Kamar: Tempat Berkreasi (harus) Bebas Alergi!

posted on 02/01/2013

Remaja Indonesia, beneran nggak lucu banget deh kalau di pembukaan tahun baru 2013 ini, kamu malah terserang alergi gara-gara selama liburan, kamu nggak rajin bersihin kamar tidurmu sendiri.

Selain menyiksa, alergi jelas bikin kreativitasmu terhambat. Nggak bisa berkreasi di kamar sendiri? Aduh, jangan sampai ini menimpa kamu ya!

Dibawah ini, ada beberapa tips yang dikumpulin GueTau.com untuk menjaga kebersihan kamar kamu dan menjaganya agar tetap jadi tempat istirahat dan berkreasi Remaja Indonesia yang bebas alergi.

Diantaranya:

1. Waspadai Alergen Umum

Bulu hewan, tungau, jamur, debu, kecoa, hingga serbuk bunga bisa jadi alergen umum yang sangat potensial yang menyerang kamar kamu. Mungkin, diantara para alergen tersebut menghuni dan bertebaran di sekitar kamarmu, sehingga terkontak atau terhirup denganmu. Agar alergi tidak datang berulang, kamu bisa cegah dengan melakukan hal praktis seperti menyusun kembali furnitur atau barang-barang yang ada di rumah. Tentunya, sekalian bersih-bersih secara teliti ya!

2. Lihat Tirai

Blind dari bahan plastik atau solid wood adalah bahan untuk tirai kamar yang paling ideal. Kenapa? Karena bahan tersebut mudah dibersihkan, yaitu cukup dengan di lap basah. Tirai harus rajin dibersihkan, karena merupakan benda penyimpan debu yang terbilang sering lupa dicuci.

3. Singkirkan Kecoa dan Tungau

American Academy of Allergy Asthma and Immunology (AAAAI), merekomendasikan membuang sampah setiap hari, melapisi bantal kasur dengan bahan anti alergi dan mencuci seprai berikut sarung bantal-guling selimut dan bed cover dengan air panas seminggu sekali agar terbebas dari populasi kecoa dan dust mite alias tungau.

4. Hewan Peliharaan

AAAAI juga menyerukan agar hewan peliharaan tidak masuk ke dalam rumah apalagi kamar pribadi. Karena walau bagaimanapun, bulu dan urine beberapa hewan peliharaan itu mengandung unsur alergen yang cukup besar. Namun, bila tetap ingin membiarkan hewan peliharaanmu bermain di dalam rumah/kamar, kamu direkomendasikan untuk menggunakan penjernih udara yang dilengkapi dengan filter High Efficiency Particulate Air Filter (HEPA) dibarengi dengan pembersihan rumah dan kamar secara rutin.

5. Area Lembab

Kamar Mandi, Kusen Jendela, dan bawah tempat cuci piring merupakan area-area lembab yang harus rajin dibersihkan dengan pembersi yang mengandung desinfektan dan akti bakteri ampuh yang dapat melenyapkan jamur. Jangan lupa, gantilah filter AC kamu sesuai petunjuk.

6. Wadah Penyimpan

Mainan, krayon, dan barang-barang koleksi lain harus diberikan wadah secara khusus agar tidak mudah terpapar debu ya. Jangan lupa dicek dan dibersihkan secara berkala!

Nah, kalau sudah dibahas satu demi satu begini, membersihkan kamar untuk mencegahnya menjadi saran alergi menjadi tidak terlalu sulit bukan? Selamat bersih-bersih kamar!

___

Ditulis oleh Ninies, dari berbagai sumber. 

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 11 =