Menghindari Malas Olahraga: Tips Memulai Olahraga

posted on 12/11/2013

Sahabat GueTau bingung bagaimana memulai olahraga? Atau bingung mau memilih jenis olahraga yang cocok? Yaps, kali ini GueTau akan memberikan tips bagaimana cara memulai olahraga dan beberapa tips memilih olahraga yang pas untuk remaja.

Cara Mudah Memulai Olahraga

Ketika kita sudah memulai untuk olahraga, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjamin olahraga tersebut dapat berlangsung dan menjaga semangat olahraga tetap stabil.

1.   Tentukan Tujuan Kita Olahraga

OR10

Ketika ingin memulai untuk olahraga tentukan dulu apa tujuan dari olahraga yang kita lakukan. Apakah kita ingin menurunkan berat badan? Ataukah untuk membentuk tubuh? Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi diri sendiri saat olahraga demi tercapainya tujuan tersebut.

2.   Tentukan Jenis Olahraga

Tentukanlah jenis olahraga apa yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang kita miliki.

3.   Hindari Membuat Program Olahraga yang Terlalu Muluk

OR9

Membuat program olahraga yang terlalu muluk membutuhkan waktu pencapaian yang lebih lama dan akan menimbulkan rasa bosan yang menyebabkan gagalnya program tersebut. Ada baiknya membuat program secara bertahap, maksudnya dimulai dari program yang ringan, lalu ditambah intensitas olahraganya. Kemudian sedikit demi sedikit intensitas olahraga ditambah sesuai dengan kemampuan.

 

4.   Durasi dan Intensitas Latihan

Ketika memulai olahraga durasi latihan cukup 30 menit dan intensitas latihan cukup 2-3 kali seminggu. Setelah mampu menyesuaikan diri maka durasi dan intensitas bisa ditambah sesuai dengan kemampuan.

5.   Waktu Olahraga

OR3

Waktu olahraga sebaiknya disesuaikan dengan waktu kerja, agar dapat dilakukan secara efisien dan kegiatan dapat berlangsung terus-menerus tanpa menggangu perkerjaan lainnya.

Untuk mengetahui keberhasilan program diperlukan evaluasi, maksudnya dengan melihat seberapa efisienkah olahraga yang dilakukan terhadap tujuan olahraga. Lakukan sesegera mungkin, jangan menunda olahraga karena alasan tidak ada waktu.

 

Memilih Jenis Olahraga

OR4

Setelah kamu sudah siap untuk memulai untuk olahraga maka kamu perlu menentukan jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Sangat sulit sekali ditemukan orang yang menguasai semua jenis olahraga dengan baik. Kebanyakan orang mengidolakan beberapa jenis olahraga untuk dilakukan jadwal olahraganya.

1.     Lakukan Olahraga Yang Kamu Sukai

OR7

Memilih jenis olahraga yang kamu sukai akan membuat kamu lebih bersemangat olahraga dan dapat mencegah hilangya semangat olahraga.

2.     Sesuaikan Dengan Tujuan Olahraga

OR5

Jenis olahraga juga harus sesuai dengan tujuan olahraga agar mencapai hasil yang diinginkan. Misalkan orang yang mau mengecilkan lingkar pinggangnya, disarankan melakukan sit-up, karena ketika sit-up otot yang digunakan adalah otot perut sehingga dapat membakar lemak di sekitar perut.

3.     Perhatikan Kesehatan

Ada beberapa orang yang olahraga secara extreme, padahal kemampuan tubuhnya sangat terbatas. Misalnya melakukan lari mengelilingi lapangan bola 100 putaran sekaligus demi membakar lemak. Hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cidera. Ada juga beberapa olahraga yang buruk bagi kesehatan, contohnya olahraga berat di malam hari atau olahraga setelah makan berat.

4.     Pilih Jenis Olahraga yang Terdiri Lebih dari Satu Orang

OR6

Memilih jenis olahraga yang berkelompok adalah cara untuk meningkatkan mood olahraga selain itu olahraga berkelompok juga dapat meningkatkan rasa solidaritas dan kerjasama tim. Tetapi tidak dipungkiri untuk melakukan olahraga sendirian, contohnya fitness.

Nah, cara memulai olahraga dan tips memilih jenis olahraga sudah dijelaskan. Semoga informasi tersebut bisa membantu Sahabat GueTau untuk memulai olah raga. Tunggu apalagi, ayo mulai olahraga sekarang! Kalau kamu masih bingung, jangan sungkan menghubungi GueTau dengan mengirim e-mail ke info@Guetau.com.

 

Selamat Olahraga!

 

Ditulis oleh Achmad Mujoko

 

Referensi:

1. http://rileksmedia.com/

 

 

 

 

 

 

 

 

related post

Olahraga di Rumah Tanpa Ribet

posted on 20/03/2016

“Pergi ke gym pastinya memerlukan biaya, waktu, dan tenaga yang lebih dibandingkan dengan berolahraga di rumah.” Selalu terlihat sehat d

Pengguna Napza, Jangan Takut untuk Move On!

posted on 25/06/2014

  “Rifki (bukan nama sebenarnya) adalah remaja yang mengenal Napza sejak masih bangku SMP. Hanya berawal dari coba-coba karena mengik

Mitos dan Fakta Masturbasi

posted on 05/06/2014

Apa yang Sahabat GueTau pikirkan ketika mendengar kata masturbasi? Mungkin ada dari kalian yang menganggap masturbasi adalah hal yang wajar,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 3 =