Alasan Mengapa Alkohol Tidak Membuatmu Keren

posted on 03/02/2015

alkohol

Sahabat GueTau pernah minum minuman beralkohol? Atau sekali-sekali mencoba minuman beralkohol? Jika jawabannya ya, artikel ini adalah yang kamu butuhkan.

Alkohol adalah sarana bagi sebagian orang untuk melepas stres dan mood yang kurang bersemangat. Ada anggapan di mana pengaruh alkohol akan membuat kamu merasa bebas dari kesulitan yang sedang dialami.

alkohol2

Jauh di luar anggapan tersebut, sebetulnya  tanpa langsung terasa, tubuh Sahabat GueTau yang mereasakan pengaruh alkohol tersebut. Efek samping dalam tubuh akibat alkohol tidak hanya menyerang satu bagian saja, melainkan beberapa bagian yang sangat penting!

Apa sih efek langsung yang terlihat? Kamu akan kehilangan kontrol atas dirimu sendiri. Contoh yang paling sering terjadi adalah berbicara atau melakukan sesuatu yang sebenarnya tak ingin kamu inginkan. Hati-hati, banyak rahasia penting seseorang terbongkar karena berbicara di luar kendali saat mabuk. Selain itu, minum alkohol secara berlebihan akan menjadi sumber penyakit bagi tubuhmu. Mari telusuri satu persatu efeknya.

  1. Otak

Pada otak, alkohol dapat menghambatnya bekerja dan berkoordinasi. Efeknya pada kamu adalah sulit untuk berpikir secara jernih. Nah, ini yang menyebabkan banyaknya kasus kriminal setelah seseorang mabuk, juga kecelakaan lalu lintas pada pengendara kendaraan bermotor.

  1. Hati

Hati adalah bagian paling rentan terserang jika kamu meminum alkohol secara berlebihan.  Alkohol dapat menyebabkan peradangan pada hati dan masalah lainnya seperti lemak pada hati yang sulit dihancurkan hingga hepatitis. Tidak hanya itu, tekanan darah tinggi juga disebabkan oleh alcohol.

  1. Pankreas

Alkohol membuat pankreas memproduksi sebuah racun yang dapat menyebabkan radang pada pembuluh darah yang dapat menghambat pencernaan untuk bekerja cepat.

  1. Sistem Imun

Sistem imun adalah bagian terpenting dalam hidupmu, karena sistem ini yang memerangi virus dan bakteri sehingga kamu bisa hidup sehat saat ini. Jika kamu ketergantungan kepada alkohol, sistem imun kamu akan melemah dengan mudah. Efeknya, banyak penyakit yang gagal diserang. Efek ini bahkan terjadi dalam waktu singkat, yakni 24 jam setelah kamu minum minuman beralkohol! Tuberkulosis merupakan penyakit yang mudah menyerang alkoholik dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi alkohol berlebihan.

  1. Penyakit Kanker

Meminum alkohol secara berlebihan akan membuat sel kanker semakin mudah berkembang biak, terlebih lagi dengan sistem imun kamu yang sudah diserang terlebih dahulu. Bagian tubuh yang paling mudah terserang karena alkohol adalah mulut, esofagus, tenggorokan, hati, dan payudara.

  1. Kegemukan

Apabila kamu termasuk orang yang takut gemuk, silakan kurangi dan berhenti pelan-pelan dari kebiasaan minum alkohol. Kenapa? Alkohol mengakibatkan kegemukan! Menurut sebuah penelitian, peminum alkohol akan berada pada kondisi dan bentuk tubuh yang paling buruk semasa hidupnya saat ia secara rutin mengkonsumsi alkohol.

Mari Berhenti!

Berhenti dari kecanduan alkohol bukanlah perkara mudah, semua orang tahu itu. Namun, bukan juga hal yang mustahil, jadi kamu tidak perlu berkecil hati. Bagaimana caranya?

 

  1. Hindari Penyebab Kamu Minum Alkohol

Jika kamu minum minuman beralkohol karena marah dan stres, selalu ingat untuk menenangkan pikiran dan mengalihkan fokus pada hal lain untuk jiwa yang lebih tenang dan rileks. Apabila kamu sudah lebih tenang dan dapat berpikir jernih, mulai fokus pada penyebab masalahmu, karena sesungguhnya kamu menjadikan alkohol sebagai alat pembebasan sementara, bukan penyelesaian masalah.

  1. Ubah Gaya Hidup

Hidup adalah pilihan. Demikian dengan alkohol. Sayangnya, alkohol bukanlah pilihan yang tepat. Artinya, ada pilihan lain yang pasti lebih baik untuk kamu. Alkohol bisa dihindari, bahkan di tempat yang memaksa kamu untuk minum minuman beralkohol. Kalau kamu benar-benar niat untuk bersih dari alkohol, kamu pasti bisa memilih untuk mengkonsumsi minuman lain yang lebih sehat.

  1. “Alkohol Membuatku Terlihat Keren, Oh Ya?

Apakah bertingkah di luar kendali saat mabuk terlihat keren? Apakah meracau tidak jelas karena pengaruh alkohol lucu? Tidak sama sekali. Kamu justru mempermalukan dirimu sendiri. Kenyataan yang sebenarnya adalah saat kamu sadar dari kondisi mabuk tersebut. Pusing, sakit kepala, dan ingin muntah adalah kenyataan yang kamu harus hadapi setelah sadar. Keren?

Menyadari bahwa kamu punya segudang pilihan yang lebih sehat daripada menjadi pecandu alkohol adalah langkah awal yang baik untuk berhenti dari kecanduan alkohol. Jangan lupa ceritakan pengalaman sukses berhenti dari kecanduan alkohol atau masalah kamu dan orang di sekitarmu dengan alkohol ke info@guetau.com ya!

 

Ditulis oleh Justian Edwin Darmawan

 

Referensi:

  1. http://www.niaaa.nih.gov/alcohol-health/alcohols-effects-body
  2. http://kidshealth.org/kid/stay_healthy/body/alcohol.html#
  3. http://www.nhs.uk/Livewell/alcohol/Pages/Effectsofalcohol.aspx
  4. http://www.2knowmyself.com/How_to_stop_drinking_alcohol
  5. http://publichealth.hsc.wvu.edu/alcohol/effects-on-society/why-people-drink/

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Baik Buruk Minuman Beralkohol Buat Kamu

posted on 27/09/2016

“Hidup sehat adalah pilihan.” Apakah sahabat GueTau.com pernah berpikiran untuk mencoba mengonsumsi minuman beralkohol? Atau mun

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *