Saatnya Remaja Ambil Bagian Mencegah Penyalahgunaan Napza!

posted on 25/06/2014


Kasus penyalahgunaan Napza di Indonesia tampaknya terus meningkat tiap tahunnya. Pada Tahun 2013, Badan Narkotika Nasional (BNN) mendata sebanyak 4 juta orang terdeteksi dengan kasus penyalahgunaan Napza. Beberapa diantaranya adalah remaja. Berarti maraknya remaja yang menggunakan Napza bukan sekedar rumor belaka, Tentunya Sahabat GueTau juga harus berhati-hati agar tidak tergoda untuk “ikut-ikutan” dan juga saling mengingatkan teman-teman di lingkungan sekitar agar kasus penyalahgunaan Napza ini tidak lagi meningkat.

Sebagai remaja Indonesia, Sahabat GueTau mempunyai peran penting terhadap pencegahan penyalahgunaan Napza ini. Apalagi populasi remaja di Indonesia tergolong lumayan banyak. Bayangkan jika semua remaja turut ambil bagian dalam upaya pencegahan ini, tentu target untuk menghentikan peningkatan kasus penyalahgunaan Napza dapat dicapai. Indonesia akan bersih dan sehat tanpa Napza.

Bagaimana sih peranan nyata remaja dalam mencegah penyalahgunaan Napza?

  1. Sahabat GueTau bisa bergabung dengan LSM yang fokus kepada Napza dan penyalahgunaannya. Biasanya LSM suka mengadakan kumpul-kumpul untuk memperkuat materi yang telah diperoleh para anggotanya dan selanjutnya program turun ke lapangan, atau dengan kata lain, dilaksanakan. Di sinilah peran Sahabat GueTau menjadi nyata.
  2. Sahabat GueTau bisa juga bergabung dengan Instansi seperti BNN dengan menjadi Duta Anti Narkoba BNN untuk sekolah atau universitas. Yang terpenting dri kegiatan tersebut adalah dengan mengamalkan pengetahuan yang sudah didapat kepada teman-teman, senior, junior, dan termasuk masyarakat yang lebih luas.
  3. Kita bisa menjadi penyedia informasi tertulis mengenai Napza, penyalahgunaannya, dan bahayanya. Sahabat GueTau bisa menggunakan media sosial yang tersedia di Internet seperti Facebook, Twitter, Blog, dan lainnya. Dengan begitu, pengetahuan ini bisa didapatkan oleh banyak remaja dan tidak sebatas yang regional saja, namun universal dari Sabang sampai Merauke.

Namun di luar semua itu, hal paling utama dan mendasar adalah peran kita dalam menjadi benteng untuk diri kita dan juga remaja lain agar tidak terjebak dalam penyalahgunaan Napza. Karena pada dasarnya, remaja yang terlibat dalam penyalahgunaan ini adalah korban. Mencegah lebih baik daripada rehabilitasi.

Persiapkan dirimu!

Sebelum Sahabat GueTau ambil bagian dalam pencegahan ini, kamu wajib untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu. Persiapan yang dibutuhkan terdiri dari persiapan materi dan persiapan psikologis.

Untuk persiapan materi, Sahabat GueTau bisa menambah wawasan tentang Napza dan penyalahgunaannya melalui buku, wawancara ataupun internet.  Cari sebanyak-banyaknya agar kamu mendapatkan wawasan seluas-luasnya dan yang paling tepat. Sembari mempersiapkan materi, Sahabat GueTau juga harus mempersiapkan mental karena Sahabat GueTau akan menjadi Agen Perubahan yang luar biasa. Setiap individu dituntut untuk siap dengan segala kondisi yang akan ditemui nanti. Misalnya, Sahabat GueTau harus paham bagaimana berhadapan pengguna Napza.. Inilah mengapa penting juga mempersiapkan diri Sahabat GueTau.

 

Ikut aktif hidup sehat tanpa Napza! Jika Sahabat GueTau masih kepo maksimal tentang remaja dan Napza, bisa langsung hubungi GueTau di e-mail info@guetau.com.

 

Ditulis oleh Suci Wulandari

 

Referensi:

1. http://news.okezone.com

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

5 Manfaat Masturbasi

posted on 27/05/2015

“Pengenalan akan anatomi tubuh ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun body image yang positif.” Mastrubasi kerap diangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 16 =