FAQ IMS dan HIV

posted on 07/11/2012

Apakah IMS itu?

IMS (Infeksi menular seksual) adalah infeksi  yang sebagian besar  menular melalui hubungan seksual,baik itu  melalu hubungan sek Vaginal(melalui Vagina,oral (melalui mulut) atau Anal (melalui anus). Selain itu, ada juga IMS yang di tularkan tanpa terjadinya penetrasi( masuknya penis ke ke oral,vaginal.anal), bahkan bisa menular melalui darah.

 

Apakah ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan jika terkena IMS ?

Jika seorang perempuan terkena IMS, perempuan tersebut akan lebih tidak menunjukkan gejala jika dibandingkan dengan laki-laki. Diperkirakan sekitar 80-85% perempuan dengan IMS tidak akan menunjukkan gejala apapun. Gejala keputihan yang sering muncul pada perempuan merupakan hal biasa yang juga dipengaruhi oleh faktor lain (hormon dan lingkungan). Sehingga perempuan cenderung tidak akan mengobati infeksinya karena tidak ada gejala. Hal ini disebabkan karena alat reproduksi perempuan yang cukup luas jika dibandingkan dengan laki-laki. Pada pria alat reproduksi bermuara menjadi satu dengan alat berkemih. Sehingga ketika ada keluha dengan organ seksual otomatis akan menimbulkan keluhan jika berkemih.

Apa hubungan antara HIV dan IMS ?

IMS akan meningkatkan resiko seseorang terkena HIV dari hubungan seksual menjadi 2-10 kali lipatnya. Jika seseorang terkena IMS, maka pada kulit/mukosa permukaan organ reproduksi/seksual nya akan terdapat infeksi. Dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan inflamasi atau proses peradangan. Jika terjadi peradangan maka akan banyak sekali sel darah putih yang berkumpul di permukaan. Sel darah putih sendiri sangat disukai oleh virus HIV. HIV akan segera berlekatan dengan sel-sel darah putih, sehingga proses masuknya virus HIV dalam tubuh manusia dipercepat. Itulah mengapa salah satu cara untuk memutuskan penyebaran HIV adalah dengan memutuskan mata rantai penyebaran IMS.

Apakah IMS bisa disembuhkan?

Sebagian besar IMS bisa disembuhkan, namun ada beberapa IMS yan tidak bisa disembuhkan dan menimbulkan gejala berulang. IMS yang tidak bisa disembuhkan bisasanya disebabkan oleh virus, seperti – Herpes Kelamin (Herpes Simpleks) dan – Kutil Kelamin (Human Papiloma Virus). Sedangkan IMS yang bisa disembuhkan antara lain : – Gonoroe (kencing nanah) – Klamidiasis – Sifilis (Raja Singa).

 

Ditulis oleh Deny

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − twelve =