Yuk Mengenal Interseks!

posted on 19/12/2014

interseks-2

 

“Orang yang terlahir dengan kelamin ganda kerap membuat orang Indonesia mengenyitkan dahi karena tidak tahu kondisi tersebut.”

 

Banyak anak muda yang tidak tahu apa itu interseks, dan mungkin Sahabat GueTau termasuk di antaranya. Tenang saja, ketidaktahuan tersebut dapat diaklumi karena istilah interseks tidak sering dibicarakan. Setidaknya, tidak sesering istilah lain seperti lesbian dan gay. Jika kamu termasuk orang yang tidak tahu apa itu interseks, kamu datang ke sumber yang tepat! Yuk, mari disimak pengertian dasar tentang interseks.

 

Apa sih interseks?

Interseks adalah konstruksi sosial berdasarkan keadaan biologis seseorang. Fenomena interseks bukan penghakiman dari masyarakat tentang ekspresi seksual seseorang, namun ada keadaan biologis tertentu yang membuat seseorang masuk ke dalam kategori interseks. Kondisi biologis ini dapat terlihat di organ reproduksi, hormon, kromosom, dan rambut di tubuh. Contoh sederhana dari kasus interseks misalnya perempuan yang lahir dengan vagina tertutup. Contoh lain adalah laki-laki yang lahir dengan kondisi skrotum terbelah yang terlihat seperti mulut vagina.

Sebuah sumber mengambil spektrum warna sebagai perumpamaan dalam menjelaskan interseks. Jika ada hitam dan putih sebagai warna tunggal, selalu ada abu-abu di tengahnya. Nah, abu-abu ini adalah tempat di mana interseks berada. Menurut Intersex Society of North America, kasus interseks ini rasionya1:100. Maksudnya, dari seratus bayi yang lahir, peluang terjadinya interseks ada 1.

Kondisi biologis pada orang-orang yang mengalami kasus interseks tak selalu ditemukan saat mereka baru dilahirkan, ada juga yang baru tersadar saat masuk ke dalam masa pubertas. Pada masa ini, seseorang akan merasa ada yang tidak biasa pada tubuhnya. Pada masa ini pula, mereka bisa mengubah atau memperbaiki kondisi biologis yang sudah ada. Poin ini yang membedakan interseks dengan transgender/transseksual, dimana transgender/transseksual jarang yang memiliki latar belakang biologis layaknya interseks. Wah, Sahabat GueTau semakin paham juga tentang transgender/transseksual nih!

 

Apakah interseks harus diubah?

Proses pengubahan alat kelamin pada orang yang lahir dengan kondisi interseks masih menjadi perdebatan. Sama halnya seperti aborsi, pengubahan alat kelamin ini bermuara pada kata ‘ya’ atau ‘tidak’. Ilmuwan dan orang tua yang setuju dengan pengubahan alat kelamin ini beralasan bahwa prosedur ini dilakukan agar anak mereka terlihat normal seperti anak-anak lainnya.

Pendapat lain yang tidak setuju beralasan bahwa konstruksi sosial normal dan tidak normal justru menimbulkan ketidakadilan bagi seorang anak yang tidak tahu apa-apa. Bukan tanpa alasan, tindakan medis yang dilakukan pada seorang anak akan menimbulkan perasaan aneh bahwa mereka tidak lebih dari sekadar eksperimen sains. Pada beberapa kasus, tindakan yang dilakukan bahkan dapat berakibat fatal bagi seseorang, termasuk kanker payudara.

 

Indonesia dan Australia: Perbedaan Mendasar

Di Indonesia, interseks bukan tidak pernah ada, namun pemberitaan media dan kurangnya akses informasi akan fenomena ini tidak terlalu banyak. Orang yang terlahir dengan kelamin ganda kerap membuat orang Indonesia mengenyitkan dahi karena tidak tahu kondisi tersebut. Web Suara Kita pernah memuat cerita tentang Santi, seorang interseks di Kabupaten Tegal, yang mendapat diskriminasi dari masyarakat sekitar tempat tinggalnya. Masyarakat tidak tahu bahwa Santi pun tidak memilih untuk terlahir sebagai seorang berkelamin ganda. Sedih sekali, ya.

intersex-flag

Sejauh ini, pemerintah Indonesia memang tidak terlalu progresif membahas dan memasukkan isu interseks dalam agenda kebijakan. Berbeda dengan pemerintah Australia yang dengan terbuka menghapuskan kebijakan diskriminatif terhadap interseks. Sekarang ini, interseks di Australia dapat dengan bebas mengakses fasilitas kesehatan bahkan mengikuti turnamen olahraga tanpa kebingungan memilih laki-laki atau perempuan sebagai identitasnya. Dan yang lebih keren lagi, mereka punya simbol baru untuk para interseks, supaya tidak lagi menjadi ‘abu-abu’ di tengah laki-laki dan perempuan. Salut!

 

Ditulis oleh Justian Edwin Darmawan

 

Referensi:

  1. http://www.isna.org/faq/what_is_intersex
  2. http://www.theatlantic.com/health/archive/2014/07/should-we-fix-intersex-children/373536/
  3. http://act.mtv.com/posts/faking-it-intersex-letter/
  4. http://www.sgn.org/sgnnews38_21/mobile/page14.cfm
  5. http://www.suarakita.org/2011/12/kelamin-dan-hak-atas-tubuh/
  6. http://www.amnesty.org.au/features/comments/32251/

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

5 Manfaat Masturbasi

posted on 27/05/2015

“Pengenalan akan anatomi tubuh ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun body image yang positif.” Mastrubasi kerap diangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − 1 =