Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Infeksi Menular Seksual

posted on 27/05/2017

Bagi perempuan dan laki-laki yang sudah aktif secara seksual, ada beberapa risiko yang perlu diwaspadai. Penyakit ini dapat ditularkan lewat hubungan seksual berisiko, misalnya berhubungan seksual tanpa pengaman atau berganti pasangan seksual.

Salah satu risiko yang mungkin muncul berkaitan dengan kesehatan. Ada 50 Infeksi Menular Seksual (IMS) yang ada dan biasanya penyakit ini menimbulkan keluhan di bagian vagina atau bagian tubuh lain akibat menyebarnya infeksi, mengganggu kesuburan serta menyebabkan kematian pada seseorang. Walaupun banyak infeksi sudah diketahui metode pengobatannya, kita tetap perlu waspada dan perlu juga untuk tahu infeksi apa saja yang mungkin menjadi risiko tersbesar seseorang ketika berperilaku seks berisiko.

Beberapa penyakit menular seksual yang perlu diketahui antara lain:

  • Clamydia

Tipe bakteri ini adalah ancaman besar bagi perempuan karena dapat memicu kemandulan. Seringnya orang yang terinfeksi tidak menyadari infeksi yang dialami karena tidak ada gejala apapun. Namun, bisa juga timbul gejala seperti nyeri pada rongga panggul serta keluarnya cairan putih kekuningan yang encer dari vagina.

  • Gonore (GO)

Penyakit ini dipicu infeksi bakteri Neisseria Gonorrheae. Gejala yang tampak adalah keluarnya cairan putih kekuningan yang kental dari organ reproduksi disertai rasa nyeri dan terbakar, nyeri pada rongga panggul, bahkan bisa juga tanpa disertai dengan gejala. Gejala lainnya adalah air seni yang keluar bercampur dengan nanah,

  • Sifilis (Raja Singa)

Disebabkan oleh infeksi kuman Treponema pallidum. Gejala yang tampak adalah pembengkakan atau luka pada daereah vulva (bagian luar vagina) tanpa disertai rasa nyeri tapi timbul kemerahan.

  • Human Papilloma Virus (HPV)

HPV ditandai dengan munculnya satu atau beberapa kutil di alat kelamin.

  • Herpes genitalis

Penyakit ini ditandai dengan gejala pada daerah sekitar kelamin yang terasa nyeri, lalu muncul bintil-bintil berkelompok (seperti anggur) yang berisi air dan disertai dengan rasa nyeri. Kemudian, bintil-bintil tersebut akan pecah dan meninggalkan luka yang akan kering dan berbekas. Gatal-gatal dan rasa terbakar juga mungkin terjadi pada banyak kasus.

  • Human Immunodefficiency Virus (HIV)

HIV adalah virus yang menyerang sistem imun. Infeksi ini memiliki risiko berkembang menjadi penyakit Acquired Immune-Defficiency Syndrome (AIDS) yang menurunkan sistem inum tubuh dan tidak bisa melawan infeksi atau penyakit yang datang.

Nah, semakin cepat tahu, semakin cepat pula penanganannya bisa diberikan oleh tenaga medis yang kamu percaya. Tapi, bagaimana ya infeksi di atas bisa menyebar? Tidak ada pola penyebaran pasti terkair infeksi-infeksi di atas, namun ada beberapa kecenderungan, misalnya jika berganti pasangan, atau eksplorasi seksual yang berisiko atau tanpa pengaman. Ada beberapa infeksi yang bisa terjadi karena oral seks (merangsang penis/vagina pasangan dengan mulut) atau anal seks (hubungan seksual melalui lubang lubang dubur.

Jika kamu sudah aktif secara seksual dan merasakan gejala-gejala tertentu, jangan pernag takut untuk konsultasi kepada dokter. Semakin cepat kamu konsultasi, semakin cepat penanganan yang tepat dapat diberikan. Tanya ke info@guetau.com untuk layanan konsultasi di sekitarmu.  Semoga artikel ini membantu ya!

Oleh Dewi Maharani

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Harapan Baru Penyembuhan HIV

posted on 04/10/2016

“Harapan akan terus ada. Teruslah bersemangat dan percaya.” Sebuah penemuan metode baru penyembuhan pasien dengan HIV mendekati

Hidup dengan HIV

posted on 26/05/2016

“Kamu berhak memilih untuk terbuka atau tidak terbuka” Menyadari bahwa ada makhluk lain bernama HIV di dalam tubuh bukan sesuatu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + nine =