Ayo, Ketahui Status HIV-mu dengan VCT!

posted on 01/12/2014

diangetstested

 

“Manfaat dari melakukan VCT ini adalah memudahkanmu dalam melakukan pencegahan dini terhadap hasil dari status HIV.”

 

Saat Sahabat GueTau sakit, tempat layanan kesehatan seperti Puskesmas, rumah sakit, atau klinik tentu merupakan pilihan prioritas kamu untuk berobat. Nah, di tempat layanan kesehatan tersebut kamu juga bisa melakukan VCT (voluntary counseling test) untuk mengetahui secara pasti status kesehatanmu, terutama  mengenai risiko HIV&AIDS. Manfaat dari melakukan VCT ini adalah memudahkanmu dalam melakukan pencegahan dini terhadap hasil dari status HIV.  Hal ini tentu berkaitan dengan kesadaran untuk menjaga diri sendiri, pasangan, dan (calon) anak-anak. Jadi melakukan VCT bagi Sahabat GueTau bukan hanya urusan remaja yang melakukan perilaku berisiko saja, lho.

 

Prinsip VCT

Prinsip dari VCT ini adalah dilakukan secara sukarela dan menjaga penuh kerahasiaan. Sukarela di sini berarti bahwa seseorang yang melakukan VCT harus berdasarkan keinginannya sendiri, bukan atas paksaan maupun tekanan dari orang lain. Seseorang yang setuju melakukan VCT juga harus sudah mengetahui apa keuntungan dan kerugian dari testing, serta apa saja implikasi dari hasil positif atau pun negatif. Sementara itu, rahasia berarti proses konseling, testing, dan hasil tes hanya diberikan langsung pada yang bersangkutan tanpa boleh diwakilkan dan tidak boleh disebarluaskan.

Alur VCT

Mengingat begitu pentingnya memperhatikan Hak Asasi Manusia di dalam masalah tes HIV ini, maka disediakan jasa konseling bagi seseorang yang menjalani VCT. Konseling dalam VCT bermanfaat untuk membantu orang mengetahui statusnya lebih dini, menekankan kepada aspek perilaku, peningkatan kemampuan menghadapi stres, ketrampilan pemecahan masalah. Selain itu, konseling HIV juga menekankan pada permasalahan HIV terkait seperti bagaimana hidup dengan HIV, pencegahan HIV ke pasangan, dan isu-isu HIV yang berkelanjutan.

Konseling pra-tes dilakukan untuk memberikan pengetahuan tentang HIV dan manfaat tes, pengambilan keputusan untuk tes, dan perencanaan atas HIV yang akan dihadapi. Sedangkan, tahapan konseling pra-tes yaitu alasan tes, pengetahuan tentang HIV serta manfaat tes, meluruskan kesalahpahaman tentang HIV-AIDS, penilaian pribadi risiko penularan HIV, informasi tentang tes HIV, diskusi tentang kemungkinan hasil yang keluar, serta pemberian kapasitas menghadapi hasil atau dampak hasil.

Dengan prinsip dan rangkaian alur VCT di atas, maka untuk mengikutinya Sahabat GueTau perlu memperhatikan penerimaan, kenyamanan, ketersediaan waktu, dan memilih tempat layanan VCT yang mudah kamu dijangkau. Nah, tunggu apalagi bagi Sahabat GueTau untuk mengetahui status HIV tanpa rasa malu. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai remaja dan VCT, Sahabat GueTau bisa mengirimkan email ke info@Guetau.com.

 

Ditulis oleh Eunike Ally Sushmita

 

Referensi:

  1. http://www.temanteman.org/indo/
  2. http://kpa-provsu.org/vct.php
  3. http://www.slideshare.net/irenesusilo18/juknis-hiv-panduan-vct
  4. http://www.ypi.or.id/informasi/berita/8-tes-hiv-dan-vct.html

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Harapan Baru Penyembuhan HIV

posted on 04/10/2016

“Harapan akan terus ada. Teruslah bersemangat dan percaya.” Sebuah penemuan metode baru penyembuhan pasien dengan HIV mendekati

Hidup dengan HIV

posted on 26/05/2016

“Kamu berhak memilih untuk terbuka atau tidak terbuka” Menyadari bahwa ada makhluk lain bernama HIV di dalam tubuh bukan sesuatu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *