Bantah Mitos HIV dengan ESSE

posted on 01/12/2014

mythsline

Kamu adalah remaja yang peduli sesama? GueTau.com yakin Sahabat GueTau adalah remaja keren yang sangat peduli terhadap orang di sekitarnya. Lalu, apa yang akan Sahabat GueTau lakukan dalam merayakan hari AIDS sedunia tanggal 1 Desember nanti? Tentunya akan sangat bagus jikaSahabat GueTau memiliki perencanaan tersendiri tentang hal tersebut. Dalam rangka hari AIDS sedunia, kita semua harus lebih meningkatkan kesadaran kepada diri sendiri dan juga sesama tentang bahaya AIDS.

Apa itu HIV&AIDS?

Sedikit flashback saja nih untuk Sahabat GueTau mengingat kembali tentang HIV&AIDS. Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain). Virusnya bernama Human Immunodeficiency Virus (HIV), yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik dan mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun infeksi ini belum benar-benar dapat disembuhkan.

 

Cegah Infeksinya dan Rangkul ODHA

Nah, soal definisi dari HIV&AIDS, GueTau yakin Sahabat GueTau sudah benar-benar paham tentang hal tersebut. Hampir seluruh masyarakat juga mengerti akan bahaya dari AIDS. Namun tidak semua orang paham akan hal yang satu ini.

Orang dengan HIV&AIDS (ODHA) bukanlah orang yang harus dijauhi. ODHA memiliki hak untuk hidup dan bersosialisasi dengan orang di sekitarnya. Telah banyak aksi atau kampanye yang dilakukan berbagai kalangan masyarakat dalam memperjuangkan hak-hak ODHA namun semua aksi itu tidak akan dapat terwujud jika masing-masing masyarakat tidak memperjuangkan hak ODHA dari dalam diri mereka sendiri.

Jika dilihat dari beberapa tahun terakhir, perjuangan hak-hak ODHA mulai menimbulkan hasil. Dapat dilihat bahwa masyarakat mulai menerima kehadiran ODHA. Namun beberapa mitos tentang penularan HIV&AIDS masih ada dalam pikiran masyarakat. Hal inilah yang harus dihilangkan.

Penularan HIV&AIDS

Nah, kali ini GueTau akan memberikan informasi kepada Sahabat GueTau tentang penularan HIV&AIDS. Apakah Sahabat GueTau sudah mendengar istilah ESSE? ESSE adalah singkatan dari Exit, Survive, Sufficient dan Enter. Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan: Jalan keluar virus, virus yang hidup, kandungan virus yang cukup untuk menginkubasi, serta adanya jalur masuk virus ke tubuh seseorang. HIV hanya bisa menular jika empat prinsip ini dipenuhi semua dan tidak bisa menular jika hanya salah satu atau sebagian prinsip terpenuhi. Berikut penjelasan tentang ESSE:

  1. Exit maksudnya adalah ada jalan keluar bagi cairan tubuh yang mengandung HIV yang ada dalam tubuh seseorang keluar tubuh. Seperti yang Sahabat GueTau ketahui, virus HIV dapat berada dalam darah. Artinya virus HIV dapat menular jika ada cairan darah yang keluar dan masuk ke tubuh orang lain. Dapat juga melalui cairan ketika berhubungan seksual.
  2. Survive berarti adalah cairan tubuh yang keluar ini harus mengandung virus yang tetap bertahan hidup. HIV bila berada di luar tubuh inangnya (manusia) dia tidak akan bertahan hidup lama. Jadi, penularan HIV tidak akan semudah mitos dalam kalangan masyarakat. Bahkan jika ada cairan yang mengandung HIV keluar dari tubuh seorang ODHA, virus tersebut tidak akan bertahan lama.
  3. Sufficient maksudnya adalah kandungan HIV dalam cairan tubuh yang keluar dari orang yang terinfeksi HIV harus ada dalam kandungan yang cukup. Jika jumlahnya sedikit, HIV tidak akan bisa menginkubasi tubuh manusia lainnya. Ini mengapa cairan keringat dan saliva (ludah) tidak bisa menularkan HIV.
  4. Enter adalah adanya jalur masuk di tubuh manusia yang memungkinkan kontak dengan cairan tubuh yang mengandung HIV. Ini mengapa penggunaan kondom penting, sebab akan meminimalisir terjadinya perlukaan ketika terjadi kontak hubungan seksual.

Nah demikianlah cara cara penularan HIV. Tidak seperti mitos yang dikabarkan bukan? Jadi, mari kita bersama-sama memperjuangkan hak ODHA, karena merekapun memiliki hak untuk mencintai dan dicintai serta hak untuk bersosialisasi di sekitarnya. Dukung mereka agar tetap semangat di dalam menjalani hidupnya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Sahabat GueTau. Jika Sahabat GueTau memiliki pertanyaan seputar HIV&AIDS dan cara penularannya, jangan sungkan untuk menghubungi kami di info@guetau.com.

 

Ditulis oleh Sandy Anugerah

 

Referensi:

  1. http://www.odhaberhaksehat.org

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Harapan Baru Penyembuhan HIV

posted on 04/10/2016

“Harapan akan terus ada. Teruslah bersemangat dan percaya.” Sebuah penemuan metode baru penyembuhan pasien dengan HIV mendekati

Hidup dengan HIV

posted on 26/05/2016

“Kamu berhak memilih untuk terbuka atau tidak terbuka” Menyadari bahwa ada makhluk lain bernama HIV di dalam tubuh bukan sesuatu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *