Yuk, Ngobrolin Pubertas sama Adik atau Kakak!

posted on 01/06/2014

Untitled

 

Memperingati Hari Keluarga Internasional yang jatuh pada tanggal 15 Mei, GueTau ingin mengajak kamu untuk makinterbuka kepada keluarga, terutama kakak dan adik. Pada banyak keluarga, dekat dengan satu sama lain belum tentu bisa membuat Sahabat GueTau bisa bebas membicarakan banyak hal, apalagi mengenai apa itu organ seksual, pubertas, atau bahkan berkenalan tentang orientasi seksual yang beragam.

Masih belum banyak yang bisa terbuka kepadasaudaranya sendiri mengenai seksualitas, lho.Mereka cenderung malu untuk bertanya, padahal bertanya hal-hal tentang seksualitas dan pubertas adalah wajar dan baik.Apakah Sahabat GueTau sendiri pernah mengalaminya?

Sebetulnya,keluargaadalah orang terdekat yang bisa kamu mintai informasi secara terbuka dengan gaya mengobrol yang santai dan bebas mengenai seksualitas.Jadikan keluarga sebagai sumber informasi pertama mengenai topik apapun, termasuk seksualitas.

Sahabat GueTau pasti tahu tentang pubertas, kan?Pubertas adalah masa ketika seorang anak mulai mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Biasanya dialami pada remaja pada umur 8 – 16 tahun. Ciri-ciri pubertas yang paling umum adalah pada perempuan mengalami menstruasi, sedangkan pada laki-laki mengalami mimpi basah. Nah, di sinilah peran keluarga. Terbukalah pada keluarga jika Sahabat GueTau mengalaminya. Tidak perlu malu untuk membicarakan hal ini kepada saudara sendiri.Saudara dan orang tua sahabat GueTau akan bersedia memberikan banyak informasi yang bermanfaat mengenai pubertas.

Sedangkanuntuk bertanya mengenai orientasi seksual, Sahabat GueTau harus berhati-hati ketika bertanya, karena tidak semua orang di sekitar Sahabat GueTau paham apa itu orientasi seksual.

Orientasi seksual adalah ketertarikan emosional, romantis, seksual baik terhadap lawan jenis atau sesama jenis kelamin dan/ataupun gender, atau ada pulayang tidak tertarik pada keduanya.Orientasi seksual timbul secara alamiah dan tidak dipilih oleh individunya sendiri. Orientasi seksual yang umum diketahui adalah heteroseksual, homoseksual, aseksual dan biseksual. Orientasi seksual selain heteroseksual bukanlah penyimpangan ya, Sahabat GueTau.

Demikian informasi yang GueTau sampaikan. Semoga informasi yang disampaikan memberi manfaat dan dapat menjadikan komunikasi Sahabat GueTau dengan keluarga semakin baik. Apabila ada pertanyaan silahkan hubungi melaluie-mail ke info@GueTau.com.

 

Selamat Hari Keluarga!

 

Ditulis oleh Apoh 

 

Referensi:

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Alat_kelamin
  2. http://5il4o8.wordpress.com/2009/01/23/reproduksi-seksual-aseksual/
  3. http://cara-ngatasi.blogspot.com/2013/09/pengertian-pubertas-dan-masa-pubertas-laki-laki-dan-perempuan.html
  4. http://id.wikipedia.org/wiki/Orientasi_seksual

related post

Indahnya Melihat Gender sebagai Pelangi

posted on 17/11/2015

Sumber “Seperti warna-warna pada pelangi, gender terbentang pada suatu spektrum, bukan hanya dua kategori biner lelaki-perempuan. “ Halo

Bagaimana Proses Terjadinya Pubertas?

posted on 03/11/2015

“Bagi remaja perempuan, pubertas ditandai dengan menstruasi, sedangkan bagi remaja laki-laki ditandai dengan mimpi basah. Di luar itu,

5 Manfaat Masturbasi

posted on 27/05/2015

“Pengenalan akan anatomi tubuh ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun body image yang positif.” Mastrubasi kerap diangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + seventeen =