.”

Sahabat GueTau suka ngemil? Atau penggemar makanan makanan cepat saji (junk food)? Tahukah kamu kalau kebiasaan tersebut akan berpengaruh pada sistem reproduksi? Faktanya, mengkonsumsi makanan cepat saji berlebihan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya, misalnya kista dan miom (tumor dinding rahim). Semua pasti sudah tahu ya fakta-fakta tersebut. Sekarang kita bahas mitos-mitosnya yuk! Penasaran?

1. Sayap dan Ceker Ayam Boiler

Mitos: Mengkonsumsi ceker ayam bisa mengakibatkan kista coklat atau istilah medisnya disebut dengan endometriosis, karena pada kaki ayam (ceker) dan sayapnya masih tertimbun zat-zat sisa dari suntik hormon yang digunakan oleh para peternak untuk membantu tumbuh kembang ayam.

Fakta: Menurut dosen teknologi pakan dan peternakan Universitas Padjajaran Wiwin Tanwiriah, ayam-ayam yang diternakkan di Indonesia kebanyakan tidak disuntik hormon pertumbuhan, namun diberikan makanan ternak yang berkualitas baik. Makanan ayam ternak di Indonesia adalah bungkil kedelai, bungkil jagung, dan bungkil kelapa. Selain itu, para peternak biasanya memanfaatkan zat-zat herbal ( fitofarmaka) dari jahe, kunyit, dan ekstrak mengkudu yang dicampurkan pada makanan ternak, gunanya untuk menstimulasi pertumbuhan, jadi kamu gak perlu khawatir untuk makan ceker yang di ternakkan di Indonesia, tapi jangan berlebihan yah.

2. Nanas dan Mentimun

Mitos: Selain nanas bisa mengakibatkan keguguran, makan nanas dan ketimun juga bisa membuat produksi lendir berlebih pada vagina sehingga dapat mempengaruhi hubungan seksual.

Fakta: Pendapat di atas mungkin timbul karena ketimun banyak mengandung air. Tetapi faktanya adalah ketimun mengandung banyak magnesium, fosfor dan kalsium. Ketiganya sangat mempengaruhi hormon seks seseorang. Begitu juga dengan nanas, yang juga mengandung magnesium, fosfor dan kalsium. Jadi, keduanya tidak mengganggu hubungan seksual sama sekali. Soal nanas bisa menyebabkan keguguran bisa jadi memang benar, karena nanas mengandung zat bernama bromelain. Zat ini membuat leher rahim menjadi lunak sehingga tidak bisa menampung janin yang semakin lama tumbuh semakin besar. Akibatnya ibu hamil akan mengalami keguguran karena leher rahim lunak. Tapi, risiko ini dapat terjadi kalau nanas dikonsumsi secara berlebihan. Kalau konsumsi sesekali saja, masih aman kok! Psst, nanas juga bisa mengurangi kram perut saat kamu menstruasi karena zat mangan yang terkandung di dalamnya!

3. Kopi

Mitos: Minum kopi membuat perempuan sulit untuk hamil.

Fakta: Hasil penelitan yang dipublikasikan menyatakan bahwa memang benar bahwa kafein yang terkandung dalam kopi bisa mengganggu transportasi telur ovarium ke rahim, tapi ternyata kafein dapat menimbulkan efek positif bagi laki-laki. Kafein dapat membangkitkan kemampuan sperma untuk bergerak kearah telur dan dapat meningkatkan peluang kehamilan.

4. Makanan cepat saji (Junk food)

Mitos: Mengkonsumsi junk food berlebih sebabkan pria menjadi mandul.

Fakta: Hasil penelitian para dokter dari Harvard university Amerika serikat yang melakukan analisis sperma milik seratus laki-laki berusia 18-22 tahun: pria yang hobi makan junk food memiliki kualitas sperma yang buruk dan tidak mampu bertahan hidup lebih lama meskipun secara fisik laki-laki tersebut sehat.

5. Goreng-gorengan

Mitos: Mengkonsumsi gorengan bisa menyebabkan tumor, menganggu tingkat kesuburan dan kanker usus.

Faktanya: Faktor utama pemicu kanker usus adalah karena pola makan yang salah, tapi ternyata fakta membuktikan kalo mengkonsumsi gorengan dan daging merah secara berlebihan bisa memicu kanker usus besar yang disebabkan oleh asam empedu akibat pemakaian minyak berulang yang dapat kamu lihat di penjual gorengan di pinggir jalan. Super seram!

Pada dasarnya, kita boleh mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang kita sukai, tapi ingat kalau segala sesuatu yang berlebihan pasti akan berdampak buruk. So, konsumsi dengan sadar ya! jika sahabat GueTau ingin mengetahui lebih banyak lagi seputar mitos dan fakta tentang bahaya makanan langsung kirim pertanyaan kalian ke info@guetau.com

Oleh Intan Putri

Refrensi:
1. http://duniaarteri.blogspot.co.id/2011/04/mitos-seputar-nanas.html
2. http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/04/fakta-dan-mitos-seputar-ceker
3. https://www.seksualitas.net/junk-food-picu-kemandulan-pada-pria.htm

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Olahraga di Rumah Tanpa Ribet

posted on 20/03/2016

“Pergi ke gym pastinya memerlukan biaya, waktu, dan tenaga yang lebih dibandingkan dengan berolahraga di rumah.” Selalu terlihat sehat d

Buku Bisa Pengaruhi Kepribadianmu, Lho!

posted on 25/04/2015

  “Saat seseorang membaca buku, terutama novel fiksi, tanpa sadar ia akan masuk dalam dunia karakter di cerita tersebut.” Masihkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *