Mitos & Fakta Seputar Rokok

posted on 10/01/2013

Hai Remaja Indonesia!

Kali ini, Guetau.com kembali ngasih info lagi seputar Rokok nih, disimak ya Mitos & Fakta dibawah ini! :D

MITOS: Merokok dapat menenangkan pikiran

FAKTA: Hampir setiap perokok pemula pasti merasa mual, pusing, batuk, dan mulut yang berasa tidak enak. Pengaruh nikotin akan membuat perokok (orang yang merokok) kecanduan. Lalu, pecandu rokok jadi gelisah, berkeringat dingin, dan sakit perut bila tidak merokok. Saat menghisap rokok, nikotin menyentuh otaknya lagi, saat itulah pecandu baru akan merasa tenang dan bisa konsentrasi lagi. Jadi sebetulnya, rokok menimbulkan efek candu yang seolah membuat pikiran setiap penghisapnya lebih tenang. 

 

MITOS: Nikotin dalam rokok, tidak menimbulkan kecanduan

FAKTA: Menurut data hasil riset yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention di AS, Nikotin jelas-jelas merupakan zat adiktif yang menyebabkan kecanduan/ketergantungan, dan dapat menyebabkan persoalan kesehatan serius terhadap setiap pecandunya. Klik tautan ini untuk tau lebih lanjut soal Nikotin.

 

MITOS: Polusi udara oleh asap kendaraan bermotor lebih berbahaya daripada asap rokok.

FAKTA: Asap knalpot kendaraan bermotor menyebar di udara terbuka. Sedangkan asap rokok menyebar tidak hanya di udara terbuka, asap rokok sepenuhnya masuk ke paru-paru perokok dan orang yang berada di dekatnya. Ada 4000 bahan kimia di asap rokok, 69 diantaranya bersifat karsinogenik, sedangkan zat beracun seperti nikotin, arsen, dan amonia tidak terkandung dalam asap kendaraan bermotor.

___

Ditulis oleh: Ninies

Sumber: drugabuse.gov & cdc.gov

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>