Giliran Kita Merayakan Hari Perempuan Internasional

posted on 15/03/2014

Sahabat GueTau, Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap tanggal 8 Maret sesuai ketetapan PBB harus turut kita rayakan. Mengapa? Karena Hari Perempuan adalah momen penting untuk memperingati dan mengingat sejarah akan perjuangan hak-hak Perempuan. Seperti yang sudah kita ketahui, sampai saat ini perempuan masih tertindas, terdiskriminasi, hingga mengalami kekerasan. Hari ini menjadi tanda bahwa perjuangan tersebut belum selesai.

 

Peringatan International Women’s Day

Lalu, apa saja sih yang bisa dilakukan pada Hari Perempuan Internasional? Beberapa waktu lalu, KOJIGEMA alias Komunitas Kajian Gender Malang merayakan Hari Perempuan Internasional dengan Balloon Hope, yaitu penerbangan balon oleh para partisipan. Menariknya, tak hanya perempuan yang menerbangkannya, namun juga laki-laki ikut serta sebagai perwujudan pembelaan hak-hak perempuan.

Berbeda di Bundaran HI, Jakarta. Hari bagi perempuan sedunia ini dirayakan dengan cara mengajak orang lain ikut berpartisipasi dalam acara ‘Reclaim The Night’. Orang-orang yang datang dibebaskan melakukan apa saja untuk menunjukkan dukungannya terhadap perempuan.  Ada yang membuat video, foto hingga menyanyi tentang hari perempuan internasional. Semua dilakukan untuk menunjukkan bahwa perempuan berhak dan seharusnya dibolehkan untuk keluar malam.

Ini Saatnya!

Nah, Sahabat GueTau bisa merayakannya juga lho dengan cara paling sederhana! Contohnya. hormati hak-hak perempuan dan dukung penyetaraan derajat terhadap Perempuan di mana saja, baik di sekolah, kuliah, tempat kerja maupun di lingkungan tempat sahabat GueTau tinggal. Jangan karena dia perempuan lantas melarangnya menjadi ketua kelas, atau karena dia perempuan melarangnya menjadi ketua kelompok. Perempuan juga sama seperti laki-laki. Tak ada perbedaan derajat, sama-sama boleh memimpin, dan yang terpenting… mereka wajib dihormati.

Demikian informasi tentang Hari Perempuan Internasional. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat GueTau. Langsung saja, jika ada pertanyaan silahkan mengirim e-mail ke info@Guetau.com.

 

Ditulis oleh Apoh

 

Referensi :

  1. http://www.suara-islam.com/read/index/10215/Hari-Perempuan-Internasional–Derifat-Kondisi-Chaos-Perempuan-di-Dunia
  2. http://www.ham.go.id/berita/unjuk-rasa-warnai-peringatan-hari-perempuan-internasional.html

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 10 =