Rayakan Hari AIDS Sedunia: Sebarkan Informasi yang Benar Mengenai HIV dan AIDS

posted on 04/12/2013

Sahabat GueTau, apa kabarnya nih? Wah gak terasa kita sudah memasuki bulan Desember yah. Ada banyak hari besar Internasional yang diperingati di bulan ini, salah satunya adalah Hari AIDS Sedunia yang jatuh tanggal 1 Desember setiap tahunnya.

Virus HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang dapat ditularkan kepada siapa saja  yang memiliki perilaku berisiko. Menyadari hal ini, maka semua negara di dunia menyepakati untuk memerangi, menanggulangi dan mencegah penyebaran virus HIV sebagaimana yang dituangkan dalam kesepakatan Millenium Development Goal’s (MDG’s) tepatnya pada target nomor tujuh yang berbunyi mengendalikan penyebaran HIV dan AIDS dan mulai menurunnya jumlah kasus baru pada tahun 2015.

Untuk menekan penyebaran virus ini diperlukan kerjasama semua pihak termasuk Sahabat GueTau. Nah, apa sih yang bisa kita lakukan untuk merayakan Hari AIDS Sedunia untuk menanggulangi epidemi HIV? Kita mulai dari diri sendiri lalu kita luaskan kepada orang banyak. Bagaimana caranya? Yuk kita cari tahu

Dimulai dari diri sendiri. Yuk berperilaku hidup sehat!

1. Abstinence (menahan nafsu). Bagi Sahabat GueTau merasa belum siap melakukan hubungan seksual, maka sebaiknya tundalah hubungan seksual hingga saat yang tepat.

 

 

 

2. Be Faithful (setia). Jika kamu memiliki pasangan dan sudah melakukan hubungan seksual dengan pasangan kamu maka kamu dan dia harus berkomitmen untuk saling setia (hanya berhubungan seksual dengan pasanganmu) untuk mengurangi risiko penularan virus HIV.  

 

3. Condom (gunakan kondom). Gunakanlah kondom setiap berhubungan seksual untuk mengurangi risiko Infeksi Menular Seksual, termasuk HIV&AIDS maupun risiko kehamilan. 

 

 

 

 

4. Don’t Use Drug (jangan gunakan Napza). Terlebih penggunaan alat suntik yang digunakan secara bergantian yang meningkatkan risiko penularan HIV.

 

 

 

5. Education (edukasi). Carilah informasi yang benar mengenai HIV dan AIDS dan sebarkan informasi yang kamu dapatkan ke orang disekitar kamu. Nah bagaimana caranya untuk mendapatkan informasi yang benar? Jawabannya ada di bawah ini.

 

 

Bergabung dengan organisasi atau LSM yang memuat program mengenai penanggulangan HIV dan AIDS.

Bergabung dalam organisasi atau komunitas dapat membantu kita mendapatkan informasi yang tidak bisa kita dapatkan di lingkungan belajar formal, apalagi informasi mengenai HIV dan AIDS. Berikut Guetau hadirkan referensi organisasi yang bisa kamu ikuti di kota tempat kamu tinggal.

1. Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) saat ini menyelenggarakan program pencegahan HIV dan AIDS yang mencakup pembangunan pusat-pusat kegiatan remaja (youth centers), untuk tempat para remaja berkumpul, berinteraksi dan berpartisipasi dalam pendidikan kelompok sebaya dan pelatihan ketrampilan. Saat ini, PKBI terdapat di 27 provinsi di Indonesia. Nah jadi coba cari tau alamat PKBI di daerahmu ya.

 

2. Peer Educator (PE) atau pendidik remaja sebaya yang dibentuk oleh PMI (Palang Merah Indonesia) ada disetiap kota yang terdapat PMI. Kegiatannya mencakup pemberian informasi mengenai kesehatan reproduksi bagi remaja termasuk di dalamnya upaya penanggulangan HIV dan AIDS oleh remaja.
3. ARI (Aliansi Remaja Independen) merupakan sebuah organisasi yang independen untuk menyuarakan hak-hak remaja khususnya di isu hak seksual dan kesehatan reproduksi, pendidikan dan ketenagakerjaan. Kamu dapat mengunjungi website resmi ARI http://aliansiremajaindependen.org/ untuk mendapatkan informasi mengenai Pendidikan Seksualitas Komprehensif dan bergabung dalam kampanye yang dilakukan.

4. Komisi Penanggulangan AIDS (KPA). Cari tahu alamat KPA yang ada di provinsi, kabupaten atau kota tempat kamu tinggal dan carilah informasi yang benar mengenai HIV dan AIDS dan terlibat dalam setiap agenda atau kegiatan yang dilakukan oleh KPA.

 

Nah Sahabat GueTau, informasi ini jangan berhenti di kamu ya, jangan lupa sebarkan kepada orang terdekat kamu agar semakin banyak orang tahu maka semakin mungkin penyebaran virus ini bisa kita tekan. Sekian pembahasan kita kali ini jika ada saran atau kritik silahkan kirim ke info@guetau.com.

 

Ditulis oleh Maria Yuno

Referensi:

  1. http://www.weforum.org/pdf/Initiatives/ mari bergabung menanggulangi HIV/AIDS di Indonesia
  2. http://aliansiremajaindependen.org/profil-organisasi/tentang-ari

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + sixteen =