9 ‘Makanan’ recommended buat Otakmu

posted on 14/01/2013

Awal pekan tapi Remaja Indonesia susah berkonsentrasi terhadap pelajaran, tugas kuliah, kegiatan organisasi, atau aktivitas lain?

Aduh, bisa mempengaruhi mood dan kelancaran berjalannya aktivitas dong…

Jangan dibiarin ya! Karena otak, menurut juru bicara American Dietetic Association ( ADA ) Bethany Thayer, MS, RD, adalah organ tubuh yang pertama kali menyerap nutrisi dari makanan yang manusia konsumsi. Tentu aja, kondisi dan kinerja otak akan berpengaruh langsung terhadap berjalannya fungsi organ tubuh kita yang lainnya, kan?

Berarti, kalau otaknya tersiksa atau ‘kelaparan’,  aktivitas kita bisa-bisa kacau. Itulah kenapa judul artikel Guetau.com kali ini: 9 ‘Makanan’ recommended buat Otakmu karena ‘makanan’ buat otak, nggak kalah penting dengan makanan untuk mengenyangkan perutmu!

Guetau.com punya info soal 9 makanan yang menurut going-well.com adalah makanan-makanan yang dapat  mempengaruhi performa otak. Makanan-makanan dibawah ini sangat recommended buat otakmu agar bisa meningkatkan kinerja memori, dan konsentrasi:

 

1.Salmon 

Ikan berlemak seperti salmon merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Kedua komponen ini, menurut pakar nutrisi dari Los Angeles Andrea Giancoli, MPH,  sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak.Penelitian menemukan bahwa orang-orang yang lebih banyak mengonsumsi asam lemak ini melalui diet mempunyai otak yang lebih tajam. Selain itu mereka juga mempunyai performa lebih baik dalam tes keahlian mental.

2. Telur

Telur dikenal kaya akan protein. Selain itu, kuning telur juga mengandung choline yang membantu perkembangan memori.
3. Selai kacang

“Kacang dan selai kacang merupakan makanan yang kaya vitamin E, antioksidan kuat yang berfungsi melindungi membran saraf,” terang Giancoli. Selain itu, lanjut dia, selai kacang juga mengandung thiamin yang berfungsi membantu otak dan sistem saraf menggunakan glukosa sebagai energi.

4. Whole grain

Otak memerlukan asupan glukosa yang konstan, dan whole grain bisa menjadi sumber yang baik. Kandungan serat di dalamnya, terang Giancoli, membantu mengatur pelepasan glukosa ke dalam tubuh.”Whole grain juga kaya vitamin B, yang berfungsi menutrisi sistem saraf.”

5. Oat/Oatmeal. 

Oat, terang Sarah Krieger, MPH, RD, LD/N, dari ADA, merupakan satu jenis sereal yang umum dikonsumsi dan sangat baik untuk otak.”Oat menyediakan energi atau bahan bakar otak yang sangat diperlukan terutama di pagi hari.”
Oat kaya serat, vitamin E, vitamin B, kalium dan seng. Komponen ini membantu memaksimalkan fungsi tubuh dan otak.

6. Kacang polong

Menurut Krieger, kacang polong sangat spesial karena mengandung energi dari protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang polong juga kaya vitamin dan mineral.”Makanan ini sangat bagus karena menjaga energi dan tingkat berpikir.”

7. Sayuran berwarna

Menurut Thayer, sayuran berwarna seperti tomat, ubi jalar, labu, wortel, bayam dan sayuran berwarna pekat lainnya merupakan sumber antioksidan terbaik. Antioksidan berfungsi menjaga sel-sel otak agar tetap kuat dan sehat.

8. Susu dan yogurt

Produk susu kaya protein dan vitamin B. Kedua komponen ini sangat penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim-enzim.”Susu dan yogurt menyediakan protein dan karbohidrat, sumber energi yang sangat baik untuk otak,” terang Thayer. 
9. Daging rendah lemak

Besi merupakan mineral yang sangat penting untuk menjaga agar kita tetap berenergi dan fokus. Daging sapi rendah lemak merupakan salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan besi. Selain itu, daging sapi juga mengandung
seng yang membantu memori.

___

Ditulis oleh: Ninies

 

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =