Apa Makna Sumpah Pemuda Bagi Sahabat GueTau?

posted on 07/11/2013

“Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.“

 

Tulisan di atas merupakan bunyi dari rumusan yang di tulis Moehammad Yamin pada secarik kertas yang disodorkan kepada Soegondo ketika Mr. Sunario tengah berpidato pada sesi terakhir Kongres Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Sudah 85 tahun berlalu, lalu apa makna sumpah pemuda bagi Sahabat GueTau?

Kali ini GueTau mengajak 20 remaja, Sahabat GeuTau dari beberapa komunitas dan sekolah di kota Bandung untuk memahami makna dari sumpah pemuda yang di peringati setiap tanggal 28 Oktober. Sebelumnya GueTau mencoba untuk membuat test terlebih dahulu, sejauh mana mereka hafal isi dari sumpah pemuda itu sendiri dan hasilnya cukup membuat bengong! Hanya ada 7 orang yang hafal secara benar isi dari sumpah pemuda tersebut. Kalau begitu yuk kita simak informasi mengenai sejarah sumpah pemuda agar semua Sahabat GueTau paham apa isi dan siapa sajah tokoh pemuda yang mendeklarasikan sumpah pemuda ini.

 

Tentang Sumpah pemuda

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Yang dimaksud dengan “Sumpah Pemuda” adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan adanya “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap “perkumpulan kebangsaan Indonesia” dan agar “disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan”.

Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada secarik kertas yang disodorkan kepada Soegondo ketika Mr. Sunario tengah berpidato pada sesi terakhir kongres (sebagai utusan kepanduan) sambil berbisik “Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (Saya mempunyai suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan Kongres ini).” Kemudian Soegondo membubuhkan paraf setuju pada secarik kertas tersebut, lalu diteruskan kepada yang lain untuk melakukan hal yang sama. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.

 

Nah! Itu dia sejarah dari sumpah pemuda. Gimana masih belum hafal juga isi dari sumpah pemuda? Pasti sudah hafal kan sekarang? God Job!

 

Memahami makna hari sumpah pemuda

Apa sih yang ada di pikiran Sahabat GueTau ketika diberi pertanyaan berikut “Apa yang kalian maknai dari hari sumpah pemuda?”

Bingung? Ataukah ternyata Sahabat GueTau punya makna tersendiri mengenai hai tersebut? Berikut ini ada jawaban dari 20 remaja Sahabat GueTau di Bandung yang sempet GueTau kasih pertanyaan tersebut.

  • RT (siswi salah satu SMK di Bandung)

“Bahwa sudah saatnya remaja indonesia berprestasi dan bersatu untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik.”

  • DK (siswa salah satu SMA di Bandung)

“Isi dari sumpah pemuda mengarah ke satu tujuan yaitu mempersatukan semua pemuda/pemudi (remaja) dan menyamakan tujuannya dalam hal ini hak dan kewajibannya maka dari itu sudah saatnya remaja Indonesia disamaratakan dalam semua bidang seperti pendidikan, kesehatan, dan akses informasi.”

  • RR (remaja jalanan)

“Buat kita remaja jalanan cuman satu maknanya, kita ingin memiliki hak yang sama seperti remaja lainnya dalam hal akses kesehatan dan pendidikan.”

  • DS (remaja LGBT)

“Isi sumpah pemuda adalah mendeklarasikan bahwa kita harus bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu. Berarti kita di tuntut untuk bersatu tanpa ada perbedaan lagi seperti perbedaan suku, ras, gender, orientasi seksual, dan hal-hal lain yang di anggap diskriminasi sehingga bhineka tunggal ika bisa benar-benar  terealisasikan di Indonesia.”

  • HK (siswa salah satu SMA di Bandung)

“Harusnya dari makna sumpah pemuda, remaja Indonesia sudah pintar untuk bisa menjadikan Indonesia sebagai satu kebangsaan tanpa ada kekerasan seperti konflik antar suku, tauran sekolah, pelecehan seksual, dan hal-hal lain yang menimbulkan perpecahan.”

  • BL (siswi salah satu SMA di Bandung)

“Kalau buat saya pribadi, gak ada pemaknaan khusus karena sumpah pemuda dari pertama di deklarasikan tanggal 28 oktober 1982 sampai sekarang 2013 belum ada perubahan yang pasti, Indonesia masih kacau-balau dan masih belum bersatu. Tapi harapan saya di hari peringatan sumpah pemuda berikutnya akan ada perubahan yang berarti tidak usah besar tapi berangsur baik.”

  • CL (remaja komunitas)

“Kalo buat saya, memaknai hari sumpah pemuda itu sederhana yaitu bagaimana kita sebagai pemuda Indonesia bisa menjunjung tinggi nama Indonesia melalui prestasi dan peran aktif dalam semua bidang yang berhubungan dengan negara lain seperti ekspor barang hasil karya Indonesia ke negara lain”

  • Dan sisanya menjawab tidak tahu.

Gimana nih sama Sahabat GueTau yang lain? Apa ada yang berpendapat sama seperti Sahabat GueTau di atas? Atau punya makna tersendiri dari hari sumpah pemuda?

Selamat hari sumpah pemuda Sahabat GueTau.

 

Oleh Danish Mohhad

 

Referensi:

  1. http://www.pustakasekolah.com/sumpah-pemuda.html
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda
  3. http://tautanpena.blogspot.com/2012/10/makna-sumpah-pemuda.html#sthash.uactnogI.dpuf

 

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − nine =