Pengguna Napza, Jangan Takut untuk Move On!

posted on 25/06/2014

 

“Rifki (bukan nama sebenarnya) adalah remaja yang mengenal Napza sejak masih bangku SMP. Hanya berawal dari coba-coba karena mengikuti teman sepergaulannya. Namun akhirnya, ia sulit untuk terlepas dari kecanduan Napza tersebut. Keluarga dan teman-teman Rifki pun menjauhinya dan malu mengakui Rifki sebagai keluarga atau sahabat. Kondisi Rifki semakin memburuk dan tak tahu apa yang mesti dia lakukan.”

 

Dari penggalan cerita di atas, Sahabat GueTau dapat melihat jika masih banyak orang tua atau keluarga yang merasa malu memiliki anak atau anggota keluarga mereka yang menjadi pengguna Napza. Sayangnya, mereka tidak sadar jika sikap dan tindakan tersebut hanya akan membuat tertutupnya pintu masa depan bagi pengguna itu sendiri, lho. Untuk itu, ada beberapa hal yang Sahabat GueTau perlu ketahui untuk terus disampaikan lagi kepada kerabat, keluarga, atau teman agar bisa membantu pengguna Napza segera kembali hidup sehat.

 

Memperhatikan Kesehatan Fisik

Kesehatan fisik adalah kondisi kesehatan raga yang dialami oleh seseorang tanpa adanya kecacatan dan terbebas dari penyakit apapun. Pada dasarnya, teman-teman pengguna Napza akan mengalami penurunan tingkat kesehatan fisik. Maka dari itu, bantu mereka dengan tips berikut ini:

  1. Mengonsumsi makanan yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Ini adalah hal yang paling pokok dalam meningkatkan kesehatan fisik, di mana nutrisi akan kembali memenuhi kebutuhan tubuh teman-teman pengguna Napza. Dengan demikian, untuk meningkatkan kesehatan fisik mereka, selain berhenti mengonsumsi Napza, juga disarankan pula untuk berkonsultasi dengan ahli gizi agar mengetahui jenis nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh mereka.

  1. Berolahraga teratur

Selain mengkonsumsi makanan yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh, teman-teman pengguna Napza juga harus melakukan olahraga yang teratur. Olahraga berfungsi sebagai fasilitas detoksifikasi yang mengeluarkan racun melalui media keringat.

  1. Tidak merokok

Rokok mengandung ribuan zat berracun yang berbahaya untuk tubuh. Hidup tanpa rokok tentu jauh lebih baik. Namun apabila teman-teman pengguna Napza belum mampu untuk tidak merokok, maka disarankan untuk mengurangi jumlah rokok hingga benar-benar tidak merokok sepenuhnya.

 

Cara Meningkatkan Kesehatan Psikologis

Kondisi psikologis teman-teman pengguna Napza mungkin mengalami kelabilan. Nah Sahabat GueTahu, berikut cara meningkatkan kesehatan psikologis mereka:

  1. Empati lingkungan sekitar

Keluarga, teman-teman dan guru di sekolah harusmemberikan semangat untuk teman-teman pengguna Napza agar segera sehat kembali. Sikap empati adalah sikap yang dapat merasakan apa yang dirasakan oleh teman-teman pengguna Napza, sehingga kesehatannya bisa dipulihkan segera dan ia sendiri pun memiliki semangat untuk terus melangkah maju dengan memperbaiki diri,

 

  1. Motivator untuk diri sendiri

Teman-teman pengguna Napza bisa meningkatkan kesehatan psikologinya dengan cara memotivasi diri sendiri untuk segera bangkit dan move on. Motivasi dari lingkungan sekitar tentunya juga bisa menjadi sumbangsih yang besarPeran dari psikolog juga dapat meningkatkan rasa percaya diri teman-teman pengguna Napza juga sangat dibutuhkan.

 

  1. Menemukan sumber ketenangan

Ketenangan bisa di temukan ketika berdoa dan kala berpikir positif demi membantu dalam proses peningkatan kesehatan psikologis seseorang. Untuk menyehatkan kembali kesehatan jiwa, kadang dibutuhkan kondisi yang fokus dan benar-benar dalam keadaan hikmat.

 

Cara Meningkatkan Kenyamanan Sosial dan Ekonomi

Ada kalanya teman-teman pengguna Napza merasa kurang nyaman dengan lingkungan sekitar terkait masalah sosial dan ekonominya. Tingkatkan rasa nyaman dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Percaya diri

Rasa percaya diri yang kurang dari teman-teman pengguna Napza dapat menjadi penghambat dalam bersosialisasi dalam masyarakat. Nah untuk itu, rasa percaya diri harus dibangun kembali agar masyarakat dan teman-teman pengguna Napza dapat saling bekerja sama.

  1. Peningkatan keterampilam

Dalam meningkatkan kondisi ekonomi dari teman-teman pengguna Napza, ada baiknya dilakukan melalui pembekalan seperti peningkatan keterampilanyang mereka miliki. Keterampilan tersebut dapat berupa keahlian memperbaiki kendaraan bermotor, desain grafis, seni musik atau lainnya. Jalan tersebut bisa meningkatkan kehidupan ekonomi mereka.

Demikian pembahasan tentang tips meningkatkan kesehatan pengguna Napza, kalau Sahabat GueTau memiliki pertanyaan lebih lanjut bisa mengirimkan e-mail ke info@Guetau.com. Semoga informasi yang diberikan dapat menambah wawasan Sahabat GueTau semuanya dan membantu teman-teman pengguna Napza untuk segera move on.

 

Ditulis oleh Alamsyah

 

Referensi:

  1. www.pkni.org/
  2. dedihumas.bnn.go.id/

related post

Bersama dalam Keberagaman SARA

posted on 21/03/2015

Masih ingat dengan kekisruhan saat rapat mediasi antara Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama dan DPRD DKI di kantor Kemendagri pada 5 Maret 2

Menghapuskan Stigma HIV dan AIDS

posted on 18/10/2014

Meski sudah banyak kampanye dan sosialisasi mengenai penyakit HIV/AIDS, tetap saja masyarakat, khususnya di Indonesia, belum dapat memahami

Mitos dan Fakta Masturbasi

posted on 05/06/2014

Apa yang Sahabat GueTau pikirkan ketika mendengar kata masturbasi? Mungkin ada dari kalian yang menganggap masturbasi adalah hal yang wajar,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − three =