Mengenal Keberagaman Identitas Seksual

posted on 28/03/2014

 “ Apakah hanya ada hubungan heteroseksual (berbeda jenis kelamin/gender) atau homoseksual (sesama jenis/gender) saja?”

Beberapa dari antara Sahabat GueTau pastinya sudah sering mendengar istilah LGBTQI. Nah, sudah tahukah apa kepanjangan dari LGBTQI sendiri? LGBTQI adalah singkatan dari: Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender, Queer atau Interseks. Istilah ini mewakili keberagaman identitas seksual dan identitas gender seseorang  yang ada. Sebelumnya, kita perlu memahami bahwa identitas seksual adalah tentang bagaimana seseorang mengidentifikasikan dirinya sehubungan dengan orientasi/perilaku seksualnya. Sedangkan identitas gender adalah bagaimana seseorang mengidentifikasikan dirinya, sebagai laki-laki, perempuan, ataupun transgender.

Berikut ini kita mengenal dan memahami lebih dalam dengan masing-masing identitas seksual dan identitas gender tersebut:

  • Lesbian adalah istilah bagi seseorang yang mengidentifikasi dirinya sebagai perempuan yang memiliki pilihan orientasi seksualnya kepada sesama perempuan. Singkat kata, perempuan lesbian adalah perempuan yang mencintai perempuan baik secara fisik, seksual, emosional atau secara spiritual.

lgbt3

 

  • Gay adalah istilah untuk seseorang yang mengidentifikasi dirinya sebagai laki-laki yang memiliki kecenderungan ketertarikan kepada sesama laki-laki, baik secara fisik, seksual, emosional maupun spiritual. Masyarakat sering menyebut dengan istilah ‘homo’, yang merupakan singkatan dari homoseksual. Padahal, sebetulnya istilah homoseksual merupakan orientasi seksual, yakni seseorang yang tertarik pada orang dari sesama jenis kelamin maupun gender. Oleh karena itu, seharusnya istilah homoseksual tidak hanya mengacu pada hubungan sesama laki-laki saja.

lgbt2

 

(Rio Dewanto dan Surya Saputra memerankan pasangan gay di film Arisan)

  • Biseksual merupakan orientasi seksual yang mempunyai ciri-ciri berupa ketertarikan  secara fisik, seksual, emosional atau secara spiritual, baik kepada laki-laki maupun perempuan. Tentunya, tidak dalam saat yang bersamaan. Biseksualitas umumnya disandingkan dengan homoseksualitas (ketertarikan tehadap sesama jenis) atau heteroseksualitas (ketertarikan tehadap berbeda jenis kelamin/gender).

          lgbt4

 

  • Transgender adalah seseorang yang merasakan identitas gendernya berbeda dari jenis kelamin yang mereka miliki saat dilahirkan. (Contoh: seorang perempuan yang merasa bahwa dia adalah seseorang laki-laki yang terperangkap dalam tubuh perempuan). Tidak menutup kemungkinan bahwa seorang transgender juga bisa mengubah organ kelamin yang dilakukan dengan jalan operasi. Contoh nyata seorang transgender yang dialami oleh artis cilik Indonesia, salah satunya adalah Dena Rahman yang mengalami perubahan baik itu secara fisik, seksual, emosional dan spiritual. Kini, Dena Rahman adalah seorang transgender (perubahan gender laki-laki ke perempuan).

 lgbt5

  • Interseks adalah istilah umum yang digunakan untuk berbagai kondisi dimana seseorang lahir dengan kombinasi organ reproduksi atau seksual, kromosom, maupun kandungan hormonal yang tampaknya tidak sesuai dengan defenisi khas perempuan atau laki-laki. Contoh: seseorang mungkin akan lahir dengan organ kelamin laki-laki, tetapi juga mengalami pertumbuhan payudara. Ada pula seorang perempuan yang dilahirkan dengan klitoris atau bibir kelaminperempuan yang berukuran besar, kurang pembukaan vagina (organ kelamin perempuan), atau laki-laki yang lahir dengan bentuk penis (organ kelamin laki-laki) yang kecil atau dengan skrotum (kantung testis) yang terbagi sehingga telah membentuk lebih seperti labia (lipatan di organ kelamin bagian luar perempuan).

           lgbt6

 

  • Queer adalah kata yang secara harfiah berarti aneh, eksentrik, tidak lazim atau di luar batas umum. Awalnya queer adalah ejekan untuk kelompok homoseksual. Namun dalam perkembangan selanjutnya queer ini sengaja digunakan sebagai istilah politis oleh kelompok-kelompok minoritas seksual yang menganggap identitas seksual sebagai sesuatu yang cair dan tidak dapat dikotak-kotakkan secara kaku dalam kategori lesbian, gay, biseksual atau transgender. Queer merupakan sebuah kategori yang cukup baru yang menyatukan semua kelompok tidak mainstream ataupun tidak heteroseksual. Karena gelombang ‘perlawanan’ semakin menguat, kata ‘queer’ memiliki makna yang semakin meluas. Label negatif “Queer” pun mulai pudar. ‘Queer’ lantas berubah menjadi semacam kata payung untuk LGBT. ‘Queer’ bukan saja suatu kata yang sinonim dengan homoseksual, tapi juga didefinisikan untuk orang-orang yang disebut heteroseksual khususnya untuk orang-orang yang merasa bahwa sebenarnya seks, orientasi seksual dan gender tidak perlu dikotak-kotakkan.

lgbt7

 

Nah Sahabat GueTau, ternyata dalam kehidupan ini kita memiliki keberagaman  identitas seksual, yah. Hal tersebut tidak bisa dihindari karena pada faktanya lesbian, gay, biseksual, transgender, queer atau interseks terjadi alamiah.

Apa pun pilihan identitas seksual maupun identitas gender kamu, baik itu lesbian, gay, biseksual, transgender, queer atau interseks, yang terpenting kamu nyaman dengan dirimu dan kamu bisa menerima diri kamu sendiri apa adanya. Manusia tetaplah manusia, yang membedakannya adalah isi hatinya.

Demikian pembahasan mengenai identitas seksual dan identitas gender. Semoga informasi yang diberikan menambah wawasan Sahabat GueTau. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Sahabat GueTau bisa mengirimkan e-mail ke info@GueTau.com.

 

 

Ditulis oleh Selvi Agnezmo

 

Referensi:

  1. Yayasan jurnal perempuan (2011) Say Hello To Our Body, Cetakan kedua, jakarta:Peace Women Across the Globe
  2. Mendengar Suara Lesbian Indonesia(2013), Cetakan pertama, Jakarta: Ardhanary Institute
  3. Buku saku, All About Lesbian, Jakarta: Ardhanary Institute
  4. http:wikipedia.org
  5. https:/transgender
  6. http:doktergaul.com.interseksyangmencerminkanvariasibiologis.seseorang
  7. https://www.google.com. interseksual
  8. http://ardhanaryinstitute.org/berita-queer-apa-sih.html

 

 

 

 

 

 

 

related post

Biphobhia, Siapa Dia?

posted on 27/05/2015

“Apabila ada seseorang yang coming out sebagai biseksual, itu merupakan upaya untuk mengakui integritas diri mereka.” Apa yang Sahabat G

3 Fakta yang Mengubah Pandangan Kamu Tentang Keluarga LGBTIQ

posted on 19/05/2015

“Kemungkinan seorang anak disakiti oleh orang tua mereka, tidak perlu melihat identitas gender dan orientasi seksual yang dimiliki, melain

Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ

posted on

“Teman-teman LGBTIQ juga manusia, yang memiliki hak asasi sama seperti manusia lain. Jadi tidak seharusnya mereka mendapat diskriminasi ha

4 thoughts on “Mengenal Keberagaman Identitas Seksual

  1. merlyn says:

    Bagaimana dengan aseksual? Apakah juga digolongkan sebagai orientasi seksual?

    Dalam mendefinisikan jenis-jenis orientasi seksual di atas, penulis mencantumkan kalimat “ketertarikan…, baik secara fisik, seksual, emosional maupun spiritual. ” Mohon berikan contoh ketertarikan secara spiritual dan perbedaan ketertarikan secara fisik dengan ketertarikan secara seksual? Terima kasih.

    1. author says:

      Hi Merlyn,

      Ketertarikan seksual itu ditandai dengan keinginan untuk berhubungan seksual dengan seseorang dalam bentuk apapun, seperti dari pegangan tangan, ciuman, sampai intercourse (penis masuk dalam vagina atau anus).

      Kalau ketertarikan secara spiritual ditandai dengan keinginan untuk terus bersama dengan seseorang karena spiritualitasnya (kepribadian dsb), terlepas kita tertarik secara seksual ataupun tidak.

  2. Farid says:

    Dibakar aja orang kek gini

  3. K.i.a.m.a.t says:

    Bener” akhir jaman
    Kebebasan makin ga terkendali.
    Mungkin kedepanya incest , necrophilia. Pedofilia jg mendadak pengen diakui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 1 =