Mari Akses Layanan Kesehatan Ramah Remaja!

posted on 25/04/2015

yfs1

“Layanan ramah remaja merupakan cara agar remaja mempunyai akses yang setara untuk pencegahan, pengobatan, pemeliharaan, dan dukungan. Akses ini telah disesuaikan terkait semua perubahan remaja.”

Tahukah kamu jika saat ini sudah ada pelayanan kesehatan peduli remaja (PKPR) yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia? PKPR ini adalah model pelayanan kesehatan yang menangani kebutuhan, hak, dan “selera” remaja. Layanan kesehatan ramah remaja ini pun menawarkan cakupan layanan kesehatan seksual dan reproduksi yang luas dan sesuai untuk kebutuhan remaja, serta menjamin kerahasiaan, menghargai kapasitas keterlibatan remaja, menghargai perbedaan dan mengadopsi pendekatan seks positif dan berbasis hak kesehatan seksual. Wah, program yang sangat menarik, bukan?

Adanya PKPR tersebut diharapkan bisa memfasilitasi para remaja (usia 10-24 tahun) dalam mengakses layanan kesehatan yang ramah remaja. Namun, pada prakteknya tujuan tersebut belum tercapai karena berbagai hal, diantaranya:

  1. Rendahnya kesadaran diri dari remaja. Banyak yang menganggap jika yang perlu mengakses layanan kesehatan hanyalah remaja yang berisiko terinfeksi penyakit menular seksual. Stigma tersebut tentu membuat remaja enggan untuk memeriksakan dirinya ke PKPR.
  2. Apabila memiliki masalah terkait kesehatan, remaja cenderung suka mengkonsultasikannya kepada teman sebaya atau mencari jawaban dari sumber yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.
  3. Kurang tersebarnya informasi mengenai PKPR. Banyak yang masih asing dengan adanya layanan ramah remaja ini.

Nah, dari ketiga permasalahan di atas, poin pertama tersebut sebenarnya merupakan dampak dari permasalahan kedua dan ketiga. Berikut akan GueTau paparkan inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk meningkatkan kesadaran diri remaja untuk mengakses PKPR tersebut.

  1. Akses informasi terkait PKPR ada di genggaman!

yfs2

Jika kamu beralasan belum mengenal PKPR karena kurang informasi, saatnya cermat mencari di web browser dari gadget kamu. Sudah tersedia berbagai website kesehatan reproduksi remaja yang kredibel menawarkan informasi rujukan layanan kesehatan ramah remaja di berbagai daerah. Contohnya adalah GueTau.com dan SobatASK.net.

  1. Banyak PKPR yang memiliki peer counselor.

yfs3

Bagi Sahabat GueTau yang merasa nyaman berkonsultasi dengan teman sebaya, banyak layanan ramah remaja ini yang telah menyediakan peer counselor. Sama seperti saat curhat dengan teman sebaya, kamu tak perlu merasa sungkan untuk bercerita dengan mereka. Bedanya adalah teman-teman yang menjadi peer counselor ini telah dibekali berbagai pelatihan, termasuk hak kesehatan seksual reproduksi (HKSR), interpersonal relationship dan konseling. Dengan demikian, informasi yang didapat darinya bisa dipertanggung jawabkan dan rahasiamu akan terjaga.

  1. Benahi mindset-mu terkait stigma terhadap akses layanan kesehatan.

yfs4

Layanan ramah remaja merupakan cara agar remaja mempunyai akses yang setara untuk pencegahan, pengobatan, pemeliharaan, dan dukungan. Akses ini telah disesuaikan terkait semua perubahan remaja dan diberikan dengan harga yang cukup terjangkau bahkan gratis. Lantas, apa kamu tidak merasa rugi jika kamu tak memanfaatkan program PKPR ini dengan baik?

Bagi sahabat GueTau yang ingin informasi lebih lanjut terkait layanan ramah remaja, silahkan kirim pertanyaan ke info@guetau.com.

 

Ditulis oleh Eunike Ally

 

Referensi:

  1. http://guetau.com/informasi/hksr/antara-inovasi-dan-diskriminasi-gambaran-akses-layanan-kesehatan-oleh-remaja-termarjinalisasi.html
  2. http://guetau.com/informasi/hksr/berkenalan-dengan-layanan-kesehatan-ramah-remaja.html
  3. http://www.esaunggul.ac.id/article/problematika-remaja-akibat-kurangnya-informasi-kesehatan-reproduksi/
  4. Pedoman Paket Esensial ASK (Edisi 2015).

related post

Puskesmas Mekarwangi: Pelayanan Kesehatan Ramah Remaja Kota Bogor

posted on 25/03/2016

“Kini, Sahabat GueTau tak perlu takut lagi untuk ke puskesmas!” Masa-masa transisi menjadi seorang remaja bukanlah masa yang mud

6 Tips Bersih-Bersih Buat Cowok

posted on 14/12/2015

Sumber “Menurut suatu studi yang melibatkan para mahasiswa di Turki, hanya 47,6% dari mereka yang mengganti celana dalamnya setiap hari.

Indahnya Melihat Gender sebagai Pelangi

posted on 17/11/2015

Sumber “Seperti warna-warna pada pelangi, gender terbentang pada suatu spektrum, bukan hanya dua kategori biner lelaki-perempuan. “ Halo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − five =