5 Kepribadian yang Lebih Rentan Terhadap Ketergantungan Alkohol & Narkoba

posted on 24/02/2017

Sumber: http://www.shuchenli.com/

“Kenali kepribadianmu agar tidak terjerat ketergantungan narkoba dan alkohol.”

Kenapa beberapa orang dapat berhenti minum alkohol ketika sudah lebih dari dua gelas, sedangkan yang lainnya merasa perlu untuk terus menerus meminum minuman beralkohol? Ya, hal tersebut adalah salah satu gejala dari ketergantungan alkohol.

Ternyata, ada beberapa tipe kepribadian yang lebih rentan ketergantungan beberapa hal, misalnya, alkohol, narkoba, dan pornografi. Kepribadian-kepribadian ini disebut dengan addictive personality. Sebagian besar orang yang ketergantungan terhadap hal-hal tersebut memiliki masalah yang berhubungan dengan stres, konflik, dan tekanan. Kepribadian apa saja yang dimaksud?

Impulsif

Impulsif jika diterjemahkan secara bebas berarti melakukan sesuatu tanpa memikirkan akibat dari apa tindakan. Contoh dari impulsif adalah belanja tanpa menghitung uang keluar atau nongkrong sampai pagi walaupun besok harus bangun sampai pagi. Jika sifat ini dijadikan kebiasaan, seseorang lebih rentan untuk ketergantungan terhadap sesautu.

Pencari Sensasi

Seseorang yang gemar mencari sensasi cenderung lebih sering mencari pengalaman baru, baik itu positif maupun negatif. Keinginan untuk mencari sesuatu yang baru dan menantang akan membuatnya mencari jenis baru dari sebuah kegiatan. Bahaya nih kalau orang ini mencoba narkoba!

Merasa Berbeda

Jika seseorang merasa tidak ingin dianggap sama dengan lingkungannya, ia akan mencari pembeda. Jika ia sudah menemukan pembedanya, ia akan merasa nyaman dan tidak merasakan kalau ketergantungan terhadap pembeda tersebut merusak kehidupan pendidikan, karir, dan sosialnya.

Alienasi Sosial

Ada di antara kita yang akan sangat merasa dialienasi oleh lingkungan sekitarnya. Ia akan mencari sesuatu yang tidak disukai oleh orang-orang di sekitarnya. Jika sudah bertemu dengan narkoba, ia dengan mudah akan terjerat ketergantungan.

Kompulsif

Berdasarkan terjemahan di KBBI Daring, kompulsif berarti bersifat memaksa. Jika seseorang bersifat kompulsif, ia akan cenderung terus menerus melakukan sesuatu walaupun bersifat negatif. Jika sifat-sifat sebelumnya digabungkan dengan sifat ini, maka kecenderungan untuk ketergantungan terhadap sesuatu akan lebih besar.

Nah itu dia 5 Kepribadian yang Lebih Rentan Terhadap Alkohol & Narkoba. Walaupun begitu, tidak berarti semua orang yang memiliki kepribadian tersebut pasti mengalami ketergantungan terhadap alkohol dan narkoba lho. Intinya adalah bahwa semua yang berlebihan pasti tidak baik. Stay away dari alkohol dan narkoba ya, Sahabat GueTau!

Oleh GueTau
Sumber:
http://www.12keysrehab.com/blog/what-means-have-addictive-personality
http://drugabuse.com/does-your-personality-put-you-at-risk-for-addiction/
http://www.narconon.org/blog/drug-addiction/are-certain-personality-types-more-prone-to-drug-use/

related post

Tertarik Coba Sabu? Kenali Dulu Dampaknya Untuk Tubuhmu

posted on 30/03/2017

“Jangan tertipu kebahagiaan sesaat.” Sabu-sabu adalah narkoba jenis metamphethamin yang sifatnya menatimulasi sistem syaraf dan

Narkoba: Si Serigala Berbulu Domba

posted on 09/07/2016

“Penyalahgunaan narkoba dapat mempengaruhi sirkuit “hadiah” pada otak” Sahabat GueTau, Tahukah kamu kalau jumlah pen

Narkoba, Rokok dan Alkohol

posted on 17/10/2012

Teman-teman, pagi-pagi kita ketemu dengan salah teman kita, namanya Raka Ibrahim dia masih single loh haha Namun kita tidak bahas seputar st

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 12 =