Mau Tau Cara Pakai Test Pack?

posted on 14/12/2013

Tes kehamilan dengan urin ataupun darah, sama-sama ditentukan oleh kadar hormon human choriotic gondotropin (hCG) yang ada di dalam darah ataupun urinHormon ini hanya dimiliki oleh perempuan yang sedang hamil karena tubuh mulai menghasilkan hormon ini semenjak embrio menempel di dinding rahim. Nah sampai embrio menempel di dinding rahim diperlukan beberapa hari dan untuk menghasilkan hCG diperlukan beberapa hari lagi. Hal ini berarti tes kehamilan tidak akurat jika digunakan langsung setelah berhubungan seksual, karena mungkin test pack belum mampu mampu mendeteksi hormon hCG sehingga menunjukkan hasil negatif padahal risiko untuk hamil masih ada.

Jadi sebaiknya kamu melakukan tes kehamilan minimal 14 hari setelah melakukan hubungan seksual atau setelah mengetahuii menstruasi kamu terlambat. Jadi penting loh untuk mencatat siklus menstruasimu.

Saat akan membeli test pack kamu mungkin bingung merek mana yang sebaiknya kamu pilih. Karena pasti banyak merek yang dijual dan kamu juga dalam keadaan tergesa-gesa. Berikut yang harus kamu perhatikan saat membeli test pack.

  • Merek test pack tidak selalu menunjukkan hasil tes yang lebih akurat. Kamu tidak perlu khawatir tentang merek test pack karena perbedaannya biasanya hanya pada harga dan kemasan produk.
  • Periksa kemasannya sebelum membeli. Pertama periksa tanggal kadaluarsa, jika sudah lewat maka jangan dibeli. Kedua jika kemasan sudah terbuka atau rusak juga jangan dibeli karena kemungkinan test pack didalamnya juga sudah rusak.
  • Biasanya satu kemasan berisi 1, 2, atau tiga test pack. Nah jika kamu mau memastikan keakuratan hasil tes, sebaiknya beli yang satu kemasan berisi duaAtau beli dua kemasan yang berisi satu.
  • Baca petunjuk pemakaian. Test pack biasanya terdiri atas dua macam, pertama kamu membasahi batang test pack langsung dengan urinmu, kedua menaruh urinmu pada tempat yang sudah disediakan. Pada kemasan juga ada petunjuk membaca hasil tes, ada yang menunjukkan tanda tambah atau kurang, satu atau dua baris, atau ada yang berupa kata-kata.

 

Ditulis oleh Fita Rizki Utami

 

Referensi:

1. http://www.scarleteen.com/article/reproduction/peeing_on_a_stick_all_about_pregnancy_tests

related post

Kata Netizen Ini, Perempuan Bisa Hamil Kalau Satu Kolam Renang dengan Laki-Laki

posted on 16/04/2017

“Tidak semua informasi di dunia maya perlu kita percaya.” Seorang netizen pengguna facebook mengunggah sebuah komentar yang menu

KTD: Siapa yang Dirugikan?

posted on 10/12/2015

Sumber “11% kasus kehamilan pada remaja di seluruh dunia terjadi pada gadis berusia 15 hingga 19 tahun dan 95% kasus kehamilan pada remaja

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + two =