Apa sih IDAHOT?

posted on 29/04/2014


Hi Sahabat GueTau, sebentar lagi kita akan merayakan IDAHO atau IDAHOT loh. Ya, tepat pada 17 Mei nanti. Sayang sekali jika Sahabat GueTau masih belum mengetahui atau tidak ikut berpartisipasi. IDAHOT adalah International Day Against Homophobia and Transphobia, atau dalam Bahasa Indonesia, Hari Melawan Homofobia dan Transphobia. Homofobia sendiri diartikan sebagai rasa takut, benci atau sikap diskriminatif terhadap homoseksual. Sedangkan Transfobia diartikan sebagai rasa takut, benci, atau sikap diskriminatif terhadap transjender. Hari khusus ini diselenggarakan untuk mengekspresikan sukacita karena LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transjender) telah dihapus dari definisi penyakit kejiwaan sesuai ketetapan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 17 Mei 1990. Acaranya diperingati oleh hampir 120 negara di seluruh dunia.

Selain untuk merayakan kegembiraan, peringatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pelanggaran yang terjadi terhadap hak-hak LGBT, termasuk pelecehan, kekerasan, diskriminasiyang dialami oleh LGBT, dan juga merangsang kesadaran hak bekerja yang dimiliki oleh LGBT.

Tannggal 17 Mei 2005 menjadi penyelenggaraan pertama kaliIDAHO. Saat itu, 24.000 individu dan organisasi-organisasi menandatangi permohonan untuk mendukung “Inisiatif IDAHO”.  Sebelumnya, IDAHOT hanya dikenal sebagai IDAHO, tapi sekarang hari peringatan ini semakin diperluas untuk transfobia. Sejak17 Mei 2009, kegiatan tahunan yang berfokus pada transgender mulai dilakukan sehingga hal ini muncul permohonan baru untuk menyertakan sikap anti transfobia dalam gerakan IDAHO berikutnya. Menurut sumber berita, kegiatan ini didukung oleh lebih dari 300 LSM dari 75 negara dan 3 pemenang hadiah Nobel.

Di negara Perancis sendiri pada malam itu, meresmikan dicoretnya transgender dari daftar penyakit mental. Negara ini menjadi negara pertama yang melakukannya. Frenchman Louis-Georges Tin, pendiri Hari IDAHO yang dulu pernah menjabat sebagai ketua komite IDAHO, melakukan aksi mogok makan untuk mendesak Presiden Perancis memperkenalkan resolusi PBB yang menolak diskriminasi terhadap LGBT di tahun 2012.

Untuk Indonesia sendiri, IDAHOT baru dirayakan sejak tahun 2012 laludengan mengusung tema love is love di Jakarta. Kegiatan ini diisi dengan acara bincang-bincang di radio, sekolah, hingga mengadakan acara Drag King dan Drag Queen sebagai bentuk perayaan perbedaan yang ada. Untuk tahun ini, perayaan IDHOT juga akan dilakukan di beberapa kota di Indonesia. Tunggu ulasan acaranya di GueTau.com ya! Atau jika kamu ingin acaramu diliput oleh GueTau.com silakan kirim e-mail ke info@Guetau.com.

 

Ditulis oleh Apoh 

 

Referensi:

  1. http://www.suarakita.org/2012/06/yogya-melawan-intoleransi/
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/International_Day_Against_Homophobia,_Biphobia_and_Transphobia
  3. http://www.lgbthealth.org.au/idaho
  4. http://dayagainsthomophobia.org/
  5. http://m.kompasiana.com/post/read/441892/3/peringatan-hari-solidaritas-lgbtiq-nasional.html

related post

Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ

posted on 19/05/2015

“Teman-teman LGBTIQ juga manusia, yang memiliki hak asasi sama seperti manusia lain. Jadi tidak seharusnya mereka mendapat diskriminasi ha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + nine =