Apa Itu Kanker Prostat?

posted on 08/09/2014

prostate cancer

 

Apa sih kanker prostat Itu?

Kanker prostat, sekilas mungkin dari nama tidak ada yang membedakan kanker prostat dengan beberapa kanker yang lainnya seperti misalnya kanker payudara, kanker otak dan beberapa jenis penyakit kanker lainnya yang ada.

Kanker prostat itu adalah kanker prostat adalah tumor ganas yang tumbuh pada prostat, kelenjar seukuran kacang walnut dibawah kandung kemih pria yang fungsinya memproduksi sperma. Sebagian besar kanker prostat tumbuh sangat lambat namun merupakan kanker ganas dan dapat menyebar ke bagian tubuh lain, khususnya tulang dan kelenjar getah bening. Menurut laporan interim Singapore Cancer Registry, periode 2006-2010, kanker prostat merupakan kanker paling umum ke-3 untuk pria di Singapura, dengan lebih dari 500 kasus terdiagnosa setiap tahun dalam kurun waktu lima tahun belakangan ini.

Kanker rostat sendiri itu biasanya terjadi pada pria berusia lebih dari 65 tahun. Biasanya pertumbuhan kanker ini bersifat sangat perlahan dan membutuhkan waktu bertahun-tahun sampai menimbulkan gejala. Seperti pada kanker lainnya, pengobatan yang terbaik adalah jika diberikan pada stadium awal. Pria tua dengan kanker prostat biasanya meninggal karena penyebab lain. Kanker prostat sendiri terjadi karena beberapadari sel-sel prostat yang ada dalam tubuh kita tumbuh lebih cepat daripada kondisi normal sehingga membentuk benjolan atau tumor yang memiliki keganasan.

 

Bagaimana sih gejala kanker prostat itu?

Menjaga kesehatan sejak dini, adalah suatu hal yang sangat kecil dan terkadang begitu mudah dilupakan bahkan hingga terabaikan begitu saja. Kemajuan jaman dan munculnya banyak teknologi yang begitu sangat canggih, terkadang membuat kita lalai dalam melakukan sebuah hal kecil tersebut, dan tak terkeculai dalam hal menjaga kesehatan dari diri kita sendiri.

Seperti halnya banyak beberapa orang yang sangat begitu meremehkan terhadap beberapa fase dari gejala awal timbulnya penyakit kanker yang bisa berujung menjadi sebuah tumor ganas dalam tubuh kita. Sama seperti beberapa penyakit kanker yang lainnya, kanker prostat dini biasanya terjadi tanpa gejala pada stadium awal. Dan kebanyakan para pria tidak menyadarinya sampai tidak sengaja ditemukan pada pemeriksaan kesehatan rutin. Gejala kanker prostat sendiri biasanya baru akan muncul pada tahap akhir dari penyakit seperti tumor tumbuh dan menyempitnya uretra (bagian dari urin) dan pada itu telah menyebar ke organ lain.

Bebebrapa gejala yang disebabkan oleh adanya kanker prostat baik bersifat non-spesifik dan juga dapat disebabkan oleh kondisi tidak berbahaya (non-kanker) seperti benign prostatic hyperplasia (BPH) atau pembesaran kelenjar prostat yang tidak berbahaya dan prostatitis yang merupakan infeksi yang menyakitkan dari kelenjar prostat, antara lain adalah:

  • Aliran urin yang lemah atau terganggu.
  • Seringnya buang air kecil (terutama pada malam hari).
  • Kesulitan buang air kecil.
  • Rasa nyeri atau terbakar pada saat buang air kecil.
  • Darah dalam urin atau air mani.
  • Sakit yang berkepanjangan di daerah punggung, pinggul, atau panggul.
  • Ejakulasi yang nyeri.
  • Sulit untuk ereksi.
  • Nyeri yang dalam dan sering di perut bagian bawah, atau di pelvis.

 

Bagaimana mendiagnosa kanker prostat?

Secara umum dan mudah, cara pemeriksaan kanker prostat adalah dengan colok dubur atau Digital Rectal Exam (DRE). Pada pemeriksaan ini dokter mengenakan sarung tangan yang diberikan cairan gel pelumas dan memasukan jari tersebut ke dalam rectum untuk mencari dan merasakan kelenjar prostat. Cara lain dengan pemeriksaan darah, Prostate Spesific Antigen (PSA). Peningkatan PSA menunjukkan adanya kanker prostat, tetapi peningkatan PSA juga menunjukkan pembesaran atau infeksi prostat.

Jika dokter Sahabat GueTau menemukan kelainan pada pemeriksaan rectum atau jika hasil PSA tinggi, maka dokter anda akan melakukan biopsi prostat untuk mencari penyebabnya. Biopsi berarti dokter mengambil contoh jaringan prostat dan mengirimkan ke laboratorium untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Tes skrining untuk pendeteksian dini

  •  Digital Rectal Examination (DRE) – Prosedur ini dilakukan oleh dokter dengan menggunakan jari yang disarungkan untuk memeriksa bagian rektum. Dokter akan dapat merasakan gumpalan atau pertumbuhan dari kanker prostat.
  • Tes Prostate-Specific Antigen (PSA) Test – Tes ini merupakan tes awal paling umum dilakukan untuk mendeteksi kanker prostat. Yang dilakukan dalam tes ini adalah memeriksa kadar PSA – yaitu protein yang diproduksi oleh sel-sel kelenjar prostat – dalam darah. Semakin tinggi kadarnya, semakin besar kemungkinan terdapatnya kanker, walaupun faktor-faktor lain dapat menyebabkan naiknya kandungan PSA

 

Tes untuk mendiagnosa kanker prostat

  •  Biopsi Prostat – Bila terjadi dugaan kanker prostat, prosedur yang dilakukan adalah biopsi – yang mengangkat jaringan sampel untuk diperiksakan. Bilamana hasilnya ternyata positif, maka dibutuhkan scan tulang atau scan menggunakan komputer dilakukan pada daerah panggul untuk memastikan seberapa jauh kanker telah menyebar.
  • Ultrasound Trans-rektal – Prosedur ini menggunakan gelombang suara untuk memperoleh visualisasi kelenjar prostat. Prosedur ini paling sering digunakan bersamaan dengan prosedur biopsi untuk memandu jarum menuju kelenjar prostat di mana diduga terdapat tumor.

Siapa saja yang terkena resiko kanker prostat, dan bagaimana mencegahnya?

Menurut laporan The National Registry of Disease Office tentang kanker prostat, yang diterbitkan pada tahun 2011, laki-laki keturunan etnis Cina di Singapura memiliki dua kali faktor resiko terkena kanker prostat dibandingkan dengan etnis Melayu dan India.

Umur juga merupakan salah satu faktor, di mana laki-laki berusia 40 tahun memiliki tingkat risiko satu di antara 200.000 sedangkan saat menginjak usia 50 tahun, tingkat risiko terkena kanker prostat meningkat menjadi 12 per 100.000 orang, dan menjadi 12 dari 10.000 laki-laki pada saat mereka menginjak usia 60 tahun.

Bagi yang mengalami kegemukan/obesitas, mengkonsumsi bahan makanan dengan kadar lemak hewani tinggi atau daging merah, memulai hubungan seks di usia dini, memiliki riwayat penyakit STD atau memiliki pasangan seksual lebih dari satu, juga mengalami peningkatan faktor resiko untuk terkena kanker prostat. Resiko tertinggi juga dimiliki oleh pria yang keluarganya memiliki riwayat medis kanker prostat.  Gaya hidup yang sehat, dengan konsumsi daging yang rendah, akan dapat membantu mencegah terjadinya kanker prostat maupun jenis kanker lainnya

 

Apakah kanker prostat dapat dicegah?

Salah satu penyakit yang sangat mematikan di dunia adalah adanya serangan jantung, penyumbatan pembuluh darah dan juga seperti halnya gejala kanker baik kanker prostat ataupun hingga beberapa jenis gejala kanker lainnya. Dengan mendapatkan asupan gizi yang baik, mengurangi konsumsi makanan berlemak dan meningkatkan jumlah buah-buahan, sayuran dan biji-bijian,dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat. Bawang putih, arugula, bok choy, brokoli, kubis Brussel, kol dan kembang kol juga dapat membantu melawan kanker.

Diet makanan yang mengandung zat yang disebut antioksidan (vitamin C dan E dan beta karoten) mungkin dapat bersifat protektif, seperti pada tomat, jeruk, dan semangka. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memakan vitamin E atau antioksidan dapat mengurangi resiko kanker prostat juga tumor organ padat lainnya.

Olahraga dapat mengurangi resiko kanker prostat dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi dan mempercepat proses pencernaan yang mungkin memainkan peran dalam pencegahan kanker. Olahraga teratur juga memainkan peran penting dalam mencegah pembesaran prostat jinak.

 

Nah demikian pembahasan mengenai Kanker Prostatdan apa saja yang dapat kita lakukan dalam proses pencegahannya. Buat Sahabat GueTau yang punya pertanyaan, saran dan juga kritik lebih lanjut bisa mengirimkan e-mail ke info@Guetau.com.

 

Ditulis oleh Itas

 

Referensi:

  1.  http://www.parkwaycancercentre.com/id/informasi-kanker/jenis-kanker/apa-itu-kanker-prostat/
  2. http://majalahkesehatan.com/mengenal-kanker-prostat/
  3. http://www.yourclinicgroup.com/mengenal-kanker-prostat/
  4. http://gejalapenyakitmu.blogspot.com/2013/07/gejala-kanker-prostat-penyebab-dan.html/

 

 

 

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − one =